SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Puncak Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Sudah Dimulai

Bagikan:

AshefaNews – Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, puncak arus balik perayaan Natal dan Tahun Baru 2022-2023 sudah dimulai. Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah penumpang pada Minggu, (1/1/2023) merupakan yang tertinggi untuk saat ini. 

Menurutnya, hal itu dikarenakan pelajar-pelajar yang bersekolah di DKI Jakarta sudah mulai melakukan kegiatan belajar-mengajar. 

“Arus balik tercatat kemarin tertinggi, karena di Jakarta sendiri memang pada saat tanggal 2 Januari ini, anak-anak sudah mulai bersekolah. Kemarin itu tercatat 3.019 penumpang,” kata Yulza saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (2/1/2023). 

Secara rinci, jumlah bus kedatangan ke Terminal Kampung Rambutan pada Minggu (1/1/2023) sebanyak 341 bus dengan mengangkut 3.019 penumpang. 

Sedangkan jumlah bus yang berangkat dari Terminal Bus Kampung Rambutan, kata Yulza, tercatat sebanyak 100 bus dengan 1.029 penumpang. 

Yulza menyebut, mayoritas bus yang berangkat dari pagi hari adalab tujuan Pulau Sumatera. Sementara untuk keberangkatan sore sampai malam hari, mayoritas bus berangkat ke Pulau Jawa. 

“Mayoritas untuk keberangkatan sore sampai malam hari ke Jawa untuk pagi hari kebanyakan ke Sumatera,” ujar Yulza. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan belum ada tanda-tanda kenaikan lalu lintas di jalur laut. Tapi ia memprediksi arus balik perayaan Nataru baru terjadi pada tanggal 2 – 3 Januari 2023. 

“Saya kira ini memang belum ada tanda akan terjadi kenaikan lalu lintas arus balik atau arus mudik, tapi diperkirakan besok atau lusa akan terjadi kenaikan,” kata Muhadjir saat meninjau Pelabuhan Merak, Banten pada Minggu (1/1/2023).

(RM – WAH)

Scroll to Top