Mimpi Buang Air Besar Menurut Islam

Bagikan:

AshefaNews – Mimpi pada dasarnya ada yang bisa memiliki arti tertentu dan ada pula tidak. Sebab mimpi terbagi menjadi tiga sumber, ada yang bersumber dari Allah SWT yakni yang memiliki tafsir baik, mimpi bersumber dari syaiton atau hanya sekedar bunga tidur akibat pengaruh alam bawah sadar (tanpa mengandung arti apapun). Hal ini sesuai berdasarkan dengan hadis riwayat Muslim.

Terdapat dalam muqadimah Ibnu Khaldun, ia mengatakan jika ilmu tafsir mimpi sebenarnya merupakan bagian dari ilmu syariat. Meskipun ilmu yang baru dalam agama ketika ilmu-ilmu dijadikan bagian dari pekerjaan dan manusia menuliskan tentang ilmu. Adapun mimpi dan tafsir mimpi sebenarnya sudah ada pada zaman salaf terdahulu. 

Terdapat salah satu karya dari Ibnu Qutaibah yang mana dikhususkan untuk mentakwil mimpi, yakni kitab Ta’bir Ru’ya. Dalam menjelaskan maknanya, dilakukan beberapa analisis yakni seperti mengunakan lafadz nama, sesekali kadang makna lafadznya dibalik, analisis dari al-Qur’an, Hadis dan terkadang pula dari bait syair dan perkataan yang masyhur atau terkenal.

Lalu apa tafsir mimpi buang air besar menurut Islam?

Buang air besar dianggap suatu hal yang menjijikan, sehingga jika mimpi BAB sebagian besar orang mengaitkannya dengan keburukan. Namun tidak selalu demikian, berikut ini beberapa arti buang air besar menurut Islam:

1. Mimpi Buang Air Besar dengan Tafsir yang Baik

Mimpi bukanlah hal yang selalu benar menurut logika manusia, pun termasuk pada mimpi BAB. Apabila seseorang bermimpi buang air besar, namun yang keluar bukanlah kotoran melainkan hewan, itu pertanda ia akan mendapatkan anak yang baik. Sedangkan apabila orang yang bermimpi menduduki kotoran tersebut, maka ia akan mendapatkan harta dari kerabat atau akan mendapatkan warisan.

2. Mimpi Buang Air Besar dengan tafsir yang Buruk

Menurut Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i, jika seseorang bermimpi buang air besar di suatu tempat yang dikenal olehnya maka itu pertanda ia akan menginfakan hartanya berdasarkan hawa nafsu. Sedangan jika ia bermimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal olehnya, itu pertanda ia akan menginfakan harta yang haram.

Masih menurut Imam Abu Bakar, jika seseorang mimpi buang air besar itu bisa jadi menandakan dua hal buruk, yakni orang yang mimpi buang air besar sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasan yang menekannya. Atau bisa jadi orang yang mimpi BAB akan mengalami kerugian dalam usahanya.

Tafsir mimpi buang air besar yang bermakna tidak baik pun terdapat bisa menjadi pertanda ia akan mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya. Hal ini apabila seseorang bermimpi BAB di pakaian.

Sedangkan jika seseorang bermimpi buang air besar di tempat terbuka, lalu kotorannya itu ia tutupi dengan debu maka menurut Imam Abu Bakar itu pertanda ia akan menyimpan harta di suatu tempat tertentu.

Imam Abu Bakar pun mengartikan mimpi buang air besar ini dengan makna lain, yakni jika seseorang itu bermimpi memakannya, maka ia akan mendapatkan harta haram atau mengungkapkan perkataan kotor yang akhirnya ia sesali sendiri.

Diluar daripada tafsir mimpi tersebut yang lebih cenderung memiliki makna buruk, kita sebagai muslim sudah seharusnya senantiasa berserah diri kepada Allah SWT. Tidak boleh merasa tertekan karena suatu mimpi apabila kita sebagai seorang Muslim sudah berusaha sebaik mungkin menerapkan syariat Islam dalam kesehariannya.

Sebab mimpi yang seharusnya menjadi pijakan bagi kita ialah mimpi yang berasal dari Allah SWT, yakni mimpi yang memiliki tafsir baik. 

Wallahu a’lam Bishawab.

(GE – DIN)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top