Perbedaan Gangguan Jiwa Dan Kesehatan Jiwa

Bagikan:

AshefaNews – Gangguan jiwa dan kesehatan jiwa sering dibicarakan secara bergantian, tetapi sebenarnya merujuk pada dua hal yang berbeda. Gangguan mental adalah kondisi yang dapat didiagnosis yang mempengaruhi pikiran, emosi, dan perilaku seseorang. Kesehatan mental, di sisi lain, adalah keadaan sejahtera di mana seorang individu mampu mengatasi tekanan hidup yang normal. Meskipun mungkin untuk memiliki kesehatan mental yang baik tanpa gangguan mental, tidak mungkin memiliki gangguan mental tanpa mempengaruhi kesehatan mental Anda. Dengan kata lain, semua gangguan mental akan berdampak negatif pada kesehatan mental Anda dalam beberapa cara. Gangguan mental umum terjadi, mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Di Amerika Serikat saja, satu dari lima orang dewasa mengalami gangguan mental pada tahun tertentu.

Gangguan mental

Gangguan mental adalah penyakit yang dapat didiagnosis yang ditandai dengan perubahan dalam pemikiran, suasana hati, dan/atau perilaku. Mereka dapat disebabkan oleh faktor genetik, faktor biologis (seperti penyakit menular atau trauma), atau faktor psikologis (seperti stres). Gangguan mental dapat menyebabkan penderitaan dan/atau gangguan fungsi.

Kesehatan mental, di sisi lain, adalah keadaan sejahtera di mana seorang individu mampu mengatasi tuntutan kehidupan sehari-hari. Bukan berarti tidak adanya gangguan mental. Kesehatan mental mencakup perasaan baik tentang diri sendiri, memiliki hubungan yang mendukung, dan mampu berkontribusi pada komunitas seseorang.

Kesehatan mental

Penting untuk memahami perbedaan antara gangguan mental dan kesehatan mental. Gangguan mental adalah kondisi yang dapat didiagnosis yang secara signifikan mempengaruhi pikiran, emosi, dan perilaku seseorang. Kesehatan mental, di sisi lain, adalah keadaan sejahtera di mana seseorang dapat mengatasi tantangan dan tekanan hidup.

Gangguan jiwa seringkali ditandai dengan gejala yang mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Gejala-gejala ini dapat melemahkan dan menyebabkan penderitaan bagi individu yang terkena. Gangguan mental juga dapat menyebabkan masalah dalam hubungan, di tempat kerja atau sekolah, dan di bidang kehidupan lainnya.

Kesehatan mental lebih dari sekedar tidak adanya gangguan mental. Ini termasuk perasaan baik tentang diri sendiri, memiliki hubungan yang mendukung, dan mampu menghadapi tantangan dan tekanan hidup dengan cara yang sehat. kinerja puncak baik secara mental maupun fisik. Setiap orang memiliki saat-saat ketika mereka tidak merasakan yang terbaik secara mental, tetapi penting untuk dipahami bahwa ini tidak sama dengan memiliki gangguan mental.

Perbedaan antara gangguan mental dan kesehatan mental

Gangguan mental dan kesehatan mental sering digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan besar di antara keduanya. Kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana seorang individu mampu mengatasi tekanan hidup yang normal, bekerja secara produktif, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas mereka. Gangguan mental, di sisi lain, adalah kondisi yang dapat didiagnosis yang menyebabkan tekanan signifikan atau gangguan fungsi.

Meskipun tidak ada definisi satu ukuran untuk semua kesehatan mental, umumnya mencakup aspek-aspek seperti kesejahteraan emosional, ketahanan psikologis, dan keterhubungan sosial. Gangguan mental, di sisi lain, ditandai dengan gejala yang menyebabkan tekanan signifikan atau gangguan fungsi. Gejala-gejala ini dapat berupa kognitif (misalnya, masalah memori), emosional (misalnya, kecemasan atau depresi), atau perilaku (misalnya, menyakiti diri sendiri).

Gangguan mental sering diobati dengan pengobatan dan/atau terapi. Kesehatan mental, di sisi lain, adalah sesuatu yang kita semua perjuangkan dan dapat promosikan melalui tindakan dan pilihan kita sehari-hari. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kesehatan mental Anda, seperti berolahraga secara teratur, makan makanan yang seimbang, cukup tidur, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mendukung.

Mengapa penting untuk mengetahui perbedaannya

Penting untuk mengetahui perbedaan antara gangguan mental dan kesehatan mental karena keduanya adalah hal yang berbeda. Gangguan jiwa adalah kondisi medis yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Mereka dapat disebabkan oleh kombinasi faktor biologis, psikologis, dan lingkungan. Kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana seseorang mampu mengatasi tekanan hidup yang normal, bekerja secara produktif, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitasnya.

Kesimpulan

Gangguan jiwa dan kesehatan jiwa adalah dua konsep yang sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya mengacu pada dua hal yang berbeda. Gangguan mental adalah kondisi yang dapat didiagnosis yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati, pemikiran, dan perilaku. Kesehatan mental, di sisi lain, adalah istilah umum yang mengacu pada kesejahteraan emosional dan psikologis seseorang secara keseluruhan. Sementara gangguan mental dapat berdampak pada kesehatan mental, tidak semua gangguan mental menyebabkan kesehatan mental yang buruk. Faktanya, banyak orang dengan gangguan mental hidup bahagia dan memuaskan.

(ALN-Frns)

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top