SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram  

Bagikan:

AshefaNews – Tentunya sebagai umat Islam kita harus mengetahui bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram. Dan yang pasti karena ada alasannya, yaitu apabila sesuatu yang haram dimasukkan ke tubuh kita maka hal tersebut akan membuat hidup tidak berkah. 

Selain tidak berkah, itu juga bisa mengganggu kesehatan, oleh sebab itulah kita tentunya harus berhati hati dengan cara menghindari makanan dan minuman yang haram bagi tersebut. 

Berarti kali ini kita akan membahas lebih dalam bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang diharapkan oleh Allah. Jadi, simak terus artikel ini hingga selesai.

Mengidentifikasi Makanan Halal atau Haram

Melihat makanan dan minuman yang Halal itu sangat penting untuk umat muslim, walaupun negara kita miliki mayoritas Islam tapi sedikit dari kita yang melihat terlebih dahulu makanan dan minuman yang dikonsumsi Halal atau tidak. 

Karena banyak dari umat muslim mengira bahwa setiap makanan yang di sediakan itu halal dan tidak haram di konsumsi, akibat pemikiran kita yang kuat akan hal tersebut akan membuat kita berpotensi bahwa setiap makanan yang dikonsumsi sudah jelas Halalnya. 

Untuk umat muslim hendaknya mengecek terlebih dahulu logo Majelis Ulama Indonesia atau MUI pada produk makanan dan minuman yang hendak di konsumsi. Jika produk tersebut tidak memiliki logo MUI maka kamu harus lebih berhati hati dalam menggunakan produk karena bisa saja produk tersebut belum diuji coba oleh pihak MUI atau memang produk tersebut belum jelas halal nya. 

Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

1. Perhatikan Ketentuannya

Pertama, kamu harus memperhatikan ketentuan minuman dan makanan yang haram yang pastinya telah ditentukan oleh Allah SWT, kamu bisa mengenalnya dengan melihat kode halal atau logo halalnya.

2. Berhati-hati Memilih Makanan atau Minuman yang belum Jelas

Kedua, kamu juga harus berhati hati dalam memilih makanan yang belum jelas ketentuan halal atau haramnya, namun dengan mengkonsumsi vegetarian itu sangat dianjurkan dalam Islam. 

3. Pilih Tempat Makan yang Halal

Ketiga, jika kamu ingin makan diluar hendaklah kamu memilih tempat makan yang sudah memiliki logo halal atau sudah jelas ketentuan halal atau haramnya bagi umat muslim. 

4. Periksa Kandungan dalam Produk

Keempat, kamu harus terlebih dahulu memeriksa kandungan yang terdapat di dalam produk makanan dan minuman yang akan dikonsumsi tersebut. Tapi harus lebih diutamakan dengan memasak dan membuat makanan sendiri dengan bahan bahan yang sudah jelas halalnya. 

5. Pastikan Pembuatan Makanan Pakai Alat yang Berbeda dengan Makanan Haram

Kelima, jika kamu makan di tempat yang menjual makanan haram dan halal, maka kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa pisau atau wadah yang digunakan bukan bekas dari makanan haram seperti daging babi. Karena sudah jelas diterangkan dalam Islam bahwa pisau yang sudah digunakan untuk memotong daging yang haram seperti babi, maka hendaklah di samak terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memotong daging yang halal seperti ayam atau ikan. 

6. Pahami Makanan yang Dilarang Allah

Keenam, yaitu Kamu harus memahami makanan dan minuman yang dilarang oleh allah untuk dikonsumsi. Dalam surah Al Maidah ayat 3, Allah telah melarang makanan seperti daging babi, bangkai, darah sampai daging yang halal tapi tidak disembelih atas nama Allah SWT. 

حرَّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلْ الله به وَالْمُنخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدْيَةُ لِغَيْرِ والنطيحةُ وَمَا أكل الشبع إلا ما ذَكَيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النَّصْبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامُ ذَلِكُمْ فَسَقُ الْيَوْمَ يبس الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمْ الإسلام ديناً فَمَنِ اضْطَرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفِ لإِثْمُ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ ۳

Artinya: 

” Diharamkan bagi kamu memakan bangkai, darah, daging babi dan daging hewan yang disembelih bukan atas nama Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang terjatuh, yang ditanduk dan yang diterkam oleh binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih.”

(Al Maidah ayat 3) 

Selain dari pada itu, Allah juga sudah melarang khamr atau biasa disebut minuman keras. Allah SWT melarang sesuatu yang memabukkan, jadi dengan mengetahui daftar daftar makanan dan minuman apa saja yang haram maka akan membuat kita lebih selektif. 

7. Tanyakan Langsung pada Pembuat Makanan dan Minuman

Ketujuh, jika kamu makan diluar dan kamu ragu dengan bahan yang digunakan, maka kamu harus bertanya langsung tentang bahan bahan yang digunakan oleh pembuat.

Jika kita sudah mengetahui mana makanan yang haram, maka kita bisa bertanya langsung kepada pedagang tentang bahan apa saja yang digunakan dalam proses pembuatan. Dan jika kamu membeli makanan di kaki lima maka kamu juga akan melihat proses pembuatan makanan tersebut. Jangan pernah ragu untuk bertanya bahan apa saja yang digunakan, jika pedagang menggunakan bahan yang halal maka dia tidak akan keberatan untuk menjelaskan bahan apa saja yang digunakannya. 

8. Hindari Restoran yang Banyak Menjual Makanan atau Minuman Haram

Kedelapan, kamu juga harus menghindari tempat makanan atau restoran yang mayoritasnya menjual makanan dan juga minuman yang haram. Ini biasanya ada di luar negeri, kamu akan kesulitan untuk menemukan tempat makan yang menjual makanan yang halal. Namun, bukan berarti kamu juga harus pergi makan ke tempat makanan yang menjual makanan haram. 

Kamu bisa mencari informasi di internet atau menanyakan langsung dengan warga sekitar dimana tempat yang sudah pasti ketentuannya menjual makanan yang halal.

9. Hindari Menonton Konten Makanan dan Minuman Haram

Kesembilan, untuk kamu yang suka menonton acara-acara tv atau tayangan lainnya, maka hendaklah kamu tidak terlalu sering menonton konten makanan dan minuman yang haram bagi umat muslim. 

Tanpa disadari, banyak dari umat muslim yang menonton konten makanan haram serta alkohol dalam Kdrama, ASMR kulit babi atau pemotongan babi guling sampai banyak yang menyaksikan makanan dan minuman yang haram bagi umat Islam 

Mungkin kamu akan menyadari bahwa makanan haram yang kamu tonton tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh umat Islam dan tentunya kamu tidak akan mengkonsumsinya. Namun, jika kamu terlalu sering menonton konten seperti itu maka hal tersebut akan membuat kamu merasa tergiur dan penasaran akan rasanya. 

Oleh sebab itu, kamu harus mengurangi menonton konten konten seperti itu untuk menghindari rasa penasaran kamu. Dan jangan salah paham, disini kita tidak bermaksud untuk membenci atau tidak menyukai konten yang dibuat oleh mereka akan tetapi kita hanya menghindari agar tidak menimbulkan rasa penasaran. 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghindari makanan dan minuman yang haram yang bisa Kita lakukan. Hari ini Tentunya sangat penting bagi kamu sebagai umat muslim. Semoga artikel ini dapat bermanfaat setelah dibaca.

(FR – Alia)

Scroll to Top