SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

DPR Minta Menkumham Jelaskan Alasan Dirut Krakatau Steel Jadi Dirjen Imigrasi

Bagikan:

AshefaNews, Jakarta – Kalangan dewan merasa heran dengan penunjukan Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Steel, Silmy Karim menjadi Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Anggota Komisi III DPR RI, Wihadi Wiyanto mengatakan terpilihnya Dirut BUMN sebagai Dirjen Imigrasi menjadi pertanyaan semua pihak. Pasalnya, Imigrasi seperti menjadi lembaga proviet oriented pion pemerintah dan itu tidak sesuai dengan kaidah sebagai peawasan dalam bidang penegakan hukum.

“Ini aneh, kita bingung kenapa Dirut BUMN kok jadi Dirjen Imigrasi. Kan banyak pertanyaan, apakah penunjukan ini ingin menjadikan Imigrasi sebagai provit oriented poin. Karena dengan orang yang basicnya keuangan membuat dugaan bahwa orientasi Imigrasi lebih ke pelayanan yang menguntungkan,” kata Wihadi dalam keterangannya, Selasa (27/12/2022).

Politikus Partai Gerindra ini juga menyindir Menkumham Yasonna Laoly yang seharusnya dalam menunjuk Dirjen Imigrasi itu lebih kepada orang paham aturan penegakan hukum. Terutama terkait aturan orang keluar masuk ke Indonesia bukan cuma pelayanan yang menguntungkan saja. Karenanya, dia meminta Menkumham menjelaskan alasan utama penunjukan Dirjen Imigrasi ini.

“Menkumham wajib sekali menjelaskan dasar dari penunjukan Dirut BUMN menjadi Dirjen Imigrasi. Karena Silmy ini kan tidak memiliki dasar-dasar pengetahuan Imigrasi, tapi kok dipilih. Ini kan seperti Menkumham tidak percaya kepada lulusan akademik bidang imigrasi untuk menjadi Dirjen Imigrasi padahal memang itu fokus pendidikan mereka. Bagaimana pemimpinnya atau Dirjennya bisa melakukan pengawasan dengan benar kalau yang tidak memiliki dasar-dasar imigrasi,” jelas Wihadi.

Lebih lanjut, Wihadi merasa jika memang Kemenkumham ingin mencari keuntungan semata dari segi pelayanan tanpa memikirkan penegakan hukum, harusnya memilih saja dari pihak swasta yang berprestasi. Pasalnya, Silmy Karim selama jadi Dirut Krakatau Steel pun tak terlihat prestasinya malah yang nampak hanya masalah di BUMN tersebut.

“Kalau memang hanya untuk cari keuntungan dalam pelayanan ya tak perlu tunjuk Dirut BUMN jadi Dirjen Imigrasi. Kalau mau tunjuk Dirut dari swasta yang berprestasi saja karena berhasil membesarkan perusahaannya,” tandasnya.

Sebelumnya, Kemenkumham telah memilih Direktur Utama  (Dirut) PT Karakatau Steel, Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham dan rencananya akan dilantik pada Januari 2023.

(RM – TYO)

Scroll to Top