SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Fakta Menarik Lagu Dangdut dan Rekomendasi yang Terpopuler

Bagikan:

AshefaNews – Seringkali musik dangdut dicap sebagai musik kampungan oleh beberapa kalangan masyarakat. Akan tetapi, apakah kalian tahu terdapat fakta-fakta menarik mengenai musik dangdut? 

Nah, berikut ini ada beberapa fakta yang menarik seputar musik dangdut yang perlu diketahui, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Fakta Menarik Mengenai Lagu Dangdut

Ada beberapa fakta menarik mengenai lagu dangdut yang bisa diketahui, sebagai berikut:

  1. Dangdut Berasal dari Indonesia

Dangdut merupakan musik yang berasal dari Indonesia. Genre musik dangdut dicetuskan oleh Musik Melayu Deli yang lahir di Sumatera Utara sekitar tahun 1940. Dari aliran musik tersebut, mulai berkembang beberapa musik melayu dan merambah ke Jakarta. 

Terdapat unsur-unsur yang terkandung dalam musik dangdut yaitu ada campuran dari musik Melayu, India, dan Arab. Hal ini dikarenakan, dahulu banyak pedagang Arab yang membawa musik gambus dan qasidah. Dengan adanya transformasi yang perlahan-lahan, musik dangdut menemukan bentuk sesungguhnya seperti yang didengar saat ini.

  1. Ahli Dangdut dari Amerika

Selain menjadi identitas negeri, ternyata ahli dangdut merupakan seseorang berasal dari Amerika yaitu Profesor Andrew Weintraub. Dia melakukan penelitian mengenai seluk beluk musik dangdut sejak tahun 1984, saat dia masih berkuliah pada program sarjana. Hasil dari penelitian tersebut mengenai musik dangdut, Sobat bisa membacanya lewat buku yang berjudul “Dangdut, Musik, Identitas, dan Budaya Indonesia.”

  1. Musik Sejuta Umat

Musik dangdut hingga saat ini sudah membuktikan bahwa musik ini bisa mendunia dan menjangkau segala kalangan masyarakat. Selain itu, musik dangdut secara konsisten selalu hadir di televisi Indonesia hingga membuat orang-orang ketagihan dengan musik ini.

  1. Disukai Hingga Mancanegara

Selain disukai oleh kalangan masyarakat Indonesia, ternyata dangdut cukup digemari oleh orang-orang luar negeri. Salah satunya di negara Jepang, di Jepang terdapat  OM RANEMA (Orkes Melayu Rakyat Negeri Matahari) yang merupakan salah satu band dangdut yang terkenal di Jepang. Serta, terdapat funkot yang merupakan sebuah jenis musik yang memasukan unsur-unsur dangdut dan campursari yang cukup terkenal di Jepang.

Adapun,wanita berasal dari Rusia, Alina Saraswati yang mencoba membawakan sebuah single berjudul “Pengen Kawin” di industri hiburan. Menurut wanita yang memiliki nama asli Alina Salimgareeva, menyatakan bahwa musik dangdut begitu keren hingga dia mengagumi dan mencintai musik dangdut.

  1. Membuat Hati Senang dan Tubuh Sehat

Lirik-lirik dari lagu dangdut seringkali membuat seseorang dapat melupakan masalah sejenak dan bersenang-senang dengan mengajak bergoyang untuk menikmati setiap alunan nadanya. Tidak hanya itu, musik dangdut dapat membuat tubuh menjadi sehat, karena goyangan dalam lagu dangdut membuat seseorang seperti sedang berolahraga sambil menikmati keseruan musik dangdut.

  1. Sebagai Senjata Pemanggil Massa

Hal yang menarik lainnya dari musik dangdut yaitu pada kenyataanya musik dangdut sangat berguna untuk mengumpulkan massa di berbagai acara, mulai dari acara pernikahan di desa, syukuran sampai acara-acara yang berbau politik. Tidak heran, jika musik jenis ini sering digunakan sebagai alat kampanye politik.

  1. Memiliki Goyangan dan Notasi yang Khas

Penyanyi yang menyanyikan musik dangdut memiliki goyangan khas yang aduhai, sehingga seringkali hal ini menjadi kontroversi dari beberapa kalangan masyarakat. Setiap penyanyi dangdut pun memiliki goyangan khas tersendiri.

  1. Musik Dangdut akan Didaftarkan ke UNESCO

Pemerintah pernah memiliki rencana untuk mematenkan musik dangdut yang asli tanah air ini ke UNESCO. Pada tahun 2012, Agung Laksono yang saat itu menjabat sebagai Menko Kesra sempat mengajukan dangdut sebagai salah satu Warisan Budaya Indonesia kepada UNESCO. Namun, hingga saat ini belum ada kabar lagi mengenai itu.

Kalau kita tidak melestarikan musik ini, nantinya musik dangdut akan diklaim oleh negara lain. Semoga rencana ini segera direalisasikan.

  1. Sering Mengangkat Isu-Isu Politik dan Sosial 

Lirik-lirik yang ada pada lagu dangdut, biasanya seringkali mengangkat pembahasan mengenai isu-isu politik dan sosial, serta mengajak dan mengingatkan ajaran-ajaran agama Islam. Sangat unik dan menarik sekali ya genre musik dangdut ini untuk didengar.

Daftar Penyanyi Musik Dangdut Indonesia

Nah, berikut ini ada beberapa penyanyi dangdut yang pernah mewarnai permusikan Indonesia! Siapa saja kira-kira? Yuk, kita lihat ada siapa saja penyanyi dangdut di Indonesia

  1. Inul Daratista

Hampir semua kalangan masyarakat Indonesia mengenal Inul Daratista. Penyanyi satu ini terkenal dengan gaya Goyang Ngebor yang merupakan salah satu penyanyi dangdut paling hits pada zamannya. Selama 20 tahun karirnya, Inul sudah meliris kurang lebih dari 19 single lagu sejak 2003. Nah, salah satu single pertamanya yang berjudul “Goyang Inul” ini merupakan salah satu puncak dan asal usul dari Inul Daratista. 

Selain itu, inul juga sudah merilis sebanyak 13 album sejak tahun 2002. Inul masih sering tampil di acara-acara televisi dalam berbagai posisi, salah satunya menjadi juri di Liga Dangdut Indonesia.

  1. Rhoma Irama

Rhoma Irama merupakan salah satu penyanyi dangdut yang sangat legendaris. Rhoma Irama sudah memulai karirnya sejak tahun 1967 dan mendapatkan julukan sebagai “The King of Dangdut”. Pria yang lahir dari kota Tasikmalaya ini telah merilis puluhan album dan single selama karirnya. Dan salah satu single yang paling populer di tanah air berjudul “Begadang”.

  1. Elvy Sukaesih

Elvy Sukaesih memiliki julukan sebagai Ratu Dangdut. Elvy Sukaesih  yang lahir pada 25 Juni 1951 ini merupakan penyanyi dangdut legendaris. Elvy Sukaesih memulai karir dari pemeran bintang film, acara televisi, hingga masuk dalam dunia musik dangdut. Pada tahun 1964, untuk pertama kalinya karir beliau di dunia musik dan menjadi penyanyi dangdut.

  1. Dewi Persik

Dewi Persik mengawali karir pada tahun 2003 yang dipenuhi oleh berita-berita sensasional dan kontroversi, namun tidak menutupi akan prestasi di dunia musik tanah air lho, khususnya pada musik dangdut. Selama karirnya, Dewi Persik memiliki dua studio album yang berjudul “Bintang Pentas” pada tahun 2003 dan “Semua Karena Cinta” pada tahun 2017. Dewi Persik juga telah berkolaborasi dengan berbagai penyanyi di tanah air salah satunya adalah Glenn Fredly, Ahmad Dhani, Roy, Jeconiah dan Fabio. Selain di dunia musik dangdut, Dewi Persik telah memerankan banyak film dan ftv, salah satu film yang sangat populer saat itu adalah Tali Pocong Perawan yang dirilis pada tahun 2008.

Rekomendasi Lagu-Lagu Dangdut 2023

Saat ini lagu dangdut, mulai diminati kembali oleh kalangan masyarakat karena asik untuk  dinyanyikan sambil berdendang. Berikut ini rekomendasi lagu dangdut terbaru tahun 2023!

  1. Widodari – Denny Caknan Feat Guyon Waton

Widodari dalam bahasa Indonesia yang artinya adalah bidadari. Lagu ini menceritakan tentang kisah cinta orang yang sangat bersyukur karena telah mendapatkan kekasih yang baik layak bidadari.

  1. Ojo Dibandingke – Denny Caknan ft. Abah Lala\

Lagu ini diciptakan oleh Abah Lala yang pertama kali dinyanyikan oleh Denny Caknan. Lagu ini sempat viral setelah dinyanyikan oleh seorang pengamen cilik asal Banyuwangi yang bernama Farel Prayoga. Selain itu, lagu ini memiliki makna yang menyentuh hati, dimana mengisahkan kesedihan seseorang yang terus dibandingkan dengan orang lain.

  1. Jual Cinta – Pamela Safitri Duo Serigala

Lagu ini menceritakan tentang kekesalan seseorang terhadap kekasihnya, dimana sang kekasih ternyata menghianatinya dengan menjual cintanya.

Nah, itu dia pembahasan mengenai fakta menarik mengenai lagu dangdut dan daftar penyanyi dangdut yang ada di Indonesia. Musik dangdut memang hampir redup, oleh karena itu sebaiknya kita terus melestarikan musik dangdut ini. Karena, selain memiliki lirik dan irama yang menyenangkan hati, musik dangdut memiliki sejarah yang cukup menarik.

Semoga saja, dengan adanya sejarah yang ada pada musik dangdut Indonesia ini dapat menjadikan sebuah warisan budaya Indonesia yang tetap terjaga keotentikannya. 

Jangan lupa untuk memulai hari dengan musik dangdut ya Sobat!

(GE – BUN)

Scroll to Top