SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mengenal Eksfoliasi Wajah yang Tepat agar Kulit Tetap Sehat

Bagikan:

AshefaNews – Setiap orang terutama wanita pasti menginginkan kulit wajah yang lebih bersih cerah dan Glowing. Maka dari itu perlu untuk melakukan eksfoliasi wajah untuk mendapatkan kondisi kulit tersebut. 

Cara eksfoliasi sendiri tidak sulit, hanya dari rumah saja Anda sudah bisa melakukannya. Bahkan tidak perlu menggunakan produk mahal hingga alat berkualitas untuk melakukan eksfoliasi. 

Lantas bagaimana cara yang tepat dan benar? Terutama untuk pemula yang ingin menjaga lifestyle nya? Langsung saja ikuti penjelasan secara lebih lengkap berikut ini. 

Apa itu Eksfoliasi Wajah?

Hingga saat ini masih banyak yang belum tahu secara pasti tentang eksfoliasi wajah. Padahal ini termasuk salah satu hal penting untuk membuat kulit wajah terlihat lebih sehat dan cerah. 

Secara umum, eksfoliasi adalah sebuah perawatan dengan tujuan mengangkat sel-sel kulit mati dan debu kotoran yang menempel di permukaan kulit. Proses ini mampu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan bersih. 

Ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan tahapan yang tepat dan dilakukan secara rutin. Eksfoliasi juga dapat membuat kulit wajah terhindar dari jerawat dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.

Bahkan eksfoliasi ini bisa Anda coba hanya dari rumah saja. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Produk Eksfoliasi Wajah untuk Pemula

Sekarang ini sudah banyak produk eksfoliasi wajah yang bisa dengan mudah Anda temui di pasaran. Namun, jangan sampai memilih produk sembarangan pastikan produk tersebut sesuai dengan kondisi kulit. 

Terutama untuk para pemula hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Anda juga bisa menyimak beberapa rekomendasi produk eksfoliasi untuk pemula yang memberikan hasil maksimal. 

1. Neogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Rekomendasi produk yang pertama ada Neogen Dermalogy Bio-Peel Gauze Peeling Lemon. Eksfoliasi ini dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan noda di kulit bahkan akan membuat kulit lebih cerah dari sebelumnya. 

Produk Neogen Dermalogy ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat memberi kesegaran dalam kulit. Selain itu, juga ada kandungan dari serai yang dapat mengencangkan dan menjadi elastisitas kulit. 

Penggunaan produk ini sebaiknya dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. 

2. Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser dengan Scrub Beta Plus 

Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser Scrub Beta Plus merupakan salah satu produk eksfoliasi wajah berjerawat yang tepat. Produk yang satu ini akan membantu jerawat kering lebih cepat dan mengatasi produksi minyak berlebih. 

Baik pria maupun wanita bisa menggunakan produk ini untuk sehari-hari karena sudah mengandung formula yang aman. Produk ini juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi. 

Gunakan produk ini dua hingga tiga kali dalam sehari. 

3. Avoskin Miraculous Refining Serum

Selanjutnya ada produk eksfoliasi wajah Avoskin Miraculous Refining Serum. Sebuah produk yang terbukti ampuh dalam membantu mencerahkan dan melembutkan kulit wajah. 

Avoskin akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dalam wajah. Selain itu, juga akan membuat warna kulit menjadi lebih rata, mengatasi komedo dan jerawat hingga memperbaiki tekstur kulit. 

Saat pertama kali menggunakan, disarankan untuk memakainya maksimal tiga kali dalam seminggu.

4. St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Kali ini ada produk St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub yang cocok untuk membuat kulit lebih sehat dan cerah. Kandungan vitamin C dan E didalamnya akan membuat kulit menjadi lebih bercahaya, lembut dan halus. 

Selain itu, ada juga ekstrak buah aprikot yang akan memberikan kesegaran pada kulit. Bahkan produk ini juga mengandung serpihan kulit wanita yang akan memberikan eksfoliasi dengan cara deep cleansing

5. Safi White Expert Deep Exfoliator

Safi White Expert Deep Exfoliator merupakan salah satu produk eksfoliasi wajah yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Hal ini karena produk ini diformulasikan dengan pH yang seimbang agar cocok untuk semua jenis kulit. 

Kandungan ekstrak habbatussauda berkombinasi dengan teknologi oxywhite dan scrub sangat bagus untuk kulit. Ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan noda hitam di area wajah. 

Urutan Eksfoliasi Wajah untuk Pemula yang Mudah

Berhasil menemukan produk eksfoliasi saja tidak akan cukup. Karena Anda juga perlu mengetahui urutan eksfoliasi yang tepat dan benar untuk hasil maksimal. 

Maka dari itu, langsung saja ikuti urutan eksfoliasi wajah untuk pemula di bawah ini. 

1. Pilih Produk Eksfoliasi Sesuai Tipe Kulit 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi dan tipe kulit. Bagi pemilik kulit berminyak, kombinasi, dan normal disarankan untuk menggunakan produk eksfoliasi tipe scrub. 

Sedangkan bagi pemilik kulit sensitif dan kering sebaiknya menggunakan produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Apabila kondisi kulit rentan berjerawat, sebaiknya gunakan Glycolic Acids, Salicylic Acids atau Retinoid. 

2. Eksfoliasi Wajah dengan Lembut

Langkah eksfoliasi wajah alami berikutnya adalah mengambil produk yang sudah Anda pilih sebelumnya dengan cukup. Kemudian usap dengan gerakan memutar pada area wajah. 

Terapkan tahapan ini secara perlahan agar pori-pori wajah tidak cedera, lakukan proses ini selama 30 detik. 

3. Bilas Wajah dengan Air Hangat

Jangan lupa setelah 30 detik, bilas wajah menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih maksimal. Pastikan jika air yang Anda gunakan dalam suhu yang benar-benar hangat bukan panas. 

Air hangat ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan juga membantu membuka pori-pori wajah. Setelah rata, baru usap permukaan wajah dengan air dingin hingga benar-benar bersih agar pori-pori tertutup kembali. 

Jangan untuk mengeringkan wajah dengan handuk yang bersih, permukaan lembut dan hanya diperuntukkan untuk wajah saja. Agar kotoran dan debu dari handuk tidak terbawa permukaan kulit yang telah dieksfoliasi. 

4. Gunakan Facial Wash untuk Membersihkan Wajah

Salah satu langkah yang tidak boleh terlewat adalah menggunakan facial wash untuk membersihkan wajah. Ini berguna untuk memberikan hasil yang maksimal setelah proses eksfoliasi wajah

Gunakan produk facial wash yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.  Agar dapat membantu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan juga mengangkat sel kulit mati. 

5. Lakukan Eksfoliasi Wajah secara Berkala 

Agar mendapatkan hasil kulit wajah yang sehat secara maksimal, Anda perlu melakukan langkah eksfoliasi ini dengan benar. Dan lakukan secara rutin, ini bisa Anda lakukan sekitar 3-4 kali dalam seminggu. 

Namun, jika Anda adalah pemilik kulit wajah sensitif atau kering sebaiknya batasi tindakan eksfoliasi wajah. Dengan cara hanya lakukan eksfoliasi wajah tidak lebih dari 1-2 kali dalam seminggu. 

Anda juga harus menunda eksfoliasi apabila terdapat luka terbuka atau luka bakar pada area kulit wajah. Hindari pula penggunaan produk eksfoliasi untuk wajah ke anggota tubuh yang lain. 

Langkah-langkah eksfoliasi wajah diatas juga dapat Anda lanjut dengan mengaplikasikan produk yang menghidrasi bisa juga pakai sunscreen atau pelembab. Pilih produk eksfoliasi wajah yang tepat sesuai dengan tipe kulit wajah. 

(GE – Desi)

Scroll to Top