SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Sering Mabuk Perjalanan? Gunakan Obat Tidur Antimo Agar Terasa Nyaman

Bagikan:

AshefaNews – Melakukan perjalanan baik darat, laut maupun udara memang banyak yang mengalami mabuk perjalanan. Sehingga banyak juga orang yang menggunakan antimo sebagai obat tidur sehingga dapat mengurangi gejala mabuk perjalanan. 

Obat antimo memang sangat dikenal untuk mengatasi mabuk perjalanan seperti mual, muntah, pusing sehingga dapat membuat seseorang menjadi mengantuk dan tertidur. Lalu dalam penggunaan antimo juga bisa digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa dengan dosis yang berbeda. 

Obat antimo juga memiliki kandungan Dimenhidrinat sebanyak 50 mg sehingga termasuk ke dalam obat antihistamin yang dapat mengurangi gejala mual, muntah dan gejala mabuk perjalanan lainnya. 

Apa itu obat antimo?

Obat antimo merupakan salah satu jenis obat bebas yang termasuk ke dalam kategori obat anti emetic dan antivertigo. Obat antimo ini mengandung kandungan Dimenhidrinat 50 mg. obat ini juga termasuk ke dalam obat golongan antagonis histamin H1. 

Selain itu pun kandungan Dimenhydrinate 50 mg ini juga bersifat antikolinergik, mengatasi depresi pada sistem saraf pusat, hyperemesis gravidarum, penyakit Meniere dan anestetik. Sehingga ketika terjadi mabuk perjalanan seperti pusing, mual dan muntah yang membuat rasa tidak nyaman pun bisa diatasi dengan obat antimo ini. 

Tak hanya itu pada obat antimo juga mengandung vitamin B6 yang mempengaruhi sistem saraf pusat dalam mengatasi depresi. Hal tersebut juga memiliki hubungan dengan mencegah terjadinya efek mual dan muntah. 

Jenis obat antimo 

Rasa mabuk perjalanan juga memiliki kemiripan dengan gejala masuk angin. Gejala tersebut bisa terjadi kepada anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga antimo yang digunakan disesuaikan dengan jenis gejala apa yang dirasakan dan juga usia penderita gejala tersebut. Berikut ini beberapa jenis obat antimo:

  1. Antimo herbal

Jenis antimo yang pertama adalah antimo herbal. Dimana jenis antimo herbal ini memiliki kandungan herbal yakni mint. Sehingga terasa hangat dan mampu mengatasi masuk angin, meriang, sakit kepala, pusing, mual hingga perut kembung. 

Selain kandungan mint pada obat antimo herbal juga mengandung madu, lada hitam, cabe jawa dan jahe sehingga sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi gejala gangguan pada pencernaan hingga sakit perut. 

Kandungan obat antimo herbal ini sebanyak 15 ml dengan kandungan daun mint 2,73 mg, jahe 16,35 mg, cabe jawa 10,9 mg, lada hitam 5,45 mg dan madu sebanyak 2,616 mg dan masih banyak kandungan lain yang bisa mengatasi berbagai gejala yang dialami terutama ketika dalam perjalanan dan juga ketika mengalami masuk angin. 

  1. Antimo anak 

Jenis antimo lainnya adalah obat antimo untuk anak-anak. Karena tak hanya orang dewasa yang mengalami mabuk perjalanan namun juga anak-anak pun bisa mengalami mabuk perjalanan seperti mual, muntah hingga pusing. 

Sehingga antimo yang diberikan adalah antimo anak. Antimo anak memiliki kandungan yang hampir mirip dengan antimo biasanya yang mengandung Dimenhydrinate. Pada jenis antimo anak juga mengandung 5 ml sirup yang berisi 12,5 mg Dimenhydrinate. 

Selain itu pun rasa obat antimo untuk anak pun disesuaikan dengan kesukaan anak-anak dan tidak terasa pahit karena memiliki rasa stroberi dan juga jeruk yang banyak disukai anak-anak sehingga cocok untuk mencegah mabuk perjalanan. 

  1. Antimo 

Selanjutnya adalah jenis antimo yang banyak digunakan bagi orang dewasa dan anak-anak lebih dari 6 tahun. Obat antimo ini mampu mencegah dan mengatasi rasa mual, muntah hingga pusing yang terjadi ketika melakukan perjalanan. 

Pada jenis antimo untuk orang dewasa ini juga mengandung Dimenhydrinate 50 mg. hal tersebut memiliki perbedaan jumlah kandungan dengan jenis antimo anak yang hanya memiliki kandungan Dimenhydrinate sebanyak 12,5 mg saja. 

Pada kandungan Dimenhydrinate ini mampu bekerja dengan menghambat rangsangan secara berlebihan pada sistem tubuh yang bekerja dalam mengatur keseimbangan tubuh. Sehingga jika terjadi rangsangan yang berlebihan bisa menyebabkan mual pada saat melakukan perjalanan. 

Selain itu obat antimo pun mampu memberikan efek mengantuk sehingga stimulus dan perhatian yang bisa menyebabkan mual dan pusing ketika melakukan perjalanan bisa diatasi dengan menggunakan obat antimo. 

Cara pakai obat antimo 

Cara pakai dalam menggunakan obat antimo pun disesuaikan dengan jenis antimo yang digunakan. Dosis yang digunakan pada anak-anak dan juga orang dewasa jelas berbeda berikut penjelasannya.

  1. Antimo herbal 

Pada pemberian antimo herbal ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dengan dosis 3-5 saset atau 45-75 ml per hari. Selain itu dosis nya pun bisa digunakan hingga 3 kali sehari hingga berbagai gejala yang dirasakan berkurang. Selanjutnya pada dosis hari berikutnya sebanyak 1 sachet per hari.

  1. Antimo anak 
  • Anak usia 2-6 tahun 

Antimo anak pada anak usia 2-6 tahun diberikan 1-2 sachet sekitar 5-10 ml dalam 6-8 jam jika diperlukan. Pada pemberian dosis maksimal sebanyak 12 sachet per hari atau sekitar 150 mg Dimenhidrinat.

  • Anak usia 6-12 tahun

Sedangkan pada anak usia 6-12 tahun dalam pemberian obat antimo anak bisa diberikan dosis 2 saset atau sekitar 10 ml setiap 6-8 jam sesuai dengan keperluan dan maksimal dosis yang diberikan sebanyak 150 mg Dimenhidrinat atau 12 sachet per harinya. 

Pada penggunaan antimo anak bisa diberikan 30 menit sebelum melakukan perjalanan. 

  1. Antimo 
  • Anak usia 8-12 tahun 

Antimo herbal yang digunakan pada anak usia 8-12 tahun bisa diberikan dosis 0,5 tablet atau sekitar 25 mg. Pada pemberian antimo herbal ini hanya diberikan maksimal 150 mg atau 3 tablet saja.

  • Dewasa dan anak usia > 12 tahun

Selain itu pada penggunaan antimo herbal untuk anak usia > 12 tahun dan orang dewasa ini diberikan maksimal 400 mg atau 8 tablet per harinya.   

Pada pemberian antimo ini bisa diberikan 30 menit sebelum melakukan perjalanan dan dalam penggunaannya jika diperlukan bisa diulang setiap 4 jam. 

Efek samping obat antimo 

  • Mengantuk 
  • Sembelit 
  • Sendawa 
  • Diare
  • Penyakit asam lambung 
  • Penglihatan buram 
  • Sembelit 
  • Hidung, mulut dan tenggorokan terasa kering 
  • Kejang
  • Detak jantung tidak beraturan 
  • Gatal 
  • Ruam kulit 
  • Kesulitan bernapas 

Kesimpulan 

Mabuk perjalanan baik di darat, udara maupun laut memang banyak dialami oleh setiap orang. Sehingga banyak yang menggunakan obat tidur agar mencegah terjadinya gejala yang membuat tidak nyaman. Salah satunya adalah menggunakan obat antimo. 

Obat antimo merupakan salah satu jenis obat bebas yang termasuk ke dalam kategori obat anti emetic dan antivertigo. Obat antimo ini mengandung kandungan Dimenhidrinat 50 mg. obat ini juga termasuk ke dalam obat golongan antagonis histamin H1. 

Pada penggunaan obat antimo ini disesuaikan dengan jenis gejala yang dialami dan juga usia yang menggunakannya. Jenis obat antimo ini ada obat antimo untuk orang dewasa, obat anti herbal hingga obat antimo anak-anak. Namun perlu diketahui juga dosisnya yang sesuai agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Semoga tips kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

(GE – RFA)

Scroll to Top