SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Rekomendasi Obat Pelancar Haid yang Aman

Bagikan:

AshefaNews – Seperti yang diketahui, siklus wanita setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang siklusnya teratur, dan ada juga yang tidak teratur. Namun, kali ini kami akan membahas haid yang sering telat atau tidak teraturnya siklus haid! Salah satunya adalah dengan meminum obat pelancar haid.

Sebenarnya, obat pelancar haid merupakan salah satu obat penyubur kandungan. Karena pada dasarnya, obat ini akan membantu tubuh wanita untuk memproduksi hormon-hormon yang mengatur pelepasan sel telur. 

Makanya, dari kebanyakan kasus siklus menstruasi yang tidak teratur dihubungkan langsung dengan masalah ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Setelah meminum obat pelancar haid, biasanya setelah 2-3 hari penggunaan, haid akan muncul.

Rekomendasi obat pelancar haid

Pastinya anda pernah mengalami menstruasi seperti telat dapat haid, lebih cepat atau bahkan lebih dari satu kali dalam sebulan. Namun, kebanyakan dari sebagian orang memilih untuk mengabaikannya, tapi ada juga yang mencari obat untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Lantas apa saja obat untuk pelancar haid? Tunggu dulu! sebelum anda menemukan obat pelancar haid yang tepat, anda perlu mengetahui apa penyebab haid tidak teratur. Untuk mengetahui lebih jelasnya, tentu saja anda disarankan untuk pergi ke dokter untuk diperiksa.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, mungkin dokter akan memberikan resep obat pelancar haid. Beberapa diantaranya adalah :

1. Pil KB

Obat pelancar haid yang pertama adalah Pil KB. Dilansir seorang penelitian, bahwa anda bisa memancing haid dengan minum PIL KB selama 6 bulan secara rutin dan tepat.

Pasalnya, pil KB ini bekerja sebagai cara untuk meningkatkan produksi protein globulin. Sehingga protein ini mampu mengikat hormon androgen termasuk juga testosteron. Bisa diketahui kelebihan dari androgen yaitu salah satu penyebab haid tidak teratur. Karena dengan mengurangi aktivitas testosteron, maka siklus haid akan kembali normal atau teratur.

Bahkan tak cuman untuk obat pelancar haid, pil KB sendiri juga bisa mengurangi premenstrual syndrome (PMS) yang dapat seperti jerawat, kram pada perut serta tumbuhnya rambut halus yang berlebih di wajah.

2. Bromokriptin

Selain itu, anda juga harus tahu fungsi dari bromokriptin yaitu dapat mengatasi masalah gangguan karena produksi hormon prolaktin yang berlebih. Namun, salah satu gejala prolaktin yang berlebih adalah haid yang tidak teratur.

Jadi sebelum minum obat bromokriptin, pastikan anda sudah periksa ke dokter terlebih dahulu. Karena bromocriptine ini biasanya akan diminum mulai dari dosis yang rendah dan bertingkat secara bertahap. Makanya, anda hanya bisa mengetahui dosis awal yang dibutuhkan setelah periksa ke dokter.

3. Primolut N 5 mg

Primolut N 5 mg obat ini mengandung norethisterone yang merupakan hormon progesteron, yang dimana obat ini memiliki kandungan obat pelancar haid agar tidak hamil yang berisi 30 tablet dalam satu kardusnya.

Pasalnya, penggunaan dari obat ini untuk merangsang siklus sebanyak satu tablet diminum 2 kali sehari, yaitu mulai hari ke-16 dan hari ke-25 dari siklus menstruasi. Sedangkan untuk pra menstruasi yakni sebanyak 1-3 kali sehari sebanyak satu tablet dalam aturan minum setelah makan. 

4. Progestin

Obat pelancar haid selanjutnya adalah progestin. Progestin merupakan salah satu hormon buatan yang kerap sering digunakan sebagai obat haid tidak teratur, sebab obat ini memiliki fungsi yang sama seperti hormon progesteron. Salah satu fungsi tersebut adalah dapat menyeimbangkan kadar estrogen yang berperan dalam pengaturan siklus haid.

Bentuknya sendiri seperti pil, progestin juga menjadi bahan yang aktif pada KB spiral dan suntik KB atau IUD Mirena. Bahkan hanya dapat melancarkan haid, obat ini juga berfungsi untuk pembuahan dan mengendalikan hasrat seks.

5. Tuntas kapsul

Tuntas kapsul merupakan obat telat datang bulan yang paling manjur di apotik, kemasan satu ini dalam bentuk kapsul 10 s yang sudah terjamin BPOM. Tuntas kapsul digunakan untuk membantu melancarkan dan mengatasi haid yang tidak teratur serta dapat menghilangkan rasa nyeri saat haid.

Tapi ingat! obat ini tidak dapat digunakan pada orang hamil. Anda bisa menyimpannya di tempat sering dengan suhu ruang serta hindarkan dari sinar matahari langsung. Aturan cara pemakaian tuntas kapsul yaitu diminum sehari 4 kapsul dalam sekali minum, namun berlangsung 3 hari.

6. Clomiphene

Clomiphene termasuk dalam kategori obat yang dapat mendukung ovulasi. Clomiphene adalah obat dengan golongan selektif estrogen receptor modulator.

Clomiphene bekerja dalam meningkatkan produksi dan jumlah hormon untuk merangsang ovarium dalam memproduksi sel telur. Kemudian obat ini juga yang akan merangsang pelepasan sel telur.

Nah, apabila sel telur yang dikeluarkan tidak dapat dibuahi oleh sperma, maka akan terjadi haid. Aturan minum nya satu kali dalam sehari.

7. Metformin

Seperti yang diketahui, obat ini sebenarnya digunakan untuk obat diabetes. Namun, Metformin juga dapat dikonsumsi oleh penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang mengalami masalah haid tidak teratur. 

Pasalnya, obat mempercepat haid ini dapat membantu menyeimbangkan hormon androgen dan estrogen. Untuk aturan minumnya, sangat bergantung pada respon tubuh. Sebab, mengonsumsi diawali sekali, tapi bisa ditambahkan dosisnya sesuai dengan pengamatan dokter.

8. Gonadotropin 

Gonadotropin merupakan salah satu hormon yang digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan pada wanita. Biasanya hormon ini dapat dihasilkan oleh plasenta pada awal kehamilan dan dibutuhkan untuk menjaga dinding rahim.

Tetapi diluar kehamilan, hormon gonadotropin ini bisa berfungsi sebagai pemacu pematangan sel telur. Dalam penggunaannya, obat ini umumnya diberikan dalam bentuk suntikan.

9. Menses cair sachet

Terakhir adalah menses cair sachet. Umumnya, Obat ini mengandung 15 ml dalam bentuk larutan obat herbal tradisional, yang digunakan untuk wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur sekaligus dapat meredakan sakit nyeri.

Memiliki kandungan yang berupa daun tempuyung, daun beluntas, daun jungrahab, daun seribu, rimpang rumput teki, rimpang jahe, rimpang kunyit dan kulit kayu manis. Dalam aturan minumnya, satu sachet untuk diminum 3 kali dalam sehari. Untuk ketentuannya, tentunya 4 hari sebelum datang bulan.

Kesimpulan

Demikian uraian tentang obat pelancar haid yang dapat kami berikan. Pastikan periksa ke dokter terlebih dahulu sebelum membelinya, karena dokter sendiri yang akan menyarankan resep tersebut. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

(Alia)

Scroll to Top