SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Simvastatin Obat Apa? Ini Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya

Bagikan:

AshefaNewsSimvastatin obat apa? Simvastatin adalah obat penurun kolesterol yang masuk dalam golongan Statin. Simvastatin sendiri memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. 

Simvastatin
Simvastatin (Foto : Istimewa)

Meskipun kaya akan manfaat, ternyata masih banyak orang yang belum tahu secara pasti dari kegunaan obat ini. Bukan hanya itu saja, namun dosis dan efek samping dari Simvastatin juga tidak boleh Anda abaikan begitu saja. 

Bagaimana untuk mengetahui itu semua? Simak penjelasan secara lebih lengkap di bawah ini. 

Simvastatin Obat Apa? Berikut Penjelasannya

Hingga saat ini masih banyak orang yang sering bertanya Simvastatin obat apa. Padahal obat ini sudah populer dan banyak orang gunakan. 

Namun tenang saja, karena melalui penjelasan berikut ini Anda dapat mengetahui secara lebih dalam tentang Simvastatin. Mulai dari manfaat, dosis konsumsi hingga efek samping yang akan terjadi setelah konsumsi. 

Sebelumnya, perlu Anda tahu bahwa Simvastatin merupakan obat yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol golongan Statin. Ini bisa Anda gunakan jika memang sudah didiagnosis memiliki kolesterol darah tinggi. 

Selain itu, dokter juga merekomendasikan penggunaan ini untuk membantu mencegah penyakit stroke dan serangan jantung. Biasanya untuk keluarga yang memang memiliki riwayat penyakit jantung, akan mendapatkan resep obat ini dari dokter.

Bagi Anda yang memiliki riwayat kondisi kesehatan jangka panjang seperti diabetes tipe 1 dan 2 juga akan mendapatkan resep ini. Maka tidak heran jika mendengar namanya sekilas saja sudah banyak orang yang bertanya Simvastatin obat apa. 

Simvastatin sendiri merupakan obat tablet yang dapat Anda beli di apotek terdekat sebanyak 10 mg. Anda juga bisa mengkombinasikan obat ini dengan obat lain, tentunya sesuai dengan saran dokter. 

Manfaat Obat Simvastatin untuk Kesehatan

Bukan cuma menanyakan Simvastatin obat apa, namun Anda juga harus tahu manfaat dari obat ini. Lantas, apa saja manfaat dari obat tersebut? Berikut ini beberapa manfaat dari Simvastatin. 

1. Mengurangi Resiko Serangan Jantung atau Stroke

Simvastatin merupakan salah jenis obat yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis. Tepatnya membantu mengurangi resiko serangan pada jantung maupun stroke. 

2. Menurunkan Kolesterol dan Lemak Jahat

Banyak yang mengkonsumsi obat Simvastatin untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, obat ini juga bisa anda manfaatkan untuk menunjukkan lemak jahat dalam tubuh. 

3. Membantu Mengurangi Konsentrasi Kolesterol LDL

Ternyata salah satu manfaat dari Simvastatin adalah mengurangi Konsentrasi Kolesterol Low Density Lipoprotein. Sehingga bagi Anda yang memiliki kondisi ini cukup tinggi bisa menggunakan Simvastatin. 

4. Meningkatkan Jumlah Kolesterol HDL

Simvastatin obat apa? Perlu Anda tahu bahwa Simvastatin merupakan obat yang dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). 

Dosis Simvastatin, Simvastatin Obat Apa?

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan dari penjelasan Simvastatin obat adalah tentang dosis penggunaan. Setiap orang dan penyakit yang diderita tentunya memiliki ketentuan masing-masing. 

Lantas kapan waktu yang tepat minum Simvastatin? Berikut ini penjelasannya. 

1. Rekomendasi Dosis

Umumnya, dosis awal yang harus Anda konsumsi adalah 10 mg perhari. Ini merupakan dosis tunggal di malam hari. 

Setelah lebih dari 4 Minggu, Anda bisa kembali mengatur dosisnya yang maksimal 40 mg perhari yang dikonsumsi saat malam hari. 

2. Dosis untuk Kolesterol Tinggi

Jika pengidap kolesterol tinggi, maka dosisnya akan sedikit berbeda. Yaitu untuk orang dewasa harus mengkonsumsi 10-20 mg per hari saat malam hari. 

Tentunya ini ada dosis pemeliharaan sebesar 5-40 mg per hari dengan waktu minum yang sama yaitu malam hari. 

3. Dosis untuk Menurunkan Resiko Penyakit Arteri Koroner

Jika untuk menurunkan resiko penyakit arteri koroner, Anda bisa mengkonsumsi Simvastatin 5-40 mg perhari saat malam hari. Dosis ini harus Anda sesuaikan dengan kadar kolesterol yang dimiliki. 

4. Dosis untuk Pemilik Penyakit Kolesterol dari Keturunan

Terakhir ada dosis untuk pemilik penyakit keturunan yang mana untuk orang dewasa harus mengkonsumsi 40 mg perhari. Tentunya ini harus Anda konsumsi pada saat malam hari. 

Sedangkan untuk anak berusia 10-17 tahun, dosis awalnya 10 mg perhari dengan dosis maksimal 40 mg. Ingat, penyesuaian dosis ini harus Anda lakukan interval lebih dari 4 Minggu. 

Apa Efek Samping Minum Obat Simvastatin?

Sekarang sudah tidak perlu lagi bertanya Simvastatin obat apa, namun perlu Anda tahu apa saja efek sampingnya. Karena setiap obat pasti memiliki efek samping yang tidak boleh terabaikan begitu saja. 

1. Sembelit

Tidak jarang orang yang meminum obat Simvastatin akan mengalami rasa sakit perut atau sembelit. Sehingga jika ini juga terjadi pada Anda, sudah tidak usah khawatir lagi. 

Namun, jika kondisinya semakin parah segera pergi berobat ke dokter terdekat. 

2. Infeksi Saluran Pernapasan

Salah satu efek samping dari obat Simvastatin adalah adanya infeksi pada saluran pernapasan. Jika memang ini terjadi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan terbaik. 

3. Masalah Otot

Sebenarnya ada banyak efek samping yang akan timbul dari obat Simvastatin salah satunya adalah masalah pada otot. Masalah ini bisa berupa nyeri otot, kelemahan otot, hingga  kerusakan otot. 

4. Gejala Pilek 

Gejala pilek merupakan salah satu efek samping obat Simvastatin yang sering terjadi. Dapat berupa hidung tersumbat, bersih hingga sakit kepala layaknya akan terserang pilek. 

5. Sakit Kepala 

Jika Anda mengalami sakit kepala ringan maupun berat saat sesudah mengkonsumsi obat Simvastatin, langsung saja buat tidur. Biasanya rasa sakit ini akan membaik setelah bangun tidur. 

Namun, jika masih sakit atau bahkan semakin parah segera pergi berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cara Mengkonsumsi Simvastatin yang Benar

Jangan hanya bertanya Simvastatin obat apa, namun cari tahu juga tentang cara mengkonsumsinya yang benar. Anda pasti sudah tahu jika konsumsi semua jenis obat tidak boleh sembarangan. 

Melainkan harus melalui saran dokter atau sesuai dengan ketentuan dalam kemasan obat tersebut. Sama juga dengan Simvastatin, harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter. 

Jika tidak, harus Anda sesuaikan dengan informasi dan ketentuan yang ada di kemasan obat Simvastatin ini. Ingat, jangan pernah menambah dosis konsumsi obat Simvastatin tanpa adanya saran dokter. 

Perlu Anda tahu bahwa konsumsi Simvastatin dalam dosis yang besar tanpa saran dokter akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Dalam penjelasan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa konsumsi Simvastatin sebaiknya saat malam hari atau sebelum tidur. 

Simvastatin merupakan obat yang bisa dikonsumsi dengan makanan atau tanpa makanan sekalipun. Tablet Simvastatin ini harus Anda telan dengan air putih secara utuh. 

Berapa lama minum Simvastatin? Agar maksimal konsumsi Simvastatin setiap hari sesuai anjuran.  Jangan berhenti tanpa instruksi dari dokter. 

Maka dari itu, jika ingin berhenti mengkonsumsi sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

Banyaknya penjelasan diatas sudah bisa menjawab pertanyaan Anda tentang Simvastatin obat apa.  Pastikan simak penjelasan tersebut dengan benar agar mendapatkan hasil maksimal saat konsumsi Simvastatin. 

(GE – Desi)

Scroll to Top