SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Kemendes Harap Seluruh Desa Perbatasan di Papua Bisa Segera Teraliri Listrik

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal (Kemendes PDT) berharap PT PLN terus berupaya mengatasi masalah keterbatasan aliran listrik di Papua.

Karena program pengadaan listrik di desa-desa terluar, khususnya di Kawasan perbatasan Republik Indonesia (RI)-Papua Nugini di Papua, akan mempermudah akses komunikasi di kawasan tersebut.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Desa PDT, Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya usai melakukan pertemuan dengan Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

“Papua harus menerangi indonesia. Kalau sudah ada listrik bikin apa aja bisa terutama komunikasi. Mau bangun tower (BTS) kalo enggak ada listriknya gimana,” kata Budi.

Dengan kehaditran layanan listrik, maka pembangunan desa di perbatasan Papua akan menjadi semakin maksimal dan selesai sesuai targetnya. “Kami ingin kebutuhan listrik seluruh masyarakat desa di perbatasan Indonesia segera terpenuhi,” harapnya,

Sementara itu Direktur Distribusi PT PLN, Adi Priyanto mengakui, sampai saat ini, masih terdapat 90 desa di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini belum teraliri listrik.

Adi berharap,  PLN bisa segera menyelesaikan masalah tersebut dengan mengadakan sambungan listrik pada akhir Januari 2023 mendatang.  “Kami lapor hari ini untuk mengakhiri 90 desa di Papua yang belum teraliri listrik. Kami akan segera menyelesaikannya,” kata Adi berjanji.

Dalam program ini, lanjutnya, akan ada beberapa Kementerian yang terlibat, yakni Kemendes PDTT, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Sosial.

Sebelumnya, PLN telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan TNI untuk mempercepat target Desa Berlistrik khususnya di wilayah Provinsi Papua. “Kerja sama antar lembaga ini  merupakan hal penting karena sulitnya medan serta kultur sosial masyarakat setempat,” tandas Adi.

(RM – Gusto)

Scroll to Top