Seberapa Sering Anda Harus Melakukan Tes Kesehatan Gigi?

Bagikan:

AshefaNews – Kesehatan gigi penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi seberapa sering Anda harus menjalani tes kesehatan gigi? American Dental Association (ADA) merekomendasikan agar orang dewasa melakukan tes kesehatan gigi setidaknya sekali setiap tiga hingga lima tahun. Meskipun ini mungkin tampak seperti waktu yang lama antara pemeriksaan, penting untuk diingat bahwa rekomendasi ADA didasarkan pada risiko rata-rata orang untuk mengembangkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.

Apa itu tes kesehatan gigi?

Tes kesehatan gigi adalah prosedur yang digunakan untuk menilai kesehatan gigi dan gusi Anda. Tes dapat dilakukan oleh dokter gigi, ahli kesehatan, atau penyedia layanan kesehatan mulut. Selama tes, mereka akan memeriksa mulut Anda secara visual untuk mencari tanda-tanda penyakit atau pembusukan. Mereka juga akan merasakan adanya benjolan atau benjolan pada gusi Anda yang mungkin mengindikasikan peradangan. Mereka mungkin menggunakan cermin kecil untuk melihat area yang sulit dilihat di mulut Anda. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin melakukan rontgen untuk melihat lebih dekat gigi dan tulang rahang Anda.

Mengapa tes kesehatan gigi penting?

Tes kesehatan gigi penting karena berbagai alasan. Mereka dapat membantu mendeteksi masalah lebih awal, ketika mereka mungkin lebih mudah diobati. Mereka juga dapat membantu Anda dan dokter gigi merencanakan perawatan gigi Anda. Misalnya, jika Anda memiliki riwayat penyakit gusi dalam keluarga, dokter gigi Anda mungkin menyarankan agar Anda melakukan tes kesehatan gigi lebih sering.

Seberapa sering Anda harus melakukan tes kesehatan gigi?

Disarankan untuk melakukan tes kesehatan gigi minimal setahun sekali. Namun, jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mulut Anda, Anda harus mengunjungi dokter gigi lebih sering. Jika Anda sedang hamil, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi selama kehamilan Anda.

Apa yang terjadi jika Anda tidak menjalani tes kesehatan gigi?

Jika Anda tidak memiliki tes kesehatan gigi, Anda mungkin tidak dapat mendeteksi masalah pada gigi dan gusi Anda lebih awal. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius di kemudian hari, dan bahkan mungkin memerlukan perawatan yang lebih ekstensif dan mahal. Selain itu, tanpa pemeriksaan kesehatan gigi secara teratur, Anda mungkin berisiko lebih tinggi mengalami gigi berlubang atau masalah gigi lainnya.

Cara mempersiapkan tes kesehatan gigi

Ketika Anda pergi untuk tes kesehatan gigi, dokter gigi atau ahli kesehatan akan membersihkan gigi Anda dan memeriksa tanda-tanda penyakit gusi. Mereka juga akan memeriksa kerusakan gigi dan masalah lainnya.

Untuk mempersiapkan tes kesehatan gigi Anda, Anda harus:

-Sikat gigi Anda secara menyeluruh sebelum Anda pergi ke dokter gigi. Ini akan membantu menghilangkan plak atau karang gigi yang mungkin ada di gigi Anda.

-Floss gigi Anda sebelum Anda pergi ke dokter gigi. Ini akan membantu menghilangkan partikel makanan atau plak yang mungkin ada di antara gigi Anda.

-Hindari makan atau minum apa pun yang manis sebelum janji Anda. Ini termasuk permen, kue, kue, dan soda. Gula dapat menyebabkan gigi berlubang, jadi sebaiknya hindari sebelum tes kesehatan gigi Anda.

Kesimpulan

Penting untuk melakukan tes kesehatan gigi setidaknya setahun sekali, sehingga dokter gigi Anda dapat memeriksa masalah apa pun dan memberi Anda perawatan yang diperlukan. Tes kesehatan gigi cepat dan mudah, dan bisa menyelamatkan Anda dari banyak rasa sakit di masa depan. Jadi pastikan untuk membuat janji dengan dokter gigi Anda hari ini!

(GE)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top