SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Obat Mimisan Terbaik untuk Anak-anak dan Dewasa

Bagikan:

AshefaNews – Mimisan merupakan salah satu perdarahan yang sering kali dialami oleh manusia. Baik itu dialami anak-anak maupun orang dewasa. Hidung mimisan sendiri, bisa terjadi karena berbagai sebab, salah satunya karena udara yang kering. Lalu apa obat mimisan yang dapat digunakan untuk meredakan keadaan tersebut?

Kekeringan pada hidung bisa menyebabkan pengerasan kulit di dalamnya. Meskipun hidung mimisan terlihat sangat menakutkan, hal tersebut ternyata jarang menunjukkan masalah medis yang serius. Sebab, pada hidung sendiri memiliki banyak pembuluh darah kecil yang terletak cukup dekat dengan permukaan pada bagian depan dan belakang hidung.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya mimisan, misalnya seperti saat membuang ingus yang terlalu kencang, mengorek hidung terlalu dalam, cedera pada hidung, flu, atau bahkan karena udara yang kering. 

Bagaimana Penanganan Saat Mimisan?

1. Dengan Cara Mencubit Hidung

Pada saat Anda mengalami kejadian mimisan, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir dan tetaplah tenang. Sebab, banyak langkah dalam menangani mimisan tersebut. Darah saat mimisan akan terus mengalir sehingga tindakan yang tepat harus diambil agar tidak memperparah mimisan.

Langkah awal dalam penanganan mimisan adalah dengan cara mencubit hidung. Pertama, Anda hanya perlu duduk dan tetap tenang. Kemudian condongkan tubuh sedikit ke depan. Selanjutnya, cubit hidung menggunakan jari telunjuk serta ibu jari. Hal ini dilakukan untuk menutup lubang hidung dan selanjutnya bernapaslah melalui mulut kurang lebih selama 5 hingga 10 menit.

2. Dengan Cara Mengompres Hidung

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengompres pangkal hidung Anda menggunakan sebuah es batu. Hal ini bertujuan untuk menghentikan mimisan yang terjadi pada hidung Anda. Sebab, cara tersebut dapat menghentikan sebuah perdarahan yang terjadi pada hidung, meskipun efektifitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

3. Obat Mimisan 

Selain dengan cara yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa memilih beberapa obat mimisan yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan pendarahan mimisan tersebut. Berikut ini adalah macam-macam obat mimisan yang termasuk obat mimisan di apotik ataupun alami, antara lain:

Obat Apotek

Asam traneksamat

Rekomendasi obat untuk mengatasi mimisan yang pertama adalah asam traneksamat, sebab obat mimisan ini dapat digunakan untuk menghentikan sebuah pendarahan pada hidung. Bahkan, obat tersebut dapat bekerja dengan mempercepat sebuah proses penggumpalan darah, sehingga mimisan bisa cepat berhenti. 

Akan tetapi, obat mimisan tersebut sebaiknya hanya dikonsumsi sesuai anjuran dari dokter, agar nantinya tidak menimbulkan efek samping  jika Anda menderita sakit atau kondisi medis tertentu.

Dekongestan Semprot

Selanjutnya ada obat mimisan dengan cara disemprotkan ke hidung, untuk menghentikan pendarahan mimisan yang memiliki kandungan dekongestan, yaitu oxymetazoline. Akan tetapi, dalam menghentikan sebuah pendarahan hidung, semprotan dekongestan tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang, karena nantinya akan memperburuk mimisan. Anda bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter terkait obat di atas, agar tidak salah dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Bahan Alami

Selain obat yang ada di apotik, ternyata ada cara mengatasi mimisan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Simak berikut ini!

Bawang Merah

Obat mimisan alami yang pertama adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah memiliki aroma yang pedas dan dapat Anda manfaatkan untuk menghentikan sebuah pendarahan hidung. Caranya pun cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu mengiris bawang merah tersebut, kemudian teteskan airnya ke dalam lubang hidung Anda untuk mengatasi pendarahan mimisan tersebut.

Cuka Sari Apel

Obat alami terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mimisan adalah, cuka sari apel. Pasalnya, dengan memakai cuka sari apel ternyata dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga sangat efektif dalam menghentikan pendarahan mimisan. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mencelupkan sebuah bola kapas ke dalam cuka sari apel dan kemudian masukan ke dalam lubang hidung selama kurang lebih 5-10 menit.

Daun Nettle

Selain dapat mengatasi dan mencegah sebuah alergi pada hidung ternyata daun nettle juga ampuh dan dapat digunakan untuk obat mimisan. Langkah untuk mengatasinya pun adalah:

  • Pertama masaklah air terlebih dahulu
  • Seduh daun nettle tersebut saat masih segar
  • Setelah dingin, kemudian celupkan sebuah kapas ke dalam larutan tersebut
  • Berikutnya, letakan kapas tersebut ke dalam lubang hidung, kurang lebih selama 5-10 menit, sampai pendarahan mimisan berhenti

Air Garam

Pada saat cuaca dingin, tentu kekeringan pada selaput hidung Anda seringkali menjadi penyebab terjadinya mimisan. Air garam juga bisa dijadikan obat mimisan pada anak serta obat mimisan dewasa. Oleh karena itu, air garam terbukti ampuh dalam menenangkan dan melembabkan selaput hidung Anda. Adapun langkah dan cara untuk mengatasinya, adalah :

  • Pertama siapkan mangkuk
  • Kemudian masukan air dan garam, lalu aduk secara merata
  • Masukan beberapa tetes larutan tersebut ke dalam lubang hidung Anda yang mimisan
  • Hasilnya pun, lapisan saluran hidung Anda akan menjadi lembab.

Daun Sirih

Cara alami yang satu ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam mengobati mimisan yaitu 

dengan menggunakan daun sirih. Tanaman herbal yang mengandung antioksidan tersebut, dapat berfungsi untuk menangkal sebuah radikal bebas. Bahkan, kandungan etanol dalam daun sirih, ternyata juga mampu mempersingkat waktu perdarahan mimisan.

Cara Mencegah Terjadinya Mimisan

Penting sekali bagi Anda untuk menjaga kelembapan sebuah rumah. Hal ini dapat menjadi cara untuk mencegah terjadinya mimisan hidung. Selanjutnya hindari merokok, sebab hal ini dapat membuat hidung Anda iritasi dan membuat hidung menjadi kering. 

Penting sekali untuk  berkonsultasi dengan dokter, jika Anda sering mengalami mimisan dan tidak dapat mencegahnya. Sebab, apabila mimisan terjadi secara sering, atau memiliki gejala anemia seperti jantung berdebar-debar, sesak nafas, dan kulit pucat. Sebaiknya, segeralah Anda untuk memeriksanya dan berkonsultasi dengan dokter.

Sementara itu, mimisan juga bisa dicegah pada anak-anak. Yang pertama mencegah anak memasukkan benda asing di hidung. Kemudian bisa mengajari anak untuk tidak menghembuskan nafas terlalu kencang ketika membuang air lendir atau ingus.

Orang tua juga mesti memastikan bahwa kuku anak selalu dalam kondisi bersih dan tidak terlalu panjang agar tidak dapat melukai dirinya sendiri ketika sedang membersihkan kotoran hidung

Jika mimisan sering terjadi pada anak maka yang harus dilakukan adalah memeriksakannya ke dokter untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada diri anak. Setelah diketahui apa penyebabnya, maka dokter akan memberi penanganan yang tepat.

Kesimpulan

Itulah uraian singkat tentang mimisan dan obat mimisan yang bisa menjadi referensi. Sangat disarankan bagi Anda untuk mencegah hal-hal yang dapat menyebabkan mimisan agar hal tersebut tidak terjadi. Menjaga kebersihan adalah salah satu faktor yang juga mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, tetaplah hidup menjaga kebersihan.

(FR – NISA)

Scroll to Top