Pemerintah Tangani Gempa Cianjur Secara Simultan

Bagikan:

AshefaNews – Penanganan dampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat terus dilakukan. Kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap bangunan yang roboh akan dilakukan secara simultan. 

Hal itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.  

“Hingga saat ini pemerintah terus melakukan pendataan rumah yang terdampak rusak ringan, sedang hingga berat. Ia memerintahkan pihak terkait melakukan pendataan secepat mungkin agar dapat segera dilakukan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” kata Muhadjir dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (2/12/2022). 

Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Rabu (30/11/2022), bangunan yang sudah terverifikasi sebanyak 17.864 rumah rusak dari seluruh kategori rusak berat, rusak sedang, rusak ringan (RB, RS, RR). 

Termasuk jumlah 190 rumah ibadah, 14 unit fasilitas kesehatan, 511 fasilitas pendidikan, 17 kantor gedung dan 2 jembatan rusak.

“Kita lakukan di tahap 1 sebanyak 8.341 rumah yang akan segera diperbaiki,” ujar Muhadjir. 

Dalam kesempatan Rapat Tingkat Menteri itu, turut hadir sejumlah pejabat dari kementerian/lembaga terkait. Seperti perwakilan dari Kementerian PUPR, BNPB, Kementerian Sosial, Kementerian Keuangan, TNI, Polri, Pemda Cianjur, Pemkot Sukabumi, Pemkab Sukabumi, dan K/L terkait lainnya.

(RM – WAH)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top