SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Jelang Pengumuman Status PPKM, Menkes Ungkap Temuan Subvarian Baru Covid-19 di Indonesia

Bagikan:

AshefaNews – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa subavarian omicron bernama BF.7 sudah masuk ke Indonesia. Sejumlah warga pun dikabarkan telah terpapar dan dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Budi saat menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia menjelang pengumuman soal status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Varian BF.7 ini sudah kami lihat. Di Indonesia juga sudah ada,” ujar Budi Gunadi kepada wartawan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Harapan Kita, Jakarta Barat, Kamis (29/12/2022).

Budi Gunadi belum menjelaskan secara terperinci lokasi sebaran varian baru virus penyebab Covid-19 itu. Dia hanya mengatakan bahwa saat ini sudah ada 15 kasus penularan BF.7 yang ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Di samping itu, kata Budi, tingkat kasus penularan BF.7 di Indonesia relatif kecil. Hal itu terlihat dari jumlah kasus yang ditemukan di Indonesia saat ini.

“Kenaikannya kecil sekali, 15 kasusnya,” kata Budi.

Adapun saat ini Indonesia disebut Budi Gunadi sudah melewati puncak penularan subvarian BQ.1 dan XBB. Dengan begitu, tren penularan Covid-19 di tanah air diperkirakan bakal turun turun.

Berkaca dari situasi pandemi Covid-19 saat ini, Presiden Joko Widodo pun bakal mengumumkan status PPKM di Indonesia, apakah harus diperpanjang atau dapat dihentikan.

“Ada update, Pak Presiden akan press conference hari Jumat,” jelas Budi Gunadi.

(GE – WAH)

Scroll to Top