SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Nadiem Makarim: 320.000 Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Bagikan:

AshefaNews – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa 320.000 guru honorer bakal diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. 

Hal itu disampaikan Nadiem saat memberikan sambutannya dalam acara peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

“Tahun ini, 320.000 guru honorer akan diangkat jadi PPPK,” ujar Nadiem dikutip Sabtu (3/12/2022). 

Menurut Nadiem, jumlah guru honorer yang bakal diangkat menjadi PPPK itu meningkat jika dibandingkan 2021 lalu yakni sebanyak 300.000 guru. 

Pengangkatan tersebut menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan tenaga pengajar di Indonesia. 

‘Walau ada berbagai ketidaksempurnaan, tahun lalu 300.000 guru honorer sudah diangkat menjadi guru ASN/PPPK,” kata Nadiem. 

Nadiem mengatakan bahwa sampai saat ini masih banyak tantangan dalam proses pengangkatan guru honorer. Salah satunya adalah terkait masalah terbatasnya formasi. 

Dia menyebutkan, sudah banyak guru yang sebetulnya telah lulus secara passing grade, tetapi tidak mendapat formasi karena jumlahnya yang terbatas. 

Atas dasar itu, Nadiem pun mendorong pemerintah daerah agar mengutamakan pengangkatan para guru yang sudah lolos seleksi tersebut. 

“Kami dorong Pemda untuk mengangkat guru yang sudah lolos seleksi untuk memenuhi kebutuhan formasi guru di daerah,” ucap Nadiem.

(RM – WAH) 

Scroll to Top