SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Menkes Bakal Perbarui Sistem Pendidikan Kedokteran, Atasi Krisis Dokter Spesialis

Bagikan:

AshefaNews – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa Indonesia tengah mengalami krisis ketersediaan tenaga dokter spesialis.

Hal tersebut terlihat dari tidak meratanya sebaran dokter spesialis ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia untuk melayani masyarakat.

“Krisis dokter spesialis ini tidak cukup mampu untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Budi dalam Dialog Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Pendayagunaan Dokter Spesialis di Jakarta Selasa (13/12/2022).

Berkaca dari kondisi tersebut, Menkes berpandangan bahwa diperlukan pembaruan sistem dan konsep pendidikan dokter di Indonesia. Salah satunya dengan menerapkan Academic Health System (AHS).

Langkah tersebut bertujuan untuk memastikan para dokter mendapatkan fasilitas untuk mengenyam pendidikan dokter spesialis berbasis universitas.

“Serta didukung pula melalui sistem baru yakni pendidikan dokter spesialis berbasis rumah sakit atau hospital based,” kata Budi.

Budi berharap dua rencana yang dipersiapkan untuk pembaruan sistem tersebut dapat meningkatkan jumlah, sekaligus mewujudkan pemerataan tenaga dokter spesialis di Indonesia.

“Maka dari itu kita butuh melakukan pembaharuan sistem untuk meningkatkan jumlah produksi serta upaya pemerataan dokter spesialis di seluruh kabupaten/kota di Indonesia,” pungkasnya. (WAH)

(GE – WAH)

Scroll to Top