SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Kartu Prakerja 2023 Gelombang 48 Sudah Dibuka, Ini Tata Cara Pendaftarannya

Bagikan:

AshefaNews – Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 untuk gelombang 48 telah dibuka pada Jumat (17/2/23) malam. Dalam gelombang 48 Pemerintah membuka pendaftaran kepada 10.000 peserta, dan akan diterapkan skema normal bukan lagi bersifat semi bantuan sosial, melainkan fokus pada peningkatan keahlian peserta.

Prakerja adalah program pemerintah yang sangat membantu untuk meningkatkan kompetensi kerja bagi siapa saja yang membutuhkannya. Khususnya untuk buruh atau pekerja, yang ingin meningkatkan kemampuannya di bidang-bidang tertentu bisa mengakses prakerja untuk menambah ilmu.

Hingga saat ini kartu prakerja sudah digunakan oleh banyak orang, bahkan gelombang pendaftarannya pun hampir setiap bulannya selalu diadakan.

Banyak manfaat yang akan kamu terima dari program kartu prakerja ini, mulai dari mendapatkan skill atau pengetahuan yang belum pernah kamu coba, hingga mendapatkan sertifikat dari kursus atau pelatihan yang telah kamu ikuti didalamnya.

Tujuan Kartu Prakerja?

Ini Tata Cara Pendaftaran Kartu Prakerja 2023
Presiden Jokowi mengapresiasi capaian Program Kartu Prakerja, beliau mengapresiasi antusiasme pendaftar yang hingga saat ini menembus angka 115 juta. (Foto: Sekretariat Negara)

Program Prakerja memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya / dana yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang di PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Pada pelatihan didalam kartu prakerja, Anda akan mendapatkan kelas sesuai dengan minat yang ditentukan. Dari minat inilah diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dari pengguna kartu prakerja. Pada era yang serba maju dan modern ini, daya saing angkatan kerja tentu tidak bisa dianggap enteng, oleh karena itu sangat penting untuk memiliki kemampuan yang cukup dibidang-bidang tertentu. Selain itu juga, bisa membuat Anda mengembangkan kewirausahaan menjadi lebih maju lagi.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar kartu prakerja secara online, sesuai informasi di situs resmi pemerintah prakerja.go.id.

  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Tata Cara Pendaftaran Program Prakerja

Alur dan tahapan Program Kartu Prakerja. (Foto: Kementrian Perekonomian RI)

Untuk bisa mendapatkan insentif Prakerja, peserta dapat mendaftar terlebih dahulu dengan menyiapkan beberapa dokumen pundukung yang diwajibkan. Simak di bawah ini alur dan tahapan Program Kartu Prakerja.

  1. Cara membuat akun Prakerja
  2. Cara masuk Akun Prakerja
  3. Cara daftar Prakerja

Cara Membuat Akun Prakerja 2023 Online

Untuk pendaftaran kartu prakerja gelombang 48 sudah dibuka kembali diJumat, 17 Januari 2023 dengan nilai sebesar Rp4,2 juta / penerima, berikut cara daftarnya

  1. Buka situs dashboard.prakerja.go.id/daftar. Pastikan kamu mendaftar dengan email aktif sesuai dengan nama asli dan masukan password. Lalu klik Daftar.
  2. Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi via email, link verifikasi ini bisa kamu cek di folder inbox/spam dan klik “Verifikasi sekarang”.
  3. Setelah verifikasi berhasil, akun kartu prakerja berhasil dibuat. Sekarang kamu bisa masuk ke akun kamu.

Bagaimana Cara Masuk ke Akun Prakerja

Setelah Anda berhasil membuat akun, sekarang waktunya masuk ke dalam akun untuk menyelesaikan pendaftaran program prakerja! Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka laman prakerja.go.id.
  2. Lalu masukan email dan password, akun yang telah dibuat sebelumnya. Jangan lupa masukan angka pada captcha yang kamu lihat lalu klik masuk.
  3. Selanjutnya kamu akan diminta memasukan kode OTP, yang telah di kirim ke email. Silahkan cek di kotak masuk atau spam email, untuk menemukan kode OTP.
  4. Masukan kode OTP yang benar, jangan sampai salah sebanyak 5 kali. Jika hal ini terjadi, maka kamu diminta untuk menunggu selama 2 jam untuk mendapatkan kode baru.
  5. Jika sudah yakin kode OTP benar, segera klik verifikasi dan kamu akan masuk kedalam akun prakerjamu.

Cara Daftar Prakerja

Setelah Anda memiliki akun prakerja, selanjutnya mendaftar ke program prakerja. Apa saja yang perlu disiapkan? Cek di sini !

  1. Setelah berhasil verifikasi, maka kamu bisa login dan diarahkan ke halaman verifikasi identitas. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP, dan  KK. Isi form 16 digit NIK, nomor kk dan tanggal lahir lalu klik lanjut.
  2. Lengkapi identitas Anda, pastikan sesuai dengan kondisi saat ini ! 
  3. Ketika Anda memasukan alamat KTP, pastikan sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas Anda.
  4. Setelah yakin data yang telah di isi telah sesuai, maka kamu akan di minta untuk foto e-KTP. Foto dan unggah KTP Anda di halaman yang telah ditentukan. Pastikan Anda mengambil gambar KTP, langsung dari kamera HP kamu ya!
  5. Jika foto telah sesuai dengan panduan foto e-KTP, klik gunakan foto. Sistem akan mem verifikasi foto KTP yang telah di unggah.
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk verifikasi wajah, pastikan kamu memperhatikan ketentuan yang tercantum di dalam gambar ya. Jika sudah siap, klik scan wajah dan ikuti arahan supaya verifikasi berjalan dengan lancar.
  7. Setelah berhasil melakukan verifikasi wajah, silahkan menunggu dan masuk ke tahap verifikasi nomor handphone.
  8. Masukan enam digit kode OTP yang telah dikirim ke nomor hp kamu, lalu klik kirim OTP.
  9. Selanjutnya kamu akan diminta mengisi pernyataan sesuai dengan kondisi kamu saat ini. Jangan lupa jawab sejujur-jujurnya yah!
  10. Setelah pernyataan pendaftar terkirim, maka kamu akan disajikan tes motivasi dan kemampuan dasar. Jika sudah siap, klik mulai test.
  11. Pastikan kamu menjawab test dengan baik dan benar. Setelah mengikuti test, maka kamu bisa memilih seleksi gelombang yang tersedia di dashboard prakerja.
  12. Terakhir, klik gabung gelombang, dan tunggu proses seleksi selesai

Proses seleksi biasanya sekitar 1-3 minggu, jadi harap bersabar dan jangan lupa untuk selalu cek email, atau login ke dalam akun prakerja kamu untuk memastikan statusnya.

FAQ / Seputar Program Prakerja Yang Sering Ditanyakan:

Apakah Program Prakerja Menggaji Pengganguran?

Kartu prakerja tidak menggaji pengangguran. Prakerja merupakan program bantuan berupa biaya pelatihan, yang nantinya bisa digunakan penggunanya untuk meningkatan kemampuan kerja. Para pengguna bisa memilih kelas-kelas yang ingin di ikutinya, selama saldonya masih cukup maka bisa digunakan untuk membeli atau mengakses kelas tersebut secara gratis. Setelah selesai mengikuti kelas, Anda juga bisa mendapatkan sertifikat dari program pelatihan yang telah di kerjakan sebelumnya. Jadi kartu prakerja bukan untuk menggaji pengangguran ya!

Siapa saja yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?

Kriteria yang bisa mengikuti program Prakerja alias lolos seleksi administrasi diantaranya pencari kerja, pekerja/buruh yang terdampak PHK, atau pekerja/buruh yang ingin meningkatkan kompetensi kerja. Selain pekerja/buruh yang dirumahkan, pekerja bukan penerima upah seperti pelaku usaha mikro dan kecil juga bisa mendaftar.

Syarat pendaftaran prakerja juga gampang banget kok! Tentunya kamu harus merupakan warga negara Indonesia dan telah berusia 18 (delapan belas) tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Kartu prakerja akan di perioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan, maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak akibat dampak dari COVID-19. Jika kamu memiliki kriteria yang telah disebutkan diatas, jangan sungkan untuk mendaftaar di halaman resmi prakerja ya!.

Sedangkan, untuk kamu yang memiliki pekerjaan dibawah ini, maka tidak bisa mendaftar program tersebut.

  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah

Pendaftaran kartu prakerja benar-benar selektif, jadi jangan lupa untuk menggunakan email, nomor telfon dan akun rekening sesuai dengan identitas Anda yah!

Selain itu juga, didalam satu kartu keluarga hanya dua orang yang bisa mendaftar program kartu prakerja lho!

Maksimal hanya 2 (dua) NIK yang bisa mendapatkan manfaat dari kartu prakerja. Jangan lupa memastikan, orang-orang yang ingin menerima bantuan tersebut telah memenuhi persayaratan diatas. Orang-orang yang memiliki kebutuhuhan khusus atau Difabel juga sangat dianjurkan mendaftar program kartu prakerja.

Apakah kartu Prakerja hanya untuk orang yang menganggur?

Program kartu prakerja bisa diikuti oleh siapa saja, selama ia masih memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Jika sekarang Anda masih bekerja sebagai karyawan atau buruh, tentunya bisa mendaftar kartu prakerja di gelombang yang tersedia. Tidak harus pengangguran yang bisa mengikuti program prakerja, orang yang sudah bekerja, korban PHK, pelaku usaha mikro dan kecil, buruh atau karywanpun bisa mencobanya.

Insentif Kartu Prakerja

Kartu prakerja merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi bagi para penggunanya. Selain itu juga, kamu bisa mendapatkan insentif dari kartu prakerja seteleh menyelesaikan pelatihan pertama. Besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta porgram Prakerja, yakni sebesar Rp 4,2 juta per individu. Rinciannya, biaya pelatihan akan dikenakan sebesar Rp 3,5 juta.

Insentif bagi para peserta akan diberikan senilai Rp700 ribu. Rp700 ini akan berupa insentif pasca pelatihan senilai Rp 600 ribu dan insentif survei sebesar Rp100 ribu, untuk dua kali pengisian survei.

Insentif akan diberikan berdasardan dua jenis :

  1. Insentif biaya mencari kerja, dengan nominal Rp 600.000 (Enam Ratus Ribu Rupiah) Uang ini bisa Anda gunakan untuk modal mencari kerja atau membuka usaha.
  2. Insentif pengisian survei evaluasi, dengan nominal Rp 50.000 ( Lima Puluh Ribu Rupiah) per suvei. Pastikan Anda mengecek notifikasi di dashboard prakerja, biasanya survei evaluasi munculnya di sana.

Bagaimana cara mendapatkan Insentif prakerja?

Insentif prakerja hanya diberikan setelah menyelesaikan pelatihan pertama dan telah mendapatkan sertifikat. Tidak ada insentif kedua setelah menyelesaikan pelatihan yang lainnya. Jangan lupa juga untuk memberikan ulasan (Review) dan penilaian (Rating) kepada pelatihan yang telah kamu kerjakan di dashboard kamu.

Hal terpenting, kamu perlu menyambungkan nomor rekening atau e-wallet di akun prakerja sesuai dengan identitas yang terdaftar.

(RM – GE)

Scroll to Top