SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Sering diabaikan, ini Tanda Jantung tidak Sehat

Bagikan:

AshefaNews – Sering diabaikan, ini Tanda Jantung tidak Sehat. Organ jantung adalah organ vital dan bagian utama dari sistem aliran darah yang ada didalam tubuh setiap orang. Jantung berisi empat bagian utama yang terbuat dari otot dan digerakkan oleh impuls listrik. Begitu penting fungsi organ jantung untuk tubuh kita. Karena itu penting juga untuk menjaga dan terus memantau kesehatan jantung lewat pola hidup sehat dan olahraga yang rutin. Karena jika kondisi jantung bermasalah, tentunya dapat mengganggu kinerja jantung, yang kemudian bisa mempengaruhi kesehatan tubuh bahkan sampai nyawa terenggut.

Ternyata gejala kondisi jantung yang tidak sehat bukan hanya ditandai dengan rasa nyeri di bagian dada saja. Dan sebagian orang tidak menyadari kalau sedang mengalami gejala penyakit jantung. Karena tanda penyakit jantung biasanya mirip dengan penyakit masuk angin, gangguan pencernaan, atau juga masalah pernafasan. Istilah penyakit jantung juga sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular mengacu pada kondisi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan serangan jantung, nyeri dada atau angina, dan juga stroke.

Gejala gangguan penyakit jantung akan dialami saat kondisinya sudah cukup parah. Dengan mengetahui berbagai gejala jantung tidak sehat yang sering diabaikan oleh sebagian orang, maka kita bisa mencegah penyakit mematikan yang satu ini. Berikut adalah beberapa tanda jantung tidak sehat, antara lain :

Mudah lelah

Jangan mengabaikan perubahan kesehatan setelah melakukan kegiatan yang biasa dilakukan. Kelelahan memang sangat wajar dialami oleh setiap orang, namun jika tanpa melakukan aktivitas berat bisa merasa kelelahan, itu hal yang perlu diwaspadai. Karena rasa lelah yang terus menerus bisa menandakan gangguan pada jantung. Ini disebabkan karena tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup, karena jantung tidak memompa dengan baik dan optimal.

Mendengkur

Sesekali mendengkur dengan suara yang kecil saat tidur itu hal yang masih wajar. Namun jika mendengkur dengan sangat keras serta disertai dengan kondisi tersedak setelahnya, ini yang perlu diperhatikan. Karena bisa saja mengalami kondisi sleep apnea. Jika ini tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan gangguan pada jantung yang memicu gangguan kesehatan.

Sering merasa pusing

Jika hilang keseimbangan tubuh atau goyah dan merasa pusing secara tiba-tiba disertai dengan rasa tidak nyaman dan dada terasa sesak, sebaiknya segera periksakan kesehatan ke dokter. Kondisi ini bisa menandakan jantung tidak bisa untuk memompa darah secara optimal, karena akibat dari penurunan tekanan darah. Selain itu, jika mudah mengantuk dan pingsan juga bisa menjadi gejala jantung tidak sehat. Pada umumnya, masalah jantung yang menyebabkan kondisi ini adalah aritmia.

Nyeri pada dada

Rasa nyeri yang dirasakan biasanya bersifat tumpul,yaitu seperti ada benda berat yang menekan di dada khususnya di bagian dada sebelah kiri. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah jantung atau biasa disebut sebagai serangan jantung. Rasa nyeri yang diderita bisa menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, hingga sampai pada punggung.

Batuk yang semakin parah saat malam hari

Jangan abaikan kondisi yang satu ini, karena ini bisa disebabkan oleh gagal jantung. Karena gagal jantung membuat cairan menumpuk pada paru-paru, sehingga meningkatkan frekuensi batuk saat sedang berbaring.

Detak jantung tidak teratur

Jika kamu sedang tidak melakukan apapun dan tiba-tiba detak jantung berdetak secara tidak teratur selama beberapa saat dalam waktu yang cukup sering, itu bisa jadi salah satu gejala jantung tidak sehat. Karena pada keadaan normal, jantung akan memompa darah dengan ritme yang konstan dan otomatis secara teratur.

Itulah beberapa gejala jantung yang perlu diperhatikan sebagai tanda jantung tidak sehat. Penyakit jantung bisa dicegah dengan pola hidup sehat dan olahraga yang rutin. Karena faktor penyebab penyakit jantung bisa dari pewaris genetik, kaum manula, obesitas, penderita diabetes, dan orang dengan riwayat hipertensi. Saatnya mulai memperhatikan kesehatan jantung, karena organ tubuh yang satu ini merupakan kunci dari tubuh yang sehat secara keseluruhan.

(GE – FIR)

Scroll to Top