Pemkab Tangerang Salurkan Bantuan 60 Ribu Set Top Box, Cek Syaratnya

Bagikan:

AshefaNews, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyalurkan bantuan Set Top Box (STB), kepasa masyarakat dengan kategori Rumah Tangga Miskin di Wilayah Kabupaten Tangerang. Pembagian STB sebagai upaya mendukung peralihan sinyal televisi (TV) analog ke saluran digital.

Total asa sebanyak 60.072 STB yang akan di bagikan kepada masyarakat yang terdata dalam Program Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dikirimkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri ke Dinas Dukcapil Kabupaten Tangerang. 

Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno mengatakan, bahwa tidak semua masyarakat mendapat bantuan STB dari Program Pemerintah melalui Kementrtian Kominfo. 

Penerima Bantuan Set Top Box bagi Keluarga Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Tangerang sudah ditetapkan sejak 3 Agustus 2022, sesuai hasil Verifikasi dari Ditjen Dukcapil serta hasil Vetifikasi Lapangan pada tingkat Desa atau Kelurahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang sebanyak 140.324.

Masyarakat untuk menjadi Penerima harus memenuhi persyaratan yang ditentukan yaitu:

  1. Merupakan Rumah Tangga Miskin yang terdaftar dan berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS )
  2. Memiliki pesawat Televisi Analog dan menikmati siaran televisi Teresterial
  3. Lokasi rumah tangga berada di lokasi siaran televisi digital
  4. Bersedia menerima dan memanfaatkan bantuan 
  5. Dalam 1 rumah tangga miskin, menerima 1 alat bantuan Set Top Box.

Penyaluran STB tersebut dilakukan oleh pihak ketiga yang ditunjuk langsung Kemenkominfo RI. 

Bahkan sudah mulai dilakukan pada tanggal 21 September 2022.

“Jadi secara total alokasi Penerima Bantuan STB di Kabupaten Tangerang pada desil 1 yaitu ada 70.023 KK, yang sudah selesai terdistribusi sebanyak 60.072 (85,8 %),” ujar Nono Sudarno. 

Nono memaparkan, untuk jumlah calon terdata penerima STB di Kabupaten Tangerang sebanyak 140.324 orang, merupakan total keseluruhan yang terdiri dari 2 desil. Dengan rincian sebanyak 70.023 keluarga pada desil 1 dan 70.301 pada desil 2.

“Sejauh ini baru terdistribusikan untuk nama-nama yang berada di desil 1. Untuk pelaksanaan pendistribusian telah dilakasanakan oleh pihak penyedia STB dengan mekanisme door to door (diinstalkan langsung di rumah penerima bantuan),” terangnya.

Kendati demikian, Nono berharap bagi masyarakat yang berhak menerima STB dan belum mendapatkannya hingga 5 November 2022, agar diminta untuk menghubungi call center 159.

“Kami (Kominfo) menyiapkan link bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan apakah berhak menerima STB atau tidak, dengan mengakses https://cekbantuanstb.kominfo.go.id dan untuk pengaduan bisa langsung menghubungi call center 159,” jelasnya. 

Sebagai informasi, terhitung mulai tanggal 2 November 2022 pemerintah secara resmi melakukan Analog Switf Off (ASO) pada saluran TV analog. 

Sebagai gantinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan bantuan STB kepada warga yang kurang mampu. Dengan memakai alat STB ini masyarakat bisa menyaksikan siaran TV dengan kualitas gambar yang lebih bersih dan suara yang lebih jernih serta lebih banyak pilihan chanel

Peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital juga membantu masyarakat untuk mendapatkan siaran televisi gratis selama 24 jam, yang dimana sebelumnya hal tersebut hanya bisa diakses melalui parabola atau TV berlangganan atau berbayar.

(RM – AP) 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top