SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Obat Sakit Tenggorokan Paling Ampuh, Alami dan Medis

Bagikan:

AshefaNews – Sakit tenggorokan merupakan suatu kondisi yang dimana tenggorokan terasa sakit seperti nyeri, gatal dan kering. Biasanya, nyeri di tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus streptococcus pyogenes yang masuk.

Tentunya kondisi yang seperti ini bisa mengganggu, sehingga penderitanya harus mencari obat sakit tenggorokan. Salah satunya Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau bisa juga beli di apotek terdekat.

Jenis Sakit Tenggorokan

Berdasarkan bagian tenggorokan yang sakit, ada beberapa jenis yang umumnya sering sakit di tenggorokan, yaitu :

  • Faringitis : yaitu peradangan dan nyeri di tenggorokan.
  • Tonsillitis : seperti peradangan pada amandel atau jaringan lunak di  belakang mulut.
  • Laringitis : seperti peradangan laring atau di kotak suara.

Biasanya sakit tenggorokan ada yang bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus pengobatan yang serius, karena Anda bisa melakukan pengobatan di rumah sendiri dengan bahan herbal alami. Tetapi, tak sedikit pula sebagian orang yang membutuhkan tindakan medis dan obat-obatan dari dokter.

Gejala sakit tenggorokan

Gejala yang timbul biasanya dapat bervariasi, namun tergantung juga dengan penyebabnya, sehingga cara mengobati sakit tenggorokan tersebut bisa dilakukan dengan berbeda-beda. 

Adapun beberapa gejala yang paling umum sering terjadi yaitu:

  • Rasa gatal di tenggorokan.
  • Ada sensasi panas seperti terbakar.
  • Tenggorokan akan terasa kering seperti kurangnya minum air putih.
  • Saat menelan makanan atau minuman terasa sulit.
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Hidung terasa tersumbat.
  • Lidah memerah hingga bengkak.
  • Sementara itu, jika terkena radang tenggorokan biasanya akan muncul bercak-bercak putih seperti amandel.

Itulah tadi beberapa gejala yang umumnya sering terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengobatinya dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah ataupun obat-obatan dari dokter.

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan obat Alami

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, namun masih tergolong ringan Anda bisa langsung mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda! Beberapa obat sakit tenggorokan alami diantaranya adalah :

Larutan air garam

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan alami, Anda bisa menggunakan air garam. Pasalnya, air garam merupakan larutan air garam alami yang paling ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Larutan air garam sendiri bersifat antiseptik sehingga dapat memperlambat serta menghentikan pertumbuhan virus bakteri yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

Selain itu, larutan air garam bisa mencairkan lendir yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau adanya dahak agar tidak membuat radang tenggorokan semakin menyakitkan.

Caranya cukup mudah, Anda bisa melarutkan garam yang beryodium dengan satu gelas air hangat. Kemudian berkumur-kumurlah sekitar 30 detik dan lakukan sebanyak 3 atau 4 setiap harinya hingga radang tenggorokan mereda.

Air lemon

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air lemon untuk mengatasi sakit tenggorokan. Karena perasan air lemon sendiri kaya akan vitamin C sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mempercepat memulihkan sakit tenggorokan.

Namun, disamping vitamin C perasan air lemon juga memiliki kandungan senyawa astringent yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan di tenggorokan.

Teh jahe

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan teh jahe sebagai obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Karena teh jahe memiliki kandungan gingerol yang bersifat anti-inflamasi serta analgesik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan.

Untuk itu Anda disarankan untuk meminum teh jahe yang hangat, karena teh jahe dapat melegakan radang tenggorokan. Selain itu juga, dengan minum teh jahe hasilnya lebih optimal untuk menghilangkan rasa nyeri di tenggorokan.

Bawang Putih

Ternyata bawang putih bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dengan alami. Tak cuma itu, bawang putih juga bisa membantu mengatasi rasa nyeri sakit di radang tenggorokan.

Nyatanya, bawang putih diketahui memiliki kandungan senyawa allicin yang bersifat antimikroba sehingga bawang putih mampu mengatasi radang tenggorokan karena infeksi bakteri dan virus.

Caranya cukup mudah, Anda bisa langsung mengunyah bawang putih secara langsung untuk dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan alami.

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan obat di apotek

Nah, jika mengatasi sakit tenggorokan dengan bahan alami yang ada di rumah, namun belum sembuh juga. Anda bisa langsung membeli obat sakit tenggorokan di apotek. Beberapa obat yang bisa membantu mengatasi adalah :

1.  Adem Sari

Mungkin Anda sudah sering mendengar nama obat ini atau bahkan pernah mengkonsumsi obat ini yaitu Adem sari. Adem sari memiliki rasa jeruk yang dapat menyegarkan tenggorokan serta mengandung komposisi ekstrak jeruk nipis, vitamin C dan bahan-bahan lainnya yang bisa meredakan sakit radang tenggorokan.

Adem sari memiliki bentuk serbuk sachet dan kaleng. Minuman yang satu ini cukup populer, karena juga bisa membantu mengatasi panas dalam dan sering digunakan untuk dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan tak cuma itu saja, minuman ini juga dapat mengatasi melembabkan tenggorokan yang kering dan membantu mengatasi dehidrasi tubuh  Pasalnya, Adem Sari sangat mudah didapatkan di setiap apotek dan pastinya minimarket atau warung di sekitar Anda.

2. Strepsils

Strepsils merupakan salah satu obat permen hisap dengan memiliki fungsi seperti dapat meredakan sakit tenggorokan, nyeri mulut dan bau mulut.

Strepsils memiliki kandungan komponen antibakteri dan antiseptik sehingga obat ini ampuh dalam membasmi virus dan berbagai bakteri dalam mulut. Selain itu, strepsils memiliki berbagai varian rasa seperti madu dan lemon, stroberi serta mint yang dapat melegakan sakit tenggorokan.

3. Efisol Loz

Selain itu, Efisol loz yang merupakan obat hisap untuk penderita radang tenggorokan, bau mulut yang disebabkan oleh bakteri serta mengatasi sariawan. Efisol Loz memiliki rasa cokelat, sehingga menjadikannya obat yang pas untuk Anda yang sulit mengonsumsi obat tablet.

Terlebih lagi, Efisol Loz juga memiliki sedikit vitamin C yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Dan  setiap 1 tablet memiliki dosis 3 jam, namun setelah infeksi mereda menjadi sekitar 4-5 jam.

4. Tantum Lozenges

Tablet hisap yang satu ini juga mampu meringankan rasa sakit pada rongga mulut dan tenggorokan. Selain itu, obat ini juga sering digunakan penyakit lainnya seperti tonsilitis, gingivitis, sariawan, faringitis dan penyakit lainnya.

Misalnya, Anda ke dokter gigi terus cabut gigi disebabkan bolong dan ada kemungkinan dokter akan memberikan obat ini. Tantum Lozenges juga  memiliki zat yang bernama benzydamine sehingga sangat ampuh  menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kuman.

Demikian uraian tentang obat sakit tenggorokan yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

(FR – Alia)

Scroll to Top