Obat Vertigo Berbahan Alami Tanpa Resep Dokter 

Bagikan:

AshefaNews – Vertigo adalah salah satu penyakit yang sering dialami beberapa orang, khususnya orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak biasanya hanya mengalami sakit kepala biasa akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari pada siang hari yang terik atau akibat terbentur benda atau sesuatu sehingga menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat. 

Meskipun vertigo seringkali dianggap sebagai salah satu penyakit yang menyerang kepala dan hal itu sangat biasa terjadi. Namun sebenarnya, vertigo adalah salah satu indikasi dari adanya penyakit lain yang bersarang dalam tubuh anda. Penderita vertigo akan merasakan sakit yang luar biasa hingga keadaan sekeliling berputar dan sulit melakukan aktifitas seperti biasanya. Untuk itu, penderita vertigo biasanya tidak hanya meminum obat yang dibeli di apotik atau warung melainkan langsung berkonsultasi dengan dokter. 

Penyebab Vertigo 

Dilihat dari penyebabnya, vertigo dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu, vertigo perifer dan sentral. Vertigo perifer terjadi akibat gangguan telinga pada bagian dalam. Sedangkan vertigo sentral terjadi akibat gangguan pada otak. Gangguan itu dapat terjadi apabila anda mengalami stroke, tumor otak, cedera kepala atau leher dan bahkan penyakit parkinson, yakni penyakit yang menyerang sistem saraf sehingga terjadi gangguan pada keseimbangan tubuh anda. Contoh penyakit parkinson seperti tremor dan kaku otot. Namun penyakit parkinson ini hanya menyerang lansia di atas 50 tahun dan kebanyakan penderita adalah seorang pria. 

Gejala Vertigo

Vertigo berbeda dengan sakit kepala biasa karena yang dirasakan penderita adalah perasaan melayang dan ruangan disekitar yang ikut berputar. seiring dengan gerakan kepala. Maka dari itu biasanya penderita vertigo hanya memilih berbaring di kasur daripada duduk bersandar. Tidak hanya itu saja, vertigo juga menimbulkan sensasi lain seperti mual dan telinga berdengung terus. Satu hal yang harus anda waspadai adalah ketika gejala vertigo biasa berubah menjadi komplikasi vertigo. Meskipun sejauh ini jarang ditemukan kasus tersebut, namun tak ada salahnya untuk hati-hati terhadap penyakit ini. Karena bagaimanapun juga, vertigo membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan bahkan beberapa diantaranya bisa pingsan dan terjatuh karena hilang keseimbangan. 

Obat Vertigo Dengan Resep Dokter 

Jika anda adalah penderita vertigo, tentunya anda sangat akrab dengan dua nama obat yang sering digunakan dokter untuk penderita vertigo yakni, promethazine dan dimenhydrinate. Masing-masing obat ini memiliki khasiat khusus dan tentu saja itu adalah hal yang baik. Di samping itu, kedua obat ini juga dapat digunakan untuk situasi lain seperti dimenhydrinate yang juga dipakai saat mabuk perjalanan dan untuk meredakan mual. Sedangkan promethazine dipakai untuk mengurangi rasa alergi dan mabuk perjalanan. Hal ini terjadi karena dua obat ini berasal dari golongan antihistamine. Meskipun begitu, kedua obat ini tidak dapat dibeli begitu saja di apotik, melainkan harus lewat resep dokter terlebih dahulu. 

Obat Vertigo Berbahan Alami Tanpa Resep Dokter

Ada banyak cara mengobati penyakit ini, namun hanya beberapa saja yang berhasil dan cocok untuk tubuh. Berikut adalah pengobatan alami yang tidak perlu menggunakan resep dokter. 

Air Putih

Mendapatkan cairan yang cukup dalam tubuh juga merupakan salah satu cara agar terhindar dari gejala vertigo. Meskipun begitu, jika anda sudah terkena vertigo segeralah untuk meminum air dan jangan sampai dehidrasi. Disamping air air putih sangat mudah mendapatkannya dan bahkan anda tidak perlu bersusah payah membelinya, air putih juga sangat ampuh untuk mengobati vertigo. Dan untuk memenuhi cairan dalam tubuh, anda harus minum air putih minimal 8 gelas perhari dan maksimal 12 gelas per hari. Dengan begitu, anda tidak akan merasa pusing dan mampu mengendalikan tubuh anda dengan seimbang. 

Ginkgo Biloba

Salah satu tanaman yang mana merupakan bahan ramuan herbal tradisional khas Tiongkok. Obat ini dipercaya dapat mengurangi gejala vertigo dan mampu melancarkan peredaran darah ke otak guna meredakan pusing dan menangani masalah keseimbangan tubuh yang kurang baik. 

Almond

Dengan mengkonsumsi segenggam almond setiap hari banyak yang percaya dapat meredakan gejala vertigo. Karena kandungan yang dimiliki kacang almond kaya akan vitamin A, vitamin B dan vitamin E. 

Teh Jahe

Untuk bahan ini anda pasti sangat tahu apa saja manfaatnya dari segelas teh jahe. Selain dapat mengatasi penyakit flu dan meriang serta meminum jahe sebagai salah satu cara untuk menghangatkan tubuh dari rasa dingin. Teh jahe juga dipercaya dapat mengatasi rasa mual dan pusing karena vertigo. Sebaiknya anda mengkonsumsi teh jahe 2 kali sehari atau 1 kali pada sore hari.

Cuka Apel & Madu

Sama seperti ramuan khas Tiongkok, cuka apel dan madu dipercaya dapat menghentikan gejala vertigo karena mampu mengalirkan darah hingga ke otak. Ketika darah mencapai otak, maaka tubuh akan merasa lebih segar dan fresh serta mampu mengendalikan tubuh dengan seimbang tanpa khawatir akan terjatuh dan pingsan. 

Ikan Salmon

Makanan dengan bahan ikan salmon adalah yang terbaik. Anda bisa menggoreng dengan melakukan marinasi sebelumnya atau anda bisa memegangnya dengan api kecil. Ikan salmon yang kaya akan vitamin D dan omega 3 dipercaya mampu mengurangi gejala vertigo. Karena salah satu sebab sakit kepala adalah kurangnya vitamin D dalam tubuh. 

Lemon Balm

Untuk mengkonsumsi lemon ini anda bisa mencampurkannya dengan air hangat. Kandungan setiap lemon yang kaya akan vitamin C, antispasmodic, carminative, sedatif dan nervive dipercaya ampuh meredakan nyeri akibat vertigo. Namun, lemon jenis ini berbeda dengan lemon yang biasanya digunakan untuk memasak atau lemon dengan rasa yang sangat asam. Konon lemon ini juga disebut ramuan abadi yang berasal dari negara Eropa bagian selatan, tepatnya di wilayah Mediterania. Selain mampu meredakan gejala vertigo, lemon balm juga dipercaya mampu meredakan stres, membuat diri lebih rileks dan memperbaiki mood yang buruk. Meskipun begitu terlalu banyak mengkonsumsi lemon balm dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini terjadi karena dalam lemon terdapat kandungan senyawa asam oksalat yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan senyawa itu akan mengendap di dalam ginjal dan mengakibatkan penyakit batu ginjal. 

Cabai Cayenne

Cabai ini juga dikenal dengan sebutan cabai tanduk sapi atau cabai burung. Atau mudahnya masyarakat kita lebih akrab dengan sebutan cabai rawit panjang. Khasiat dari cabai ini tidak hanya mampu meredakan gejala vertigo tetapi dapat meringankan nyeri otot dan sendi, mengurangi gula darah, mengurangi bau mulut, meredakan hidung tersumbat karena flu bahkan membantu membakar kalori dalam tubuh. 

Meskipun terkenal dengan rasa pedasnya, kandungan di dalam cabai ini cukup berguna untuk tubuh. Cabai ini mengandung air, protein, zat besi, serat, kalsium, kalium, fosfor, kalori, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, vitamin K bahkan sampai zinc dan asam folat. 

(GE – RNY)

Scroll to Top