SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Inilah Tips Membangun Hubungan yang Sehat dengan Pasangan

Bagikan:

AshefaNews – Tips membangun hubungan yang sehat perlu dilakukan agar hubungan tetap langgeng dan bahagia. Cara yang dapat dilakukan yaitu saling menghargai satu sama lain, jujur dan terbuka dalam hal apapun, meluangkan waktu untuk quality time bersama, memberi ruang untuk tumbuh masing-masing dan sebagainya. 

Hubungan yang sehat adalah hubungan yang dimana kedua belah pihak saling memahami, menghormati dan mendukung. Tidak perlu ada yang mendominasi satu sama lain dan mana yang paling kuat dan hebat. 

Karena suatu hubungan yang sehat akan tumbuh jika keduanya saling menjaga perasaan pasangannya. Ketahui lebih jelas mengenai tips membangun hubungan yang sehat di artikel ini.

Tips Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membangun hubungan yang sehat dengan pasangan, diantaranya yaitu : 

Saling menghargai satu sama lain

Tips membangun hubungan yang sehat bisa diawali dengan sikap saling menghargai. Hubungan sehat memiliki kedudukan yang adil antara dua orang dalam hubungan. Saling menghargai juga dapat membuat suatu kondisi tidak ada yang derajatnya lebih tinggi atau merasa paling istimewa. 

Rasa saling menghargai dengan pasangan bisa ditunjukan dengan sikap : 

  • Meminta maaf jika membuat kesalahan, baik itu kesalahan kecil sekalipun
  • Mengakui kesalahan yang diperbuat
  • Mengucapkan terimakasih atas hal baik yang telah dilakukan pasangan kepada anda
  • Tidak berlaku kasar dalam berkata ataupun secara fisik

Sikap di atas akan menunjukkan bahwa anda sangat menghargai pasangan. Sehingga pasangan pun akan melakukan hal yang sama. 

Jujur dan terbuka dalam hal apapun

Kejujuran dalam suatu hubungan sangatlah penting. Untuk itu jika ingin membangun hubungan yang sehat dengan pasangan, jujur dan terbuka dalam hal apapun. Karena hubungan antara dua orang yang kuat pasti akan saling mengerti jika ada suatu hal yang dibicarakan secara jujur walaupun kadang tidak sesuai yang diharapkan atau mengecewakan.

Atau jika dalam hubungan ada hal yang mengganjal pada pasangan, bicarakan secara terbuka agar bisa diubah oleh pasangan dengan tidak melakukannya lagi. Menyimpan masalah kecil ataupun besar dari pasangan akan menimbulkan salah paham hingga pertengkaran. 

Luangkan waktu untuk quality time 

Membangun hubungan yang sehat juga perlu banyak quality time. Jika sama-sama sibuk setidaknya luangkan waktu sedikit untuk bertemu, bertatap muka saling berbicara agar menambah keintiman hubungan.

Saat quality time dengan pasangan hindari pikiran lain, jauhkan ponsel agar waktu yang dihabiskan bersama pasangan berkualitas. Jangan campur adukan masalah pekerjaan saat sedang bersama pasangan. 

Cobalah aktivitas baru seperti mengunjungi tempat wisata atau tempat makan yang belum pernah dikunjungi. Nikmati waktu berdua bersama, dengan begitu hubungan yang dijalani akan semakin erat dan bahagia.

Memberi ruang untuk tumbuh masing-masing

Hubungan yang sehat akan saling memberi ruang untuk tumbuh berkembang masing-masing sesuai minatnya. Jangan mengekang pasangan, beri kebebasan asal positif. Dua individu yang menjalani hubungan akan mengalami perbedaan passion, tidak selalu mempunyai kesamaan.

Biasanya hubungan menjadi tidak sehat karena tidak memiliki ruang untuk tumbuh masing-masing sesuai passion. 

Saling percaya satu sama lain

Kepercayaan adalah individu yang bersedia untuk menggantungkan diri pada pihak lain dengan resiko tertentu. Rasa percaya akan membangun sebuah ikatan dalam sebuah hubungan. Tanpa kepercayaan dalam suatu hubungan akan banyak kecurigaan yang timbul mengakibatkan pertengkaran dan rentan mengalami perpisahan.

Apalagi hubungan jarak jauh yang tidak bisa selalu bersama, hal itu diperlukan rasa percaya yang kuat akan segala hal dan aktivitas yang dilakukan oleh pasangan. 

Jangan menuntut

Dalam suatu hubungan yang sehat, untuk membangunnya harus menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan menuntut pasangan untuk bersikap seperti yang anda inginkan. Tetapi jika pasangan melakukan yang buruk atau tidak baik bukan berarti diam saja. Sampaikan perasaan tersebut secara baik-baik. 

Jangan langsung menuntut pasangan untuk berubah, karena perlu menyesuaikan keadaan. Misalnya ingin pasangan berhenti merokok karena kurang baik untuk kesehatannya didukung karena mempunyai penyakit asma. Berkomunikasi lah dengan pelan-pelan bicarakan resiko yang dapat terjadi, jangan memaksa langsung untuk berhenti. 

Saling peduli dan mau terlibat

Hubungan yang sehat dan harmonis memiliki ikatan batin yang kuat. Mau berkompromi satu sama lain. Rasa saling peduli wajib dilakukan diikuti mau terlibat dalam segala situasi, agar tetap langgeng dan harmonis. 

Misalnya saat pasangan sakit atau membutuhkan bantuan di lingkungan keluarganya, bantu dan terlibatah dalam masalahnya. Saling peduli akan meningkatkan rasa cinta dan sayang dalam hubungan.

Kesabaran 

Membangun hubungan yang sehat perlu rasa sabar saat suatu hubungan mengalami kesulitan. Misalnya sedang terpisah jarak yang memerlukan rasa sabar. Atau jika hubungan anda dan pasangan ada yang mengganggu, jangan kalah dengan masalah, rasa sabar diperlukan agar hubungan tetap kuat dan tidak terpisahkan. 

Kesabaran dapat membuat segala masalah dapat selesai tanpa perpisahan. Jika dihadapi dengan emosi yang tidak stabil tidak akan berjalan sehat dan akan putus di tengah jalan.

Apresiasi dalam hubungan 

Bersyukur mempunyai pasangan saat ini perlu dilakukan. Semakin bersyukur akan hubungan yang dimiliki, semakin pasangan anda merasa dihargai dan disayangi. Berikan apresiasi pada pasangan akan membuat hubungan sehat dan semakin romantis.

Sempatkan waktu untuk mengucapkan terima kasih pada pasangan atas segala hal baik yang dilakukan selama ini pada anda. Karena hal tersebut bisa membuat hubungan semakin berarti dan bahagia.

Menghormati pasangan 

Hubungan yang baik dan sehat ditandai dengan saling menghormati pasangan. Bisa dimulai dengan tidak meremehkan tindakan yang dilakukan pasangan pada anda. Misalnya pasangan memberikan hadiah tetapi tidak sesuai yang diinginkan, jangan langsung tidak menerima hadiahnya. 

Menghormati pasangan bisa dilakukan juga dengan tidak berbicara kasar dan saat pasangan dengan berbicara dengan anda, dengarkan secara baik-baik jangan memotong pembicaraannya. Hubungan yang diikuti rasa hormat antar pasangan akan membuat hubungan lebih awet dan sehat. 

Kesimpulan

Memiliki pasangan sudah menjadi lifestyle bagi banyak orang, oleh karena itu penting untuk memiliki hubungan yang sehat.

Tips membangun hubungan yang sehat sehat dengan pasangan yaitu dengan saling menghargai satu sama lain bisa dicerminkan sikap meminta maaf saat melakukan kesalahan, tidak berlaku kasar secara fisik maupun perkataan. Jujur dan terbuka dalam segala hal agar tidak ada yang ditutup-tutupi. Luangkan waktu untuk quality time mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi, fokus pada waktu bersama tanpa gangguan lain.

Memberi ruang untuk tumbuh masing-masing sesuai passion, jangan mengekang untuk menjauhi hobinya. Saling percaya pada pasangan apalagi yang menjalani hubungan jarak jauh, tidak menuntut seperti yang anda inginkan, ikuti saja prosesnya. 

Saling peduli dan mau terlibat dalam urusan pasangan dan saat mengalami kesulitan, sabar ketika ada masalah dalam hubungan, apresiasi hubungan seperti mengucapkan terimakasih atas tindakan yang dilakukan pasangan serta saling menghormati.

(GE – RFA)

Scroll to Top