Bagaimana cara melakukan start jongkok

Bagikan:

AshefaNews – Kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara melakukan start jongkok. Simak penjelasannya di bawah ini yah!

Start jongkok adalah gerakan awal yang dilakukan dalam berbagai olahraga dan aktivitas fisik, seperti angkat besi, basket, dan tinju. Start jongkok sering kali menjadi teknik yang sangat penting dalam memperoleh kecepatan dan kekuatan yang dibutuhkan dalam aktivitas tersebut. Berikut adalah cara melakukan start jongkok yang benar:

  1. Pertama-tama, pastikan Anda berada di posisi tegak dengan kedua kaki selebar bahu dan tubuh tegak lurus.
  2. Kemudian, turunkan tubuh Anda dengan menggoyangkan pinggul ke belakang, menurunkan pinggul ke arah tanah, dan menekuk lutut hingga posisi jongkok.
  3. Pastikan kaki Anda berada pada jarak selebar bahu dan jari-jari kaki Anda menghadap ke arah depan. Kaki belakang Anda harus terangkat dari lantai dan jari-jari kaki belakang harus terangkat dari lantai.
  4. Letakkan kedua tangan di depan kaki dan pastikan bahu Anda berada di atas lutut. Kepala Anda harus diangkat dan pandangan Anda harus fokus ke depan.
  5. Perlahan-lahan pindahkan berat badan Anda ke depan hingga kaki belakang menyentuh lantai. Pastikan posisi tubuh Anda stabil dan tetap berada pada posisi jongkok.
  6. Setelah Anda merasa stabil, dorong tubuh Anda ke depan dengan menggunakan kaki belakang. Gunakan lengan dan kaki untuk membantu dorongan. Angkat lutut depan dan bahu Anda dan berdiri dengan cepat.
  7. Selama dorongan ke depan, pastikan kepala dan bahu Anda berada di atas lutut. Selain itu, pastikan posisi tubuh Anda tetap stabil dan kaki Anda sejajar.
  8. Terakhir, pastikan Anda mengulangi gerakan ini beberapa kali untuk memperbaiki teknik Anda dan meningkatkan kekuatan dan kecepatan Anda.

Dalam melakukan start jongkok, pastikan Anda selalu memperhatikan teknik yang benar dan menghindari gerakan yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Penting juga untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan start jongkok untuk menghindari cedera. Latihan secara teratur dan konsisten akan membantu meningkatkan teknik dan kecepatan Anda dalam melakukan start jongkok.

Dalam kesimpulannya, start jongkok adalah teknik awal yang penting dalam berbagai olahraga dan aktivitas fisik. Dalam melakukan start jongkok, pastikan Anda memperhatikan teknik yang benar, melakukan pemanasan, dan latihan secara teratur untuk meningkatkan kecepatan dan kekuatan Anda.

Terimakasih sudah membaca bagaimana cara melakukan start jongkok, semoga kunci jawaban di atas bisa bermanfaat.

(GE)

Scroll to Top