SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

8 Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Tepat

Bagikan:

AshefaNews – Menggunakan rangkaian urutan skincare tidak semudah apa yang dibayangkan. Tahukah, bahwa untuk urutan skincare pagi dan malam itu berbeda. 

Contohnya berbicara mengenai urutan skincare pagi, pasti tidak lepas menggunakan sunscreen tentunya. Sunscreen menjadi salah satu paket lengkap dari urutan skincare pagi dan berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari. 

Setelah itu, pada saat menggunakan skincare pada malam hari. Anda tidak membutuhkan penggunaan sunscreen lagi. Meski terbilang sederhana, Anda harus memperhatikan dengan benar mengenai urutan penggunaan skincare guna mendapatkan hasil semaksimal mungkin. 

Untuk menjawab rasa bingung, sebagai berikut merupakan urutan skincare yang benar. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini. 

Urutan Skincare Lengkap 

Sebelum mengetahui mengenai urutan skincare yang benar, tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu kenapa menggunakan skincare sesuai urutan itu penting. Salah satunya, karena di dalam skincare terdapat zak atif yang saling berelasi satu sama lain apabila diaplikasikan pada kulit. Mengetahui urutan skincare yang baik bisa membantu lifestyle kamu jadi lebih istimewa.

Maka dari itu, untuk mengaplikasikan skincare dengan urutan yang tepat ini bisa membuat kulit siap menerima produk. Lihat urutan penggunaan skincare yang lengkap sebagai berikut : 

1. Make up Remover 

Urutan skincare yang pertama adalah menggunakan make up remover. Fungsi dari make up remover adalah untuk mengangkat sisa kotoran maupun makeup yang menempel di kulit wajah. 

Selain itu, penggunaan make up remover ini tidak boleh ditinggalkan agar kulit wajah siap menerima nutrisi dan urutan skincare selanjutnya. Pastikan juga Anda memilih makeup remover yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan kulit. 

2. Facial Foam 

Setelah menggunakan make up yang bisa digunakan benar-benar terangkat, untuk urutan skincare selanjutnya yaitu mencuci kulit wajah menggunakan facial foam yang lembut di kulit wajah. Pada urutan ini, Anda bisa mengandalkan produk kulit wajah yang bisa memberikan tampilan tampak sehat dan bersih secara optimal.

3. Toner 

Setelah membersihkan wajah menggunakan cleanser dan facial foam, untuk urutan skincare routine selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Penggunaan toner pada wajah ini mempunyai fungsi agar mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah melakukan pencucian muka. 

Sehingga, kulit wajah tetap bisa terasa lembab. Selain itu, toner juga digunakan untuk mengangkat sisa kotoran di wajah yang masih tertinggal. Untuk mengaplikasikan toner, Anda bisa menggunakan kapas maupun diteteskan langsung di bagian telapak tangan. 

Setelah itu, bisa diusap secara lembut ke bagian kulit wajah. Penting untuk diingat bahwa kapas yang mau digunakan atau telapak tangan sudah benar-benar berada di kondisi bersih. 

4. Essence 

Apabila menggunakan toner di aplikasi di wajah sudah benar-benar kering, maka untuk urutan skincare selanjutnya adalah mengaplikasikan essence. Pada dasarnya, penggunaan essence kini mempunyai tekstur yang sedikit lebih kental dibandingkan menggunakan toner. Fungsi penggunaan essence, yaitu untuk mempersiapkan kulit agar siap menerima dan menyerap rangkaian skincare selanjutnya agar lebih maksimal. 

5. Serum 

Nah, setelah menggunakan essence maka urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan serum. Sebelum menggunakan serum, pastikan terlebih dahulu kalau essence sudah kering setidaknya 80%. Apabila Anda menggunakan terburu-buru, maka produk skincare yang digunakan tidak terserap dan tidak bisa memberikan nutrisi maksimal pada kulit. 

6. Moisturizer 

Meskipun Anda sudah menggunakan toner, essence dan serum yang mempunyai fungsi untuk melembabkan kulit. Ada juga skincare terakhir yang bisa digunakan agar kulit tetap terasa lembab.

Nama skincare tersebut adalah mositurizer. Sesuai dengan namanya, untuk moisturizer ini mempunyai peran yang besar untuk mengunci maupun menjaga kelembaban pada kulit wajah. 

Tidak hanya itu, menggunakan moisturizer ini juga bisa membuat wajah terlihat glowing. Paling pentingnya lagi, ketika menggunakan moisturizer ini bisa membuat riasan wajah bisa bertahan semakin lama. 

7. Sunscreen 

Urutan skincare yang satu ini harus dilakukan atau tidak boleh dilewatkan.  Tentu saja, Anda tahu bahwa bahayanya sinar UV berlebih bagi kulit wajah. Sinar UV ini bisa membuat penuaan dini, sunburn, bintik hitam dan resiko terjadinya kanker kulit. 

Percayalah semua itu bisa dirasakan, apabila Anda malas menggunakan sunscreen. Jadi, Anda bisa memastikan menggunakan sunscreen setelah moisturizer atau sebelum menggunakan makeup dan beraktivitas. 

Sehingga, dengan tersebut kulit bisa terlindungi dari bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan banyak masalah. Terutama terjadinya penuaan dini. 

8. Sheet Mask 

Urutan skincare yang betul dan bisa digunakan untuk menutrisi kulit adalah menggunakan sheet mask. Menggunakan sheet mask ini mempunyai sifat secara opsional, tapi sangat direkomendasikan 

Ketika ingin memberikan nutrisi ekstra untuk kulit agar tetap lembab dan kenyal,, maka bisa menggunakan sheet mask sepanjang hari dengan kandungan essence di dalamnya. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan sheet mask setiap 2x seminggu. 

Proses penyerapan penggunaan sheet mask yang terbaik adalah 20 menit dan langsung membersihkan menggunakan makeup remover dan facial foam. Anda bisa mengaplikasikan toner di wajah terlebih dahulu agar kulit tidak kering dan siap menerima essence yang diberikan oleh sheet mask. 

Alasan Menggunakan Urutan Skincare 

Terkadang ada beberapa orang yang beranggapan, bahwa menggunakan skincare urut ini tidak penting. Pada kenyataanya, ada 4 alasan kenapa harus menggunakan skincare secara urut, yaitu : 

1. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah 

Alasan pertama menggunakan urutan skincare adalah menjaga kebersihan kulit wajah dari bakteri maupun kotoran lainnya. Contohnya, setelah melakukan aktivitas di luar ruangan. Maka sangat disarankan menggunakan produk facial wash maupun pencuci muka Produk skincare yang satu ini bisa membantu di dalam membersihkan wajah dari kotoran yang menempel akibat aktivitas di luar ruangan. 

2. Membersihkan Nutrisi Kulit Wajah 

Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di luar ruangan. Hal ini tentunya bisa membuat kulit wajah lebih mudah terpapar oleh sinar matahari, debu, asap rokok dan masih banyak lainnya. 

Maka dari itu, menggunakan skincare ini bisa membantu dan memberikan nutrisi pada kulit wajah yang  lelah akibat aktivitas di luar ruangan. Dengan mendapatkan asupan nutrisi yang ada di dalam skincare, maka bisa membuat kulit wajah semakin segar, cerah dan tetap bersinar meski melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. 

3. Membantu Melembutkan Kulit Wajah 

Menggunakan skincare secara rutin ini juga sangat baik untuk menjaga agar tetap kenyal dan lembut. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda memilih skincare yang mempunyai kandungan kolagen. 

Pasalnya, untuk kolagen ini sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, dengan adanya kandungan kolagen ini bisa membuat kulit wajah bisa terasa lebih kenyal dan elastis. 

4. Menghindari Munculnya Dark Spot 

terkena paparan sinar matahari yang berlebih ini tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Salah satu masalah yang sering muncul adalah timbul dark spot di area wajah. Dark spot merupakan bintik hitam yang akan mengganggu penampilan. 

Maka dari itu, untuk masalah ini harus dicegah dengan menggunakan skincare secara rutin. Apalagi untuk kalangan wanita yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung. 

Itulah urutan skincare dan alasan penting menggunakan skincare secara rutin. Semoga bisa bermanfaat. 

(GE – ANG)

Scroll to Top