SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pemerintah Siapkan Pelabuhan Merak Hadapi Mudik Lebaran 2023

Bagikan:

AshefaNews – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tengah mempersiapkan Pelabuhan Merak, Banten untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023. 

Dia menegaskan, kekurangan-kekurangan yang terjadi pada arus mudik tahun lalu dapat diminimalisir, baik dari segi pelayanan maupun infrastruktur. 

Terkait hal itu, pihaknya telah berdiskusi dengan Gubernur Jawa Barat, Kepala Korlantas, perwakilan dari ASDP Indonesia Ferry dan Kementerian Perhubungan. 

“Akan menyiapkan (mudik) lebaran kira-kira 3 sampai 4 bulan yang akan datang. Sehingga pengalaman tahun lalu dalam mengelola lalu-lintas libur lebaran, dapat kita tingkatkan untuk tahun ini,” ujar Muhadjir dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (2/1/2023). 

Dalam hal ini, pemerintah provinsi Banten dan ASDP Indonesia akan melakukan sejumlah perbaikan fasilitas maupun layanan di Pelabuhan Merak.

“Adapun rencana perbaikan yakni melakukan pendalaman dermaga eksekutif, menambah area parkir di dermaga dan memperbaiki serta menambah rest area baik di tol maupun di luar pelabuhan,” tambahnya.  

Muhadjir juga menyatakan bahwa arus mudik maupun libur saat momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2022-2023 berjalan baik. 

“Secara umum sejak perayaan natal sampai tahun baru 2023 ini semuanya berjalan baik, walaupun ada insiden kecil,” pungkasnya.

(RM – WAH) 

Scroll to Top