Pencuri Dengan Modus Pecah Kaca, Spesialis Nasabah Bank Diringkus Polda Jateng

Bagikan:

AshefaNews, Semarang – Waspada dan berhati – hatilah anda nasabah bank yang mengambil uang atau melakukan transaksi tunai di bank, jika diperlukan mintalah jasa pengamanan agar saat anda membawa uang tunai bisa aman dan terhindar dari hal – hal yang tidak di inginkan.

Aparat kepolisian Polda Jawa Tengah, berhasil meringkus komplotan pencuri spesialis nasabah bank yang membawa uang dalam jumlah besar. Modus yang digunakan tiga pelaku yang berhasil ditangkap adalah dengan cara pecah kaca kendaraan yang digunakan korbannya.

Keberhasilan tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy saat menggelar perkara di Mapolda Jateng, Kamis (09/03/23).

“Para pelaku yang kita tangkap ini seluruhnya dari Palembang, namun selain di wilayah Sumatera, mereka juga beraksi di area Jawa”, ujarnya.

Ketiga pelaku yang berhasil ditangkap yaitu Suratman, Indra Putra, dan Edo Ismato. Ketiganya diringkus Tim Jatanras Polda Jateng berawal saat ketiga pelaku tersebut melancarkan aksinya di sebuah rumah makan di wilayah Randugunting, Kota Tegal pada tanggal 12 Januari 2023 lalu.

Menurut Direktur Reserse kriminal Umum Polda jateng, Kombes Johanson R Simamora, saat itu ketiga pelaku sudah mengawasi korban yang saat itu mengambil uang di sebuah bank di Brebes. Saat itu salah satu pelaku sudah mengintai sejak dari korban bertransaksi.

Setelah korban keluar dari bank, para pelaku pun mengikuti mobil korban hingga korban berhenti di rumah makan dan meninggalkan uang di dalam mobil. Seperti dalam adegan film, salah satu pelaku mencoba mengalihkan perhatian tukang parkir, dan dua pelaku lain melakukan eksekusi dengan memecahkan kaca menggunakan cincin yang dimodifikasi dan kabur dengan menggondol uang Rp.180 juta.

“Jadi mereka ini sudah berbagi peran masing – masing, intinya sudah mengetahui calon korban, karena mengintai sejak korban mengambil uang di bank, serta mencari kelengahan korbanya”, ujar Kombes Johanson.

Dari laporan korban itu, akhirnya polisi bertindak dan melakukan pengejaran dan berhasil menangkap Indra di wilayah Bogor pada 27 februari 2023 dan dua pelaku lain yaitu Suratman dan Edo diringkus di Musi Rawas Sumatera Selatan, 3 maret 2023.

“Pengakuan mereka, uang sudah dibagi tiga dan ada yang dikasihkan ke istri serta ada yang dibelikan mobil”, tambahnya.

Dari hasil pengembangan, ternyata komplotan ini tidak beraksi sekali saja, bahkan tercatat sebanyak lima kali mereka menggasak uang nasabah bank di wilayah Garut, Karanganyar, dan Bogor dengan kerugian rata – rata per korbanya mencapai puluhan juta rupiah.

Guna penanganan sita aset hasil kejahatan, Polda Jateng akan bekerja sama dengan Polda Sumsel. Dari tangan pelaku, polisi juga mengamankan dua unit sepeda motor, pecahan kaca mobil, helm dan kaos yang digunakan pelaku. Ketiganya akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukumanya 7 tahun penjara.

(FARABI-APL)

Scroll to Top