SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

BNPB Beri Dana Rp 250 Juta untuk Operasional Posko Korban Erupsi Gunung Semeru

Bagikan:

AshefaNews Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan dana siap pakai untuk penanganan korban erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi menjelaskan, bantuan dana itu diberikan Pemerintahan Kabupaten Lumajang untuk operasional pos komando (posko) penanganan darurat awan panas Gunung Semeru.

“Bantuan ini untuk operasional di posko tanggap darurat. Harapannya Lumajang ini segera bangkit dan akan lebih siap dan siaga lagi ke depannya untuk menghadapi bencana,” ujar Prasinta, Kamis (8/12/2022).

Prasinta berharap bantuan dana siap pakai tersebut dapat membuat Kabupaten Lumajang kembali berbenah, dan meningkatkan kapasitas masyarakat yang terdampak bencana.

Di samping itu, BNPB juga memberikan bantuan logistik senilai Rp 100 juta untuk penanganan warga yang harus mengungsi, akibat terdampak erupsi Gunung Semeru. 

“BNPB akan selalu siap membantu dan mendampingi Pemkab Lumajang untuk melaksanakan program-program kesiapsiagaan dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam merespon bencana,” ungkap Prasinta. 

Sebagai informasi, Aktivitas Gunung Semeru saat ini mulai mengalami penurunan dan berstatus Level IV atau awas. Masyarakat pun diimbau untuk sementara tidak banyak beraktivitas di sektor tenggara dari Gunung Semeru. 

Warga juga diminta tidak beraktivitas di tepian sungai karena adanya potensi banjir lahar dingin.

(RM – WAH) 

Scroll to Top