SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Inilah Fakta tentang Setan yang Perlu Diketahui Manusia

Bagikan:

AshefaNews – Setan merupakan makhluk yang senantiasa ada disekitar kita dengan tujuan hidupnya menyesatkan manusia.  Setidaknya berikut ini ada sepuluh fakta tentang setan yang perlu diketahui, agar kita senantiasa bisa mewaspadainya.

Fakta tentang Setan: Pertama, Mampu Menguasai Manusia dengan Membisikan dan Mengelabui

Setan sebenarnya hanya memiliki kemampuan dan kuasa atas manusia melalui bisikan kejahatan dan mengelabui mereka dengan keindahan, bukan dengan mengalahkan atau menaklukan secara fisik

Fakta tentang Setan: Kedua, Diciptakan dari Api

Asal mula penciptaan setan itu sama halnya dengan Iblis yakni dari api dan itu disampaikan sendiri oleh Iblis. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Swt:

وَالْجَانَّ خَلَقْنَاهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَارِ السَّمُومِ

“Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS. Al Hijr: 27).

Fakta tentang Setan: Ketiga, Mempunyai Pasukan dari Golongan Jin

Iblis mempunyai pengikut atau pasukan yang mendukung serta membantunya menyebarkan fitnah kepada manusia. Mereka itu dari golongan jin. Iblis juga memiliki singgasana atau kekuasaan atas air di tempat yang diketahui Allah Swt. Adapun untuk menipu manusia, maka iblis mengutus pasukannya.

Sebagaimana dalam hadis, dari Jabir, Nabi ‘alaihis shalatu was salam bersabda, “Sesungguhnya iblis singgasananya berada di atas laut. Dia mengutus para pasukannya. Setan yang paling dekat kedudukannya adalah yang paling besar godaannya. Di antara mereka ada yang melapor, ‘Saya telah melakukan godaan ini.’ Iblis berkomentar, ‘Kamu belum melakukan apa-apa.’ Datang yang lain melaporkan, ‘Saya menggoda seseorang, sehingga ketika saya meninggalkannya, dia telah berpisah (talak) dengan istrinya.’ Kemudian iblis mengajaknya untuk duduk di dekatnya dan berkata, ‘Sebaik-baik setan adalah kamu.’” (HR. Muslim 2813).

Fakta tentang Setan: Keempat, Bertebaran ketika Matahari Terbenam

Kebiasaan ini sudah sering diterapkan di masyarakat, di mana orang tua menyeru pada anaknya agar tidak bermain atau keluyuran ketika matahari sedang terbenam dan setelah matahari terbenam. Sebab pada saat itu setan sedang bertebaran. 

Sebagaimana diriwayatkan dalam shahih Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ ، وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا ، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا ، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

“Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berdzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012)

Fakta tentang Setan: Kelima, Setan Tak Bisa Menyentuh Benda

Setan sejatinya tidak mampu menyentuh benda. Namun beredarnya film horor di masyarakat membuat fakta ini menjadi kabur. Masyarakat menganggap jika setan bisa membuat barang terjatuh, beterbangan dan lain sebagainya.

Padahal sebagaimana yang disebutkan dalam shahih Bukhari Muslim. Diriwayatkan dari Jabir, nabi bersabda,

وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا ، وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا ، وَأَطْفِئُوا مَصَابِيحَكُمْ

“Tutuplah pintu dan berdzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR. Bukhari, no. 3280, Muslim, no. 2012).

Hal ini menguatkan jika setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup apalagi membuat barang terbang dan terjatuh. 

Fakta tentang Setan: Keenam, Tak Kuasa dengan Muslim yang Mengucap Basmalah

Apabila ada seorang Muslim yang mengucapkan bismillah ketika hendak memasuki rumah, maka setan akan berkata saya tidak mempunyai kekuasaan untuk tidur di rumah ini. Begitupun ketika hendak makan, maka setan tidak akan ikut memakan makanan itu pula. 

Fakta tentang Setan: Ketujuh, Awalnya Menyembah Allah dan Bagus Rupa

Sebelum diciptakannya Nabi Adam, Iblis merupakan makhluk Allah Swt yang taat beribadah. Hal ini dijelaskan oleh Ibnu Qayyim, bahwa iblis itu indah bentuk rupanya ketika taat (menyembah Allah). Dan iblis mendurhakai Allah Swt, maka Allah Swt membuatnya jelek atau buruk. Sehingga dia menjadi percontohan untuk setiap yang jelek. 

Fakta tentang Setan: Kedelapan, Setan Itu Bukan Nama

Kata setan itu bukanlah nama untuk kalangan Iblis. Namun merupakan bentuk penyifatan, karena kalimat itu diambil dari kata kerja Syatnun yang berarti jauh, akibat ia berpaling dari taat kepada Allah maka allah menjauhkannya dari rahmatNya. Maka disebutlah Iblis itu sesuai dengan sifatnya yakni setan.

Tugas setan memang menggoda dan mempengaruhi manusia agar menjadi golongan yang tersesat. Sebagai seorang Muslim kita harus senantiasa berlindung kepada Allah Swt dari godaan setan yang terkutuk. Maka pada akhirnya kita dianjurkan untuk melakukan amalan agar terhindar dari godaan setan.

Setidaknya berikut ini terdapat lima amalan yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari godaan setan.

1. Senantiasa Memohon Perlindungan Allah SWT

Tameng paling utama ialah kita tak henti memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan karena memohon perlindungan kepada Allah SWT punya dampak yang luar biasa besar dalam menahan dan mengendalikan godaan setan.

2. Tidak Lalai dalam Beribadah

Agar menjadi muslim yang taat dan terhindar dari godaan setan maka berkomitmenlah untuk tidak lalai menunaikan ibadah shalat dan mengerjakannya tepat waktu. Salah satunya menjalankan kewajiban shalat. Sebab shalat merupakan ibadah yang utama dan memiliki pengaruh terhadap diri seorang Muslim. Bahkan setan pun tidak punya kekuatan merasuki jamaah Muslim yang sedang mengerjakan shalat.

3. Istiqamah Tilawah

Istiqamahlah dalam membaca Alquran, jika mampu minimal 1 juz dalm sehari belum mampu maka bacalah permulaan dan akhir surat Al-Baqarah, atau ayat Kursi, dan konsisten mengucapkan dzikir pagi, sore, serta menjelang tidur. 

4. Senantiasa Berpegang Teguh pada Allah SWT

Hanya Allah Swt sejatinya yang mampu menolong kita. Maka teruslah meminta pertolongan kepada Allah SWT dan berpegang teguh pada-Nya serta menjalankan perintah-Nya baik dalam perkataan maupun perbuatan. 

5.  Menjadi Muslim yang Bertakwa

Ini merupakan harga mati seorang muslim. Maka jadilah muslim yang bertakwa, adapun bertakwa diartikan sebagai sikap taat dan patuh menjalankan apa yang diperintahkan Allah SWT dan Rasul-Nya serta menjauhi larangan-Nya. 

Wallahu a’lam bishawab

(GE – DIN)

Scroll to Top