SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Pelayanan Keimigrasian Tersendat Akibat Adanya Kebakaran Di Lantai 5 Gedung Kemenkumham

Bagikan:

AshefaNews – Pelayanan Keimigrasian tersendat yang diakibatkan adanya kejadian kebakaran yang terjadi di lantai 5 Gedung Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kamis 8 Desember 2022 siang.

Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana mengatakan kejadian kebakaran tersebut membuat pelayanan Paspor pun terhambat.

“Kebakaran tersebut menyebabkan pelayanan keimigrasian seperti proses persetujuan visa, persetujuan izin tinggal hingga M-Paspor menjadi terhambat,” ujar Widodo dalam keterangnnya kepada awak media, Kamis 8 Desember 2022.

Widodo menjelaskan beruntung saat kejadian kebakaran terjadi, para pegawai berhasil dievakuasi keluar dari dalam gedung.

“Sehubungan dengan kejadian ini, dilakukan evakuasi pegawai untuk keluar dari gedung dan melanjutkan pekerjaan dari rumah masing-masing. Kondisi ini menyebabkan adanya hambatan terhadap pelayanan keimigrasian,” ujarnya.

Widodo menegaskan dokumen dokumen penting Kemenkumham berhasil terselamatkan.

Kebakaran yang terjadi juga dipastikan tidak sampai membakar dokumen keimigrasian para tahanan WNA Ditjen Imigrasi atau Deteni.

“Alhamdulillah dokumen keimigrasian berhasil diselamatkan, tidak ada dokumen keimigrasian yang hancur. Para deteni juga sudah dievakuasi,” ujarnya.

Widodo katakan juga masyarakat ingin mengurus keimigrasian, bisa melalui online untuk saat ini dan mencari informasinya melalui laman resmi Ditjen Imigrasi.

“Perkembangan situasi dan informasi terbaru mengenai pelayanan keimigrasian terkait peristiwa ini akan disampaikan secara resmi melalui www.imigrasi.go.id dan akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi,” ujarnya.

Dikabarkan sebelumnya, sebuah ruangan yang ada di Lantai Lima gedung Kemenkumham terbakar pada Kamis 8 Desember 2022.

Koordinator Humas Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman menjelaskan ruangan yang terbakar tersebut hanyalah ruangan gudang biasa dan tidak tersimpan dokumen penting didalamnya.

“Bagian yang kebakaran ada di Gedung Sentra Mulya Kemenkumham,” ujarnya.

Erif mengatakan hingga saat saat ini kobaran api audah padam, dan petugas Damkar melakukan proses pendinginan.

“Petugas kebakaran sudah tiba memadamkan api,” ujarnya.

(RM – AT)

Scroll to Top