Aneka Pilihan Menu Makanan Enak di Bogor, Maknyuss

Bagikan:

AshefaNews – Berlibur di kota Bogor pastinya masih kurang afdol bila tak merasakan aneka kuliner yang sedap. Dijumpai restoran sampai kedai yang menjual menu makanan enak di Bogor yang ditanggung akan membuat ketagihan. Bogor dengan julukan Kota hujan populer berkat banyak pilihan kuliner lezat mulai dari menu ayam goreng basah, toge goreng, sambal dadak, dan nasi liwet. Atau ingin menikmati cungkring yang sedap.

Destinasi untuk bersantap enak di berbagai tempat dari stasiun Bogor sampai ke tengah kota. Di bawah ini adalah daftar tempat makan enak dari Bogor yang harus dicoba saat jalan-jalan di Bogor.

Warung Laksa Pak Inin

Lokasi bersantap nikmat di Bogor bagi keluarga yang dapat dicicipi pertama yaitu Warung Laksa Pak Inin. Tempat makan ini telah ada semenjak tahun 1965. Hanya berupa rumah yang sederhana, menu laksa Bogor diramu menggunakan irisan ketupat, tauge, oncom ditambah bihun. Kemudian bahan-bahan tadi diguyur kuah laksa bercitarasa manis campur gurih. Sensasi aroma daun kemangi makin menjadikan hidangan ini tambah sedap. Kian lengkap ketika dikombinasikan bersama telur godok ditambah kerupuk. Satu porsi laksa dan telur rebus  hanya seharga Rp 10 ribuan saja lho. Untuk mendapatkan makanan enak di Bogor ini pengunjung langsung saja meluncur ke Jalan Raya Cihideung, Kampung Cijeruk. Mulai melayani pembeli dari jam 9 pagi dan tutup jam 4 sore setiap hari selain Jum’at.

Kedai Mie Gumurih

Warung makan nikmat di Bogor yang juga dapat dikunjungi berada di daerah Surya Kencana. Apabila lagi melewati daerah ini, pengunjung dapat menemukan soto mie halal Kedai Mie Gumurih. Sajian menu soto mie Gumurih terdiri dari potongan risol ukuran besar, potongan daging sapi, lobak kol dan tak lupa  bawang goreng tabur. Sedap saat dinikmati dalm kondisi panas. Untuk harga seporsi mie kocok hanya seharga Rp 39 ribuan saja.  Kedai Mie Gumurih beralamat di jalan Surya Kencana nomor. 311 Bogor Timur.

Kupat Tahu 405 Doclang

Rekomendasi lainnya makanan enak di Bogor yaitu Kupat Tahu 405 Doclang. Menggunakan pembungkus daun patat, doclang terdiri dari irisan keupat, tahu kuning goreng, kentang goreng, masih ditambah telur. Lalu disiram menggunakan saus kacang gurih. Harga satu porsi menu ini cukup murah. Seporsi doclang hanya seharga Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribuan. Asyiknya lagi kedai kupat tahu 405 Doclang ini buka  terus selama 24 jam. Kupat Tahu 405 Doclang berada di depan Toko Terang daerah Jembatan Merah yang dekat dengan Stasiun Bogor.

Toge Goreng H. Gebro

Pengunjung dapat mencicipi menu makanan toge goreng legendaris yang satu ini. Buka sedari tahun 1943, toge goreng H. Gebro tetap menjadi favorit banyak orang. Menu makanan enak di Bogor ini diracik menggunakan paduan mie kuning, oncom ditambah bumbu kacang dan kombinasi tauco. Untuk banderol seporsinya cukup mengeluarkan  dana Rp 15 ribu saja. Bila ingin mencicipinya, segera datang ke  jalan. Pengadilan, Depan Irian Motor atau tak jauh dari Pasar Anyar.

Gurih 7

Berlibur bareng seluruh anggota keluarga ke Bogor paling asyik singgah di tempat makan yang satu ini. Menawarkan suasana sejuk ditambah gemericik air terjun mampu menciptakan kenyamanan bersantai. Tersedia berbagai menu makanan yang dapat dicicipi. Diantaranya ayam bekakak goreng, sate maranggi,  ulukuteuk leunca dan tak ketinggalan sop iga kedondong. Berminat untuk mencoba makanan enak di Bogor ini? Kedai Gurih 7 berada di Jl. Raya Pajajaran No. 102 Bantarjati atau tak jauh dari Warung Jambu.

Talaga Kuring

Alamatnya berada di pinggir danau Sentul. Sebagian menu yang merupakan andalan rumah makan ini yaitu udang, ikan gurame, karedok, dan uga pepes oncom. Menu karedok diracik menggunakan bermacam sayur-mayur segar yang kemudian disiram bumbu kacang beraroma kencur. Nikmat dilengkapi kerupuk renyah dan gurih. Sementara untuk menu ikan gurame disajikan dengan bumbu kuning ditambahkan rajangan cabe rawit, daun bawang dan tak lupa tomatnya. Sedap untuk pelengkap makan nasi. Talaga Kuring beralamat di Komplek Graha Utama jalan. Bukit Sentul, Cijayanti, Babakan Madang.

Nasi Dulang Rahmawati

Menyediakan beraneka masakan rumahan yang sedap. Diantaranya ikan goreng, ayam goreng, tutut, tumis daun pepaya, jengkol balado, sampai rempeyek udang.  Nikmat dilahap bersama bermacam lalapan termasuk juga sambal. Sambal yang paling favorit yaitu sambal dadak berupa paduan buah gandaria. Sambal dadak cukup pedas dan mantap untuk teman makan nasi. Menu makanan enak di Bogor, Nasi Dulang Cianjur Rahmawati dapat ditemui di Gedung Wisata Kuliner Jl Raya Bina Marga No. 1 B Baranangsiang, Bogor.

Boper

Di daerah Bogor Permai pelancong boleh mencoba es sekoteng yang nikmat. Minuman yang satu ini terdiri dari biji delima, serutan kelapa muda ditambah irisan alpukat. Disajikan dengan serutan es yang lalu diguyur cairan manis yang diracik dari sirup dengan susu. Di samping es sekoteng, pengunjung pun dapat menjajal menu siomay yang jelas nikmat. Satu porsi es sekoteng dijual seharga Rp 15.000 sementara siomay menu dihargai Rp 23.000.

Cungkring Pak Jum’at

Cungkring adalah hidangan yang terbuat dari cungur atau bagian bibir dan kaki sapi. Warung makan Pak Jum’at menyajikan menu cungkring semenjak tahun 1975. Kaki sapi menjadi satu dengan lontong ditambah saus kacang sedap. Cungkring Pak Jum’at mulai melayani penggemar dari jam 9 pagi dan biasanya tutup jam 5 sore. Satu porsi cungkring dibanderol seharga Rp 16 ribu. Bila mau mencoba cungkirng Pak Jum’at pengunjung dapat singgah ke Jl. Suryakencana, Bogor.

Martabak Encek

Martabak manis memang ada di mana-mana, namun pilihan makanan enak di Bogor ini beda.  Mulai buka jam 2 siang, Martabak Encek selalu dipadati konsumen yang telah antre lama dengan mengambil nomor antrian. Mana ada, membeli martabak yang seperti ini. Yang membuatnya spesial, martabak manis ini tetap memakai arang untuk memasaknya. Oleh karena itu citarasa martabak pun khas. Pembeli dapat memilih berbagai rasa mulai dari cokelat, kacang serta keju. Martabak Encek membuka gerobaknya di sekitar perempatan Gang Aut – Suryakencana.

Sop Buah Pak Ewok

Menu legendaris yang satu ini kini membuka dua cabang, ialah di sebelah kampus IPB Botani dan di Jl. Haur Jaya. Pembeli akan mendapatkan minuman sop buah yang dibuat dari kombinasi berbagai buah segar ditambah susu. Minuman dingin ini pasti bisa memanjakan lidah penikmatnya. Ketika ke sana jangan lupa untuk memesan Sop durian yang menjadi juaranya. Menu sop buah ini dibanderol mulai Rp15.000 –hingga Rp37.000. 

Lumpia Basah Suryakencana 

Saat melintas di Jalan Suryakencana Bogor, jangan lupa untuk mampir ke kedai lumpia basah yang menggoda. Aroma menu makanan enak di Bogor ini benar-benar menggoda yang akan menggugah selera untuk segera menikmatinya. Lumpia basah khas Gang Aut Bogor berisi bengkoang, tauge, tahu goreng dan juga telur. Untuk masalah rasa, top banget pokoknya. Pengunjung mesti rela mengantri kalau ingin mencoba lumpia basah ini. Tetapi tidak usah takut, sebab penjualnya dengan sigap mampu menyiapkan sampai 5 porsi berbarengan dengan satu kali masak. Untuk harga Lumpia Basah Suryakencana ini mulai Rp13.000 saja.

(GE – HKM)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top