SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Berbagai Obat Sakit Pinggang yang Banyak Digunakan Serta Kegunaanya

Bagikan:

AshefaNews – Apa Anda sedang mencari rekomendasi obat sakit pinggang? Sebagian besar orang beranggapan bahwa sakit pinggang hanya akan dialami oleh lansia saja. Namun hal tersebut tidaklah benar, orang dengan usia muda juga dapat mengalami kondisi tersebut.

Beberapa penyebab sakit pinggang bagi mereka yang berusia muda diantaranya adalah jarang melakukan aktivitas olahraga, duduk dengan posisi yang keliru, mengangkat beban yang terlalu berat. Bahkan mengidap beberapa penyakit tertentu. 

Mereka yang memiliki kondisi sakit pinggang akan merasakan nyeri yang dapat menjalar dari pinggang, bokong hingga kaki. Sakit pinggang juga bisa membuat penderitanya sulit bergerak, dan berdiri secara tegak karena rasa nyeri yang timbul pada bagian pinggang. Lantas, apa saja obat sakit pinggang?

Apa itu Obat Sakit Pinggang?

Sebenarnya untuk dapat mengatasi sakit pinggang tidak harus menggunakan obat sakit pinggang. Sebab terdapat berbagai cara penanganan yang bisa dilakukan sendiri seperti mengompres area pinggang yang nyeri menggunakan es supaya pembengkakan dapat berkurang dalam jangka waktu dua sampai tiga hari.

Setelah itu, Anda dapat mengganti kompres dingin dengan kompres air hangat. Kompres dengan air hangat ini dapat mengurangi peradangan, melemaskan otot, serta dapat meningkatkan aliran darah. 

Terdapat satu lagi cara mengatasi sakit pinggang yang tak boleh terlewatkan, yakni tetap bergerak atau beraktivitas. Sebab terlalu banyak beristirahat dapat membuat otot pinggang semakin melemah. Oleh karena itu penderitanya dianjurkan supaya tetap beraktivitas, seperti melakukan peregangan otot atau olahraga ringan.

Lalu, apa jadinya apabila cara-cara di atas tidak manjur, maka temui dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Pada umumnya dokter akan meresepkan obat sakit pinggang sesuai kondisi pengidapnya. 

Obat Sakit Pinggang Di Apotik

Sakit pinggang, dalam dunia kesehatan mungkin merupakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi bagi para pekerja, kondisi ini sangatlah mengganggu karena ruang gerak menjadi terbatas. Bergerak sedikit saja akan memunculkan rasa nyeri yang sangat dahsyat serta sangat mengganggu di area tengah tubuh.  

Salah satu solusi mengatasi sakit pinggang adalah dengan obat sakit pinggang. Beberapa Obat sakit pinggang di apotik yang dapat diperoleh secara mudah diantaranya adalah:

1. Salonpas Koyo

Salonpas Koyo adalah obat sakit pinggang dengan harga terjangkau yang telah ada sejak jaman dulu. Koyo ini juga merupakan obat yang bisa diperoleh secara mudah melalui apotik, supermarket, minimarket. Bahkan banyak sekali toko – toko kecil di sekeliling kita yang menjual Salonpas Koyo. 

Disamping dapat digunakan sebagai obat sakit pada bagian pinggang, Salonpas Koyo juga dapat meredakan nyeri yang timbul dari sakit bagian otot, sakit gigi, nyeri sendi, sakit kepala bahkan hingga sakit pada otot leher.

Obat ini tersedia dalam dua jenis berbeda dengan sensasi panas yang juga berbeda. Varian reguler memiliki rasa hangat dan varian hot memberikan rasa panas yang luar biasa.

2. Tiger Balm Plaster Cool

Tiger Balm Plaster Cool merupakan obat untuk sakit pinggang berbentuk koyo. Obat ini memiliki manfaat untuk meredakan kaku pada bahu, memar, nyeri otot, sakit punggung serta keseleo. Penggunaannya dilakukan dengan cara menempelkannya pada bagian tubuh. 

Dengan adanya teknologi hidrogen terhadap bahan tidak berventilasi, Tiger Balm Plaster Cool akan memberi kenyamanan ekstra saat tertempel pada tubuh yang mengalami rasa sakit. Anda bisa memperoleh obat Tiger Balm Plaster Cool di apotik terdekat dengan harga yang terjangkau.

3. Oskadon SP Krim

Selain untuk meredakan sakit kepala,  Oskadon memiliki varian obat yang efektif guna mengatasi  rasa nyeri pada bagian pinggang. Obat tersebut memiliki nama Oskadon SP Krim yang dapat diperoleh di apotik atau di toko sekeliling dengan harga yang murah. Kandungan yang ada pada obat ini adalah menthol 50 mg, camphora 15 mg, methyl salicylate 50 mg serta eugenol 20 mg. 

4. Mipi Roll-on 10 ml

Selain terdapat beberapa obat pinggang dalam bentuk koyo serta salep. Terdapat juga obat sakit pinggang dengan bentuk minyak oles yaitu Mipi Roll-on 10 ml yang dapat didapatkan dengan harga yang terjangkau melalui apotik

Disaat menggunakannya, Mipi Roll-on 10 ml memberi khasiat hangat sehingga memberikan rasa nyaman serta meredakan rasa nyeri yang timbul pada bagian pinggang, sakit kepala, pegal linu, dan nyeri otot. Mipi Roll-on tersedia dalam beberapa jenis dengan aroma yang sangat segar.

5. Neuropyramin Tablet

Neuropyramin tablet merupakan obat yang dapat mengurangi rasa nyeri yang terdapat pada bagian otot dan tulang. Neuropyramin Tablet juga dipercaya efektif sebagai pengobatan terhadap kondisi gangguan pada urat saraf.

Obat ini mengandung vitamin B6 200 mg, vitamin B1 100 mg, dan vitamin B12 200 mg. Dosis yang dianjurkan yaitu tiga kali 1 kapsul perhari. Obat ini dapat diperoleh secara mudah di apotik.

Obat Sakit Pinggang Belakang

Bagi Anda yang menderita sakit pinggang pada bagian belakang, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga memperoleh penanganan lebih lanjut. Pada umumnya dokter akan meresepkan obat sakit pinggang belakang seperti beberapa dibawah ini:

1. Obat Antiinflamasi Non Steroid (OAINS)

OAINS adalah kelompok obat yang berguna untuk meredakan peradangan serta nyeri, termasuk sakit pinggang. Apabila digunakan untuk mengatasi sakit pinggang yang tergolong ringan sampai dengan sedang, dokter dapat memberikan OAINS. Seperti ibuprofen serta asam mefenamat yang dapat dibeli di apotik tanpa resep sebagai obat sakit pinggang.

2. Rheumason Balsem

Obat sakit pinggang ini termasuk sebagai salah satu yang populer bagi masyarakat Indonesia untuk mengatasi sakit pinggang, linu, kelelahan. Bahkan bermanfaat sebagai pelengkap untuk masuk angin. Sangat mudah menemukan Rheumason Balsem pada toko-toko obat serta apotik dengan harga yang terjangkau. 

Obat Sakit Pinggang Alami

Obat sakit pinggang tentunya tidak hanya dalam bentuk kimia, akan tetapi terdapat juga dalam bentuk alami yang dapat dijadikan pilihan tepat bagi Anda yang tidak berkenan untuk meminum obat kimia. Berikut ini merupakan obat untuk mengatasi sakit pinggang herbal atau alami:

1. Jahe

Kandungan phytochemical yang terdapat didalam jahe dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri otot dan sendi. Phytochemical sendiri merupakan senyawa yang berguna untuk menghentikan peradangan, sehingga bisa digunakan sebagai obat sakit pinggang alami

Menurut beberapa penelitian diketahui bahwa penderita yang secara teratur mengkonsumsi jahe mengalami perbaikan yang meningkat dalam rasa sakit, bengkak, serta rasa kaku pada tubuh.

2. Bawang Merah

Dari dulu, masyarakat Indonesia percaya bahwa bawang merah berguna untuk menghilangkan rasa nyeri, sekaligus dapat mengobati penyakit sakit pinggang. Bawang merah mengandung komponen aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pada tubuh. Beberapa diantaranya adalah flavonoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, serta zat tanin.

3. Kunyit

Kunyit dapat bekerja secara baik guna melawan sakit pinggang. Adanya kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai anti peradangan yang baik guna mengurangi nyeri sendi. 

Mengkonsumsi kunyit dengan dosis tinggi dalam penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Maka dari itulah dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli herbal.

Kesimpulan

Itulah artikel kesehatan tentang obat sakit pinggang yang dapat kami berikan. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat bagi anda.

(FR – NIS)

Scroll to Top