Pilihan Obat Sinus yang Cocok untuk Mengatasi Peradangan dan pembengkakan

Bagikan:

AshefaNews – Sinusitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ pernapasan. Dimana sinus ini penyakit yang menyebabkan peradangan dan juga pembengkakan pada rongga sinus yang disebabkan karena iritasi, infeksi dan udara yang kering. 

Hal tersebut menyebabkan gejala seperti hidung meler, hidung tersumbat hingga nyeri kepala dan juga nyeri pada wajah. Ketika mengalami sinus maka penderita akan sering mengalami kambuh sehingga harus segera diatasi dengan tepat sesuai dengan kondisi yang dialami. 

Jika tidak ditangani maka bisa menyebar ke mata hingga otak. Oleh sebab itu ketika mengalami infeksi dan iritasi pada organ sinus bisa diatasi dengan pengobatan medis yang cocok seperti menggunakan dekongestan, antibiotic, obat alergi hingga imunoterapi. 

Dekongestan

Salah satu obat sinus yang bisa digunakan untuk mengatasi sinusitis adalah dekongestan. Obat ini bisa bekerja dengan mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada organ sinus. Obat tersebut bisa membuat hidung lebih lega. 

Selain itu pun obat ini juga bisa mengurangi penumpukan lendir yang terjadi. Obat dekongestan bisa digunakan dengan semprot. Namun jangan digunakan secara jangka panjang atau tidak boleh lebih dari 3 hari. 

Jika digunakan berlebihan bisa membuat hidung semakin mampet dan tersumbat. Meskipun tidak boleh digunakan secara berlebihan ternyata obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter dan dijual secara bebas di apotek. 

Obat yang termasuk ke dalam dekongestan seperti naphazoline, phenylephrine dan oxymetazoline yang bisa digunakan dengan bentuk semprotan hidung. Sedangkan jika menggunakan dekongestan dengan bentuk pil minum maka bisa menggunakan pseudoefedrin dan fenilefrin. 

Para penderita hipertensi tidak dianjurkan menggunakan obat ini karena bisa meningkatkan tekanan darah. Obat ini juga tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak usia dibawah 4 tahun. 

Antibiotic

Antibiotik merupakan obat anti bakteri yang banyak digunakan ketika mengalami infeksi bakteri. Obat ini salah satunya bisa digunakan untuk mengatasi sinusitis. Ketika mengalami sinusitis akut maka antibiotic bisa digunakan selama 10-14 hari. 

Sedangkan bagi penderita yang mengalami sinusitis kronis penggunaan antibiotik bisa digunakan lebih lama namun sesuai dengan kondisi yang dialami dan resep yang dianjurkan oleh dokter kepada setiap pasien. 

Obat antibiotic yang bisa digunakan untuk mengatasi sinus adalah amoxicillin. Namun masih banyak juga jenis antibiotik lain yang bisa digunakan untuk meredakan gejala sinus. Jika sinus disebabkan oleh virus maka hal tersebut tidak bisa menggunakan obat antibiotic. 

Kortikosteroid

Obat kortikosteroid memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa mengatasi sinus yang terjadi. Obat ini bisa meredakan pembengkakan dan juga peradangan pada dinding sinus. Jika mengalami sinus kronis maka obat steroid yang digunakan berbentuk tablet. 

Kortikosteroid tersedia juga dalam bentuk semprotan hidung. Diantaranya seperti mometasone furoate dan fluticasone. Obat tersebut termasuk ke dalam jenis obat kortikosteroid yang digunakan dalam bentuk semprotan.

Selain dalam bentuk semprotan hidung dan juga obat minum. Kortikosteroid juga tersedia dalam bentuk suntik. Sehingga banyak pilihan yang bisa digunakan sesuai dengan gejala yang dialami dan tingkat keparahannya. 

Obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit atau pereda nyeri juga ternyata bisa digunakan ketika mengalami sinus. Hal tersebut disebabkan karena gejala yang terjadi ketika mengalami sinus seperti nyeri kepala hingga nyeri pada wajah. Oleh sebab itu obat ini biasanya diresepkan. 

Obat penghilang rasa sakit yang biasa digunakan adalah paracetamol, aspirin dan juga ibuprofen. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari 10 hari karena bisa menyebabkan ketergantungan. 

Jika setelah menggunakan obat pereda nyeri dalam berhari-hari namun tidak menunjukkan respon yang baik maka lebih baik untuk menghentikan penggunaan dan periksakan ke dokter mengenai gejala yang dirasakan. 

Obat alergi

Obat alergi juga bisa digunakan untuk mengatasi sinusitis. Sinusitis yang disebabkan oleh alergi bisa dengan menggunakan obat alergi seperti antihistamin. Sehingga penggunaan obat sinus harus sesuai dengan gejala dan juga penyebabnya. 

Obat antihistamin

Obat antihistamin merupakan obat yang bisa digunakan bagi penderita sinus yang disebabkan oleh alergi. Cara kerja obat ini bisa meredakan gejala hidung tersumbat. Sehingga ketika mengalami pilek dan bersin karena alergi maka antihistamin cocok untuk digunakan. 

Salah satu obat antihistamin yang bisa digunakan adalah loratadine. Obat ini dianjurkan untuk digunakan pada malam hari karena memiliki efek samping mengantuk. Berikan dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter. 

Imunoterapi

Selanjutnya bisa juga dengan menggunakan imunoterapi. Jika mengalami sinusitis kronis maka hal tersebut bisa disebabkan karena imunodefisiensi atau kekebalan tubuh yang terganggu. Misalnya defisiensi IgA dan juga defisiensi C4. 

Sehingga sinusitis kronis lebih banyak disebabkan oleh peradangan. Oleh sebab itu cocok dengan melakukan imunoterapi seperti immunoglobulin intravena sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan atau mengatasi infeksi dan juga peradangan. 

Menthol

obat sinus selanjutnya adalah menthol. Menthol memang bisa membantu nafas menjadi lega. Selain itu pun menthol juga lebih aman untuk digunakan dibandingkan dengan obat lainnya. Caranya bisa dengan mengoleskan di dada atau dihirup ke hidung yang tersumbat hingga terasa lega dan nyaman. 

Air saline

Obat sinus lainnya bisa juga dengan menggunakan air saline atau pemakaian air garam. Hal tersebut bisa untuk mengatasi gangguan hidung seperti sinus. Air saline bisa membantu dalam mengurangi jumlah kuman dan bakteri, menjaga kebersihan hidung hingga membilas iritan lainnya yang biasanya menempel dan menumpuk dalam hidung. 

Selain itu pun air saline ini tersedia di apotek dengan bentuk semprot dan bisa digunakan secara mandiri dengan campuran 400 ml air matang dan juga 1 sendok teh garam dan juga 1 sendok the baking soda. 

Selain menggunakan obat-obatan untuk mengatasi sinus bisa juga dengan melakukan operasi. Operasi tersebut dilakukan untuk memperbesar saluran sinus dan juga menghilangkan penyumbatan lendir. Sehingga hal tersebut dilakukan jika sudah sangat parah. 

Kesimpulan 

Sinus merupakan salah satu gangguan pernapasan yang bisa dialami. Penyakit ini terjadi karena adanya pembengkakan dan peradangan pada organ sinus sehingga menyebabkan hidung meler, tersumbat, nyeri kepala hingga nyeri pada wajah. 

Namun sinus bisa terjadi dalam tahap ringan, sedang hingga berat. Sehingga penanganan nya pun harus disesuaikan dengan gejala dan tingkat keparahan yang dialami. Untuk mengatasi sinus bisa digunakan beberapa macam pilihan obat. 

Seperti kortikosteroid, dekongestan, antibiotic, obat pereda nyeri, obat alergi dan berbagai obat sinus lainnya yang bisa digunakan dengan dan atau tanpa resep dokter. Dalam penggunaannya pun ada yang diminum, disemprotkan pada hidung atau ada juga yang disuntikan. 

Selain menggunakan obat-obatan ada juga yang melakukan operasi sinus jika sudah sangat parah. Operasi tersebut dilakukan untuk memperbesar saluran sinus dan juga menghilangkan penyumbatan lendir. Sehingga hal tersebut dilakukan jika sudah sangat parah.

(GE – RFA)

Scroll to Top