SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Hari Pers Nasional, Puan Ajak Masyarakat Dukung Jurnalisme Sehat dan Berkualitas

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Ketua DPR RI, Puan Maharani menilai pentingnya peran pers dalam era kemajuan informasi pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Menurutnya, perlu peran dan dukungan masyarakat agar jurnalisme sehat dan berkualitas terus berlangsung demi kemajuan pers nasional di Indonesia.

“Pers itu memiliki peran penting ditengah banjir bandang informasi terutama dari media sosial. Karena itu perlu adanya dukungan kepada pers nasional agar posisinya sebagai ‘clearing house’ tidak berubah dan membuat publik tak terombang-ambing oleh desas desus dan berita hoax,” kata Puan dalam keterangannya, Kamis (9/2/2023).

Puan pun mengajak insan pers untuk tetap mengedepankan praktik jurnalisme sehat tanpa kepentingan. Eks Menko PMK ini menilai pers itu mutlak harus memiliki kualitas dan independensi mengingat pers merupakan pilar demokrasi keempat.

“Penting diketahui, jurnalisme sehat dan bermutu juga sangat diperlukan menghadapi tahun politik. Publik harus diajak berpikir kritis dan substantif sehingga kehadiran pers nasional memperkuat dan menyehatkan demokrasi,” kata Puan.

Puan pun mengajak masyarakat untuk mendukung eksistensi pers nasional dalam HPN 2023 yang bertema ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat. Menurutnya, banyak cara yang bisa dilakukan agar membuat hadirnya pers nasional yang sehat serta berkualitas.

Salah satu contohnya, kata Puan, dengan berlangganan media-media massa yang sudah terbukti memiliki tradisi jurnalisme yang baik.

“Kita tahu saat ini banyak media berkualitas yang juga sudah bermigrasi ke digital, tapi sayangnya masih sedikit masyarakat yang memilih untuk berlangganan,” tutur mantan Menko PMK itu.

Menurutnya, biaya berlangganan dari pembaca itu bisa menjadi modal bagi media massa untuk menghadirkan produk jurnalistik yang berkualitas. Oleh karenanya, masyarakat diharapkan untuk berkontribusi terhadap kemajuan pers nasional.

“Kita tahu banyak media massa berkualitas dan bersejarah yang berguguran serta gulung tikar ketika menghadapi tantangan zaman dan beban berat produksi yang dikeluarkan. Padahal mereka itu bisanya menjadi acuan masyarakat dalam mendapatkan informasi. Karenanya diperlukan perhatian lebih dari semua pihak agar media massa tersebut tetap bertahan dan tetap menghasilkan karya jurnalistik berkualitas untuk masyarakat,” jelas Puan.

Lebih jauh, Ketua DPR wanita pertama ini meminta seluruh insan pers tetap menanamkan nilai jurnalisme yang jujur, tidak berkepentingan dan sesuai fakta dalam memberikan informasi. Serta terus menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial, dan lembaga ekonomi sesuai amanat Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Bagi insan pers, saya meminta terus bekerjalah kalian dengan profesional dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik. Hadirkanlah produk-produk jurnalisme yang sehat, berkualitas, serta bermartabat,” ujarnya.

“Selamat Hari Pers Nasional tahun 2023. Bekerjalah selalu dengan mengedepankan hati nurani berdasarkan asas kebenaran, independen, keadilan, kemanusiaan dan tentu saja dengan menjunjung tinggi akuntabilitas,” demikian Puan.

(RM – TYO)

Scroll to Top