Harga Telur Meroket Jelang Nataru, Pedagang Waswas

Bagikan:

AshefaNews – Harga telur ayam kian meroket jelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2023. Salah satunya di Pasar Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, pada Rabu (7/12/2022). 

Saat ini harga satu kilogram telur ayam negeri di pasar tersebut dijual para pedagangnya mencapai Rp 31.000 per kilogram, sedangkan telur ayam kampung naik menjadi Rp 2.500 per butirnya. 

Pedagang pun waswas harga tersebut masih bisa naik lagi memasuki pekan terakhir 2022 menuju tahun baru. Kenaikan harga ini diungkapkan salah seorang pedagang di Pasar Pademangan Timur, Eka Permatasari (32). 

“Harga telur lagi naik, karena mau Natal jadi naik semua,” kata Eka saat ditemui di lokasi, Rabu (7/12/2022). 

Eka menuturkan, kenaikan paling signifikan ialah pada telur ayam negeri alias telur ayam ras. Telur ayam negeri dari yang semula Rp 26.000 per kilogram, kini menjadi Rp 31.000 per kilogram. 

Eka menyebut bahwa Kenaikan harga terjadi secara bertahap dalam rentang waktu sepekan atau dua pekan sekali. Eka pun mengkhawatirkan ke depannya ada kenaikan lebih tinggi lagi di mana per kilogram telur ayam negeri bisa mencapai Rp 34.000.

“Nanti pasti bisa sampai meningkat lagi sampai Rp 34 ribu. Tapi nanti setelah hari raya dia turun,” ucap Eka. 

Seiring kenaikan harga telur, pedagang juga mengalami penurunan omzet. Hal ini terjadi lantaran pembeli mengurangi jumlah telur yang mereka beli karena harganya dianggap sudah terlalu mahal.

Sementara itu Kepala Pasar Pademangan Timur, Sutopo mengatakan kenaikan harga beberapa komoditas di pasar sudah di rasakan sebelum Nataru. 

“Jadi yang naik signifikan itu antara lain telur, kemudian cabe merah ya, rawit merah dan rawit hijau serta tomat kenaikan sekitar Rp 6000 perkilonya,” ujar Sutopo.

(RM – SYD)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top