SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Hari Nusantara 2022, Dukung Program Prioritas Nasional

Bagikan:

AshefaNews – Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar peringatan Hari Nusantara 2022 di Pantai Marina, Wakatobi, Selasa (13/12/2022). 

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 14 Desember 2022 merupakan program strategis. Dan ini untuk membangkitkan potensi daerah yang dapat mendukung program prioritas nasional.

“Industri hilirisasi dengan pengembangan potensi daerah ini tidak hanya terbatas pada pertambangan. Namun akan dilanjutkan pada sektor pangan dan juga kelautan, yang sejalan dengan instruksi Presiden untuk mengembangkan ekonomi biru,” kata Bahlil lewat keterangannya, Selasa (13/12/2022). 

Saat ini, pihaknya sedang menyusun roadmap hilirisasi produk perikanan, serta rumput laut yang dikembangkan menjadi produk olahan pangan ataupun produk turunan lainnya. Tahun ini, Wakatobi terpilih sebagai tuan rumah karena merupakan wisata bahari yang menjadi kebanggaan Indonesia dan telah dikenal dunia sebagai kepingan surga yang nyata. 

Penyelenggaraan Hari Nusantara 2022 ini selaras dengan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060. “Diharapkan menumbuhkan sektor potensi investasi di sektor ekonomi biru, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular,” kata Bahlil. 

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Sulawesi Tenggara periode Januari sampai dengan September 2022 mencapai Rp17,8 triliun. Dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar USD11,36 miliar. 

Realisasi investasi tersebut berhasil menyerap sebanyak 9.865 Tenaga Kerja Indonesia. Pada periode yang sama, realisasi investasi di Kabupaten Wakatobi sendiri memperoleh PMDN sebesar Rp3,3 triliun dan total PMA USD15,3 juta.

Diketahui, rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara yang diselenggarakan pada tanggal 10-14 Desember antara lain Kegiatan Bersih Laut, Bakti Kesehatan. Dan ada Kampanye Gemar Makan Ikan, Lomba Kuliner Nusantara se-Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Kemudian Forum Investasi: Penguatan Strategi Investasi Daerah, Pameran, Panggung Hiburan Rakyat, Promosi Kesehatan Stunting, Deklarasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Panen Raya Rumput Laut, Penanaman Mangrove, Pelepasan Tukik, serta acara puncak peringatan Hari Nusantara 2022.

(RM – SYD) 

Scroll to Top