SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Zinc Sulfate Monohydrate – Ini Aturan Pakai, Dosis dan Efek Samping

Bagikan:

AshefaNews Zinc sulfate monohydrate obat apa? Umumnya obat ini digunakan untuk mengatasi kondisi tubuh yang disebabkan karena kekurangan atau defisiensi zinc. Obat ini dapat juga digunakan untuk mengatasi diare yang dialami oleh anak-anak.

Obat zinc sulfate monohydrate obat apa dan kandungan apa yang ada didalamnya? Zinc sulfate adalah suplemen yang didalamnya mengandung elemen zinc. Elemen ini memiliki peran yang penting dalam pembentukan DNA serta proses penyembuhan luka.

Zinc sulfate monohydrate sendiri termasuk golongan obat bebas terbatas. Sehingga untuk pemakaiannya harus sesuai dengan anjuran yang telah tertera di kemasan obat tersebut. Obat ini bisa juga dikonsumsi oleh anak-anak sampai dengan orang dewasa dengan takaran dosis yang sesuai.

Zipha Zinc Sulfate Monohydrate

Zipha zinc sulfate monohydrate obat apa dan apakah kegunaannya? 

Zipha merupakan obat yang mengandung zat aktif yang bernama zinc sulfate. Zipha memiliki kegunaan untuk mengatasi kekurangan zinc serta mengatasi diare akut. Untuk cara kerja obat zipha zinc sulfate monohydrate yaitu menggantikan zinc yang ada pada dalam tubuh. 

Obat yang diproduksi oleh Erlimpex ini tersedia dalam bentuk tablet. Zipha zinc sulfate monohydrate tergolong dalam obat bebas terbatas, sehingga dapat membelinya dengan jumlah tertentu di apotek tanpa adanya resep dari dokter 

Aturan Pakai Zinc Sulfate Monohydrate

Zinc sulfate monohydrate obat apa dan bagaimana aturan pemakaiannya? Sebagai obat dalam golongan bebas dan terbatas, pemakaian zinc sulfate monohydrate harus sesuai dengan arahan informasi yang ada pada kemasan obat. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat tersebut, yaitu:

  1. Pemakaian zinc sulfate monohydrate tidak boleh lebih dari dosis yang telah dianjurkan. 
  2. Zinc sulfate monohydrate tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi pasien yang memiliki alergi terhadap kandungan pada obat.
  3. Zinc sulfate monohydrate sebaiknya dikonsumsi sesudah makan guna menghindari gangguan pada pencernaan.

Dosis Pemakaian Zinc Sulfate Monohydrate

Zinc sulfat monohydrate obat apa dan bagaimana dosis pemakaiannya? Pada umumnya, dokter akan menyarankan dosis obat zinc sulfate monohydrate dengan menyesuaikan kondisi yang dialami oleh pasien. Berikut adalah dosis secara umum untuk orang dewasa dan anak-anak:

Dosis Mengobati Kekurangan Zinc

  1. Untuk Dewasa : 40 mg per hari atau sesuai dengan arahan dokter. Untuk dosis maksimal yaitu per harinya 50 mg. Obat ini bisa dikonsumsi sesudah makan. 
  2. Untuk anak usia 1 sampai 8 tahun: 5-10 mg per hari untuk dosis tunggal atau sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter. Untuk pemakaiannya dapat diminum sesudah makan.
  3. Untuk anak dengan usia 9 sampai 13 tahun: dosis per harinya 10-20 mg sebagai dosis tunggal atau sesuai arahan yang diberikan oleh dokter. Obat tersebut dapat dikonsumsi setelah makan.

Dosis Untuk Mengobati Diare

  1. Untuk Dewasa: 20 mg untuk dosis per hari, digunakan selama 10 hingga 14 hari atau sesuai arahan dokter. Untuk dosis maksimal per hari 50 mg. Dapat dikonsumsi setelah makan.
  2. Untuk anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun: dosis per hari 10 hingga 20 mg, dapat dikonsumsi selama 10 hari meskipun diare sudah berhenti. Obat ini bisa dikonsumsi sesudah makan.

Kontraindikasi Zinc Sulfate Monohydrate

Zinc sulfate monohydrate obat apa dan apakah kontraindikasi dari obat tersebut? Sebelum menggunakan zinc sulfate monohydrate, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter mengenai obat-obatan yang sedang dikonsumsi serta riwayat penyakit yang dimiliki supaya terhindar dari kontraindikasi. 

Zinc sulfate monohydrate obat apa tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi pasien yang mempunyai alergi terhadap kandungan pada obat. Disamping itu, jangan mengkonsumsi obat ini apabila memiliki gangguan pada fungsi hati serta ginjal, dan defisiensi tembaga. 

Efek Samping Zinc Sulfate Monohydrate

Zinc sulfate monohydrate obat apa dan adakah efek sampingnya? Setiap obat pastinya memiliki efek samping termasuk obat yang satu ini. Pada umumnya efek samping dari obat ini terbilang ringan. Beberapa efek samping yang dapat muncul sesudah mengkonsumsi obat zinc sulfate monohydrate antara lain: pusing, mual, muntah, gangguan pencernaan, lemas, sakit perut.

Disamping hal diatas, zinc sulfate monohydrate obat apa juga berpotensi memiliki efek samping akibat dari reaksi alergi. Seperti kulit mengalami ruam merah, pernafasan sesak, serta rasa gatal-gatal.

Apabila mengalami efek samping yang telah tertulis di atas, maka segeralah memeriksakannya ke dokter. Konsultasikan keadaan yang dialami kepada dokter supaya bisa mendapatkan penanganan dengan tepat.

Beberapa Nama Obat Dengan Kandungan Zinc

Bagi Anda yang masih bertanya – tanya mengenai zinc sulfate monohydrate obat apa dan obat apa saja yang didalamnya terkandung zinc sulfate monohydrate, maka simaklah penjelasan berikut. Beberapa obat dengan kandungan zinc sulfate diantaranya adalah :

Leco Zinc

Lecozinc zinc monohydrate sulfate obat apa dan apa kegunaannya ? Leco Zinc adalah obat yang digunakan untuk terapi tambahan penyakit diare yang terjadi pada anak usia dibawah lima tahun. Leco Zinc merupakan golongan obat bebas terbatas. Untuk pembelian dalam jumlah tertentu tidak membutuhkan resep dari dokter.

Mungkin ada beberapa orang yang masih bertanya mengenai Zinc monohydrate sulfate obat apa dan kandungan apa saja yang terdapat pada obat zinc bernama Leco Zinc.

Leco Zinc merupakan produk obat yang tersedia dalam bentuk tablet, sirup tetes atau drop, dan sirup yang telah diproduksi oleh Ifars. Obat tersebut mempunyai kandungan zat aktif zinc sulfat monohidrat yang berguna sebagai suplemen makanan.

Leco Zinc merupakan kofaktor berbagai enzim yang berperan dalam pembelahan serta pertumbuhan sel, penangkal radikal bebas yang berbahaya, serta pemeliharaan sistem imun tubuh.

Dosis Pemakaian

Tablet

  1. Anak dengan usia 6 bulan hingga 5 tahun: 1 tablet setiap hari dengan pemakaian secara berturut-turut selama 10 hari.
  2. Untuk bayi usia 2 sampai 6 bulan: ½ tablet yang dapat diberikan dengan cara digerus setiap hari secara berturut-turut selama 10 hari. Tablet busa dilarutkan dalam air hangat bisa juga menggunakan air susu ibu. 

Dosis Bentuk Sirup

  1. Anak dengan usia 6 bulan sampai dengan 5 tahun: Setiap hari 2 sendok takar (10 ml) dan diberikan selama 10 hari berturut-turut.
  2. Bayi dengan usia 2 sampai 6 bulan: 1 sendok takar (5 ml)  setiap hari dan diberikan selama 10 hari berturut-turut.

Dosis Bentuk Drop

  1. Anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun: 2 ml setiap harinya diberikan selama 10 hari berturut-turut.
  2. Bayi dengan usia 2–6 bulan: 1 ml setiap hari diberikan selama 10 hari berturut-turut.

Dosis Pemakaian

  1. Untuk penderita yang mengalami kondisi kekurangan zinc maka Diberikan dosis setiap harinya 50 mg.
  2. Untuk penderita diare akut, maka diberikan dosis 10 hingga 20 mg yang dikonsumsi sehari satu kali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Zinc sulfate monohydrate obat apa beserta dengan kegunaan dan beberapa nama obat dengan kandungan zinc sulfate. Dengan adanya penjelasan diatas semoga dapat bermanfaat. Suplemen sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, mungkin Anda memerlukan Zinc Sulfate.

(GE – NS)

Scroll to Top