Di Cekal Imigrasi, DPO Polda Kalimantan Timur Diamankan Hendak Kabur ke Singapura

Bagikan:

AshefaNews, Tangerang – Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta melakukan pencekalan terhadap seorang pengusaha berinisial ER yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Kalimantan Timur. Saat hendak kabur ke Singapura melalui Terminal 3. Pada Senin (07/11). 

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, ER merupakan DPO atas kasus pemalsuan dokumen Akta perusahaan yang menyebabkan kerugian dan telah lama melarikan diri dan bersembunyi.

“Yang bersangkutan (ER) merupakan subjek cekal dari Polda Kalimantan Timur yang telah masuk dalam sistem kami,” ujar Kepala seksi pemeriksaan III Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno-Hatta, Afif Nur Anshari. 

Afif mengatakan, rencana pelaku akan terbang seorang diri dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Singapura. Namun, saat dilakukan pemeriksaan dirinya masuk dalam daftar cekal yang masuk dalan sistem Imigrasi. 

“Saat mau terbang dengan pesawat Singapore Airlines (SQ), kebetulan pas melintas dicek petugas, yang bersangkutan masuk dalam daftar cekal, sehingga kita tunda keberangkatannya,” katanya.

Pencekalan terhadap yang bersangkutan, Afif menegaskan berdasarkan data pihak kepolisian  bahwa kasus itu sendiri telah diputus oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur yang menyatakan ER bersalah atas kasus tersebut. 

“Yang saya dapatkan informasi, indikasinya yang bersangkutan itu melakukan tindak penipuan terhadap perusahaan seperti itu. Tadi kita sudah serah terima ke pihak Polda Kalimantan Timur. Yang bersangkutan langsung dibawa diamankan oleh pihak Polda Kalimantan Timur,” pungkasnya. 

(RM – AP) 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top