SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Double Cleansing: Teknik, Jenis Kulit dan Manfaat Menggunakannya

Bagikan:

AshefaNews – Membersihkan wajah dengan menggunakan metode double cleansing ini bisa dilakukan dengan 2 tahap. Pertama, Anda bisa membersihkan wajah menggunakan pembersih berbasis minyak terlebih dahulu. Kedua bersihkan kembali bagian wajah dengan pembersih berbasis air. 

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah di dalam menghilangkan kotoran yang membandel dan mengatasi pori-pori tersumbat. Dengan menggunakan metode double cleansing ini kotoran penyebab jerawat di kulit wajah bisa hilang dari kulit. 

Ada beberapa teknik, jenis kulit dan manfaat menggunakan double cleansing. Simak lebih lengkapnya dibawah ini. 

Teknik Membersihkan Wajah Menggunakan Double Cleansing 

1. Tahap Pertama 

Teknik pertama dari teknik double cleansing adalah menggunakan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak (oil based). Untuk semua bahan-bahan tersebut bisa membantu di dalam mengangkat kotoran dan sisa kulit mati di permukaan kulit. 

Ada beberapa produk double cleansing untuk kulit berminyak yang bisa digunakan, yaitu oil cleanser, make-up remover, micellar water, milk cleanser dan cleansing balm. Selain menggunakan beberapa produk tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan minyak alami di dalam mengangkat kotoran di kulit wajah. 

Untuk minyak alami tersebut adalah minyak zaitun, minyak kastor, minyak jojoba, minyak almond dan minyak biji bunga matahari. Cara yang harus dilakukan di tahap kali ini adalah menuangkan produk pembersih ke kapas. 

Setelah itu, Anda bisa mengusapkan ke bagian wajah sampai dengan merata dan lakukan secara berulang. Pasti dengan cara tersebut Anda bisa melihat semua kotoran yang ada di wajah di kapas tersebut. 

Khusus pengguna cleansing balm dan milk cleanser ini harus cocok digunakan untuk kulit tekstur kering. Pijat lembut dan memutar di bagian wajah menggunakan produk tersebut. Setelah itu, bersihkan area wajah menggunakan handuk yang sudah direndam menggunakan air hangat. 

2. Tahap kedua

Setelah wajah dibersihkan menggunakan produk pembersih berbahan minyak, maka untuk tahapan selanjutnya yaitu mencuci muka menggunakan facial wash atau facial foam. Pada tahap yang satu ini mempunyai tujuan untuk membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah. 

Selain itu, mencuci wajah dengan sabun ini juga berguna untuk mengangkat residu dari produk yang digunakan sebelumnya. Pada hal yang satu ini wajah biasanya memang akan terasa lebih lengket atau berminyak setelah menggunakan oil cleanser, milk cleanser atau cleansing balm

Pilih salah satu jenis sabun pembersih wajah yang mempunyai tekstur lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Sabun pembersih wajah yang baik adalah tidak membuat kulit terasa kencang dan tertarik. 

Alasan Kenapa Harus Melakukan Double Cleansing 

Double cleansing tetap boleh dilakukan, meski Anda tidak sedang menggunakan make up. Walau hanya melakukan aktivitas ringan dengan menggunakan pelembab dan tabir surya, untuk double cleansing tetap dilakukan dengan tujuan agar bisa mengangkat produk tersebut. 

Selain itu, double cleansing ini juga berguna untuk memberikan persiapan kepada kulit agar bisa menyerap produk lebih cepat dan baik. Ada beberapa produk yang digunakan sebelum teknik double cleansing dilakukan yaitu toner, serum dan pelembab. 

Pilih Pembersih Double Cleansing Sesuai Jenis Kulit 

Untuk double cleansing untuk kulit kering ini membutuhkan dua jenis pembersih berbeda. karena mempunyai manfaat masing-masing. Pada pembersih berbasis minyak ini bisa menghilangkan kotoran berbasis minyak dan sebum berlebih di kulit wajah. 

Sedangkan untuk pembersih berbasis air yang umumnya berbusa ini bisa menghilangkan kotoran yang larut di dalam air tersebut. Contohnya, yaitu keringat dan kotoran. Namun, ada satu hal yang harus diketahui proses pemilihan pembersih ini harus dilakukan sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. 

Sebab, untuk kulit berjerawat ini harus menggunakan pembersih dengan bahan dasar minyak ini justru bisa memperparah jerawat. Terlepas dari jenis kulit, Anda harus menghindari penggunaan pembersih yang mempunyai bahan kering atau terlalu kering apalagi dilengkapi pewangi. Sebagai berikut double cleansing untuk segala jenis yang harus Anda ketahui : 

1. Kulit Kering 

Ketika Anda mempunyai kulit kering dan sensitif, maka bisa memilih jenis pembersih berbahan tidak beraroma sama sekali. Pada pembersih krim ini tidak direkomendasikan bagi para pemilik jenis kulit kering. 

2. Kulit Berminyak dan Rawan Berjerawat 

Bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak dan sering dimunculi jerawat, maka bisa memilih jenis pembersih berbusa dengan bahan dasar air. Untuk beberapa bahan aktif yang harus diperhatikan pada pembersih kulit berminyak adalah asam salisilat, asam glikolat dan benzoil peroksida. 

3. Kulit Kombinasi 

Ketika mempunyai jenis kulit kombinasi, sebagian berminyak dan kering maka bisa memilih pembersih berbusa dengan bahan dasar air. 

4. Kulit Normal 

Untuk Anda yang mempunyai kulit normal, maka bisa menggunakan pembersih dengan bahan dasar yang lembut dan tidak beraroma sama sekali. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan krim atau pembersih berbusa tergantung dari preferensi. Sebab, untuk pemilik jenis kulit normal ini cenderung tidak mempunyai masalah dengan bahan apapun. 

Meski double cleansing merupakan cara yang baik untuk membersihkan kulit, akan tetapi teknik ini tidak harus dilakukan setiap hari. Double cleansing ini dilakukan, ketika Anda ingin membersihkan riasan makeup saja. Apalagi, untuk jenis makeup yang tahan air harus menggunakan teknik double cleansing

Manfaat Double Cleansing 

1. Mengangkat Penumpukan Sebum 

Sebum merupakan zat minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit. Pada jenis zat yang menumpuk ini bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan jerawat. Maka dari itu, manfaat double cleansing adalah membersihkan kotoran, residu dan kosmetik yang bisa berubah menjadi sebum. 

2. Membersihkan Sisa Make UP

Bagi seseorang yang sering menggunakan make up tebal, maka harus melakukan double cleansing. Sebab, di saat tidak membersihkan riasan atau make up dengan bersih ini menjadi penyebab munculnya jerawat. Lakukan double cleansing sebelum tidur agar tidak ada sisa kotoran yang menempel di wajah lagi. 

3. Memaksimalkan Perawatan Kulit 

Double cleansing ini bisa meningkatkan manfaat dari produk perawatan kulit yang sedang digunakan. Untuk cara yang bisa dilakukan sebelum double cleansing, yaitu melakukan perawatan kulit. Dengan hal tersebut, pelembab, toner dan serum yang digunakan bisa bekerja lebih maksimal. 

4. Mencegah Efek Polutan 

Polutan yang menempel di kulit ini bisa memberikan efek negatif, contohnya kulit kusam, jerawat dan tanda-tanda penuaan dini. Nah, ketika sering melakukan aktivitas diluar ruangan ini sangat rentan terkena polutan. dan sebaiknya lakukan double cleansing untuk mencegah beberapa efek tersebut. 

5. Memberikan Perlindungan Pada Kulit 

Produk yang mempunyai bahan minyak dan digunakan di dalam double cleansing ini bisa meningkatkan fungsi pelindung pada kulit atau sering disebut dengan mantel asam. Pelindung ini juga terdiri dari fosfolipid yang bisa menghindari perasaan kesat di wajah dan meningkatkan minyak kulit dengan alami. 

Kesimpulan

Nah, itulah dia penjelasan lifestyle lengkap mengenai perihal double cleansing dan semoga bisa membantu Anda yang ingin melakukan perawatan pada kulit wajah. 

(FR – ANG)

Scroll to Top