Jokowi Resmi Hentikan PPKM di Indonesia! Seluruh Aturan Pembatasan Dicabut

Bagikan:

AshefaNews – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi menghentikan dan mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia, mulai Jumat (30/12/2022).

“Pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Jumat.

Menurut Jokowi, penghentian PPKM diambil pemerintah berdasarkan pembahasan dan kajian mendalam yang telah dilakukan, serta sejumlah pertimbangan.

Salah satunya adalah berkaca dari situasi pandemi Covid-19 yang semakin terkendali dan angka kasus penularan harian yang terus turun.

“Per 27 Desember 2022, kasus harian (Covid-19 hanya) 1,7 kasus per satu juta penduduk,” kata Jokowi menjelaskan perkembangan kasus Covid-19.

Dengan demikian, tidak ada pembatasan kegiatan atau mobilitas masyarakat, yang sebelumnya diterapkan dalam rangka menekan penularan Covid-19.

Pencabutan PPKM tersebut nantinya akan diatur dan ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. 

(RM – WAH)

Scroll to Top