SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

9 Obat Mata Bengkak, Bantu Meredakan Memar dan Nyeri

Bagikan:

AshefaNews – Mata bengkak memang banyak dialami oleh orang-orang. Hal tersebut memang tidak berbahaya dan menjadi kondisi yang tidak terlalu serius. Namun hal tersebut membuat seseorang tidak nyaman sehingga ingin segera diatasi dengan tepat. 

Penyebab dari mata bengkak yang dialami memang berbeda-beda. Ada yang disebabkan karena menangis berlebihan, infeksi jamur, bakteri ataupun penyebab lainnya yang menyebabkan mata bengkak, berair hingga terasa kering dan panas. 

9 Obat Mata Bengkak

Oleh sebab itu untuk mengatasi mata bengkak harus dengan cara yang tepat agar hasilnya pun cepat. Diantaranya bisa dengan menggunakan obat antiinflamasi non steroid atau OAINS, obat antijamur, antibakteri hingga dengan cara alami seperti dikompres dingin atau menggunakan teh. Berikut penjelasannya:

OAINS atau Obat antiinflamasi nonsteroid

Salah satu obat yang cocok digunakan untuk mengatasi mata bengkak karena cedera misalnya akibat benturan, pukulan yang menimbulkan memar dan nyeri maka bisa menggunakan OAINS atau NSAID. 

Obat antiinflamasi nonsteroid ini bisa meringankan cedera mata ringan dalam beberapa hari. Selain pengobatan medis bisa juga diikuti dengan melakukan kompres dingin selama 15-20 menit pada mata yang bengkak hingga terasa lebih ringan dan nyaman. 

Salah satu obat antiinflamasi nonsteroid atau obat pereda nyeri bagi mata yang bengkak seperti paracetamol atau tetes mata NSAID. Selain itu pun NSAID bekerja dengan mengurangi iritasi dengan cara melawan salah satu atau beberapa mediator yang menyebabkan peradangan. 

Obat anti jamur 

Selain itu jika mengalami mata bengkak karena infeksi jamur pada mata maka bisa diatasi dengan obat anti jamur. Biasanya mata yang mengalami infeksi jamur bisa menimbulkan gejala mata kemerahan, gatal, perih hingga berair sehingga mengganggu penglihatan. 

Apalagi jika mengalami kondisi yang tidak fit hingga daya tahan tubuh yang lemah maka para pengguna lensa kontak yang tidak rajin membersihkan matanya maka akan memiliki potensi mengalami infeksi jamur pada mata yang menyebabkan mata bengkak. 

Obat anti jamur yang dilakukan ada yang berbentuk oral atau diminum dan ada juga yang diberikan melalui tetes mata. Sehingga jika tak kunjung membaik maka dokter akan menyarankan operasi seperti implan kornea. 

Apalagi ketika menggunakan make up jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan infeksi terhadap mata dan membengkak. Oleh sebab itu istirahatkan mata dari make up selama beberapa saat agar segera membaik. 

Obat antibakteri

Mata bengkak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri. Infeksi bakteri bisa menyebabkan peradangan yang disebut dengan konjungtivitis. Obat antibakteri biasa disebut juga dengan antibiotic. 

Mata bengkak yang disebabkan karena konjungtivitis virus ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya namun untuk meringankan gejala dengan cepat maka bisa dilakukan dengan pengobatan yang tepat yakni dengan menggunakan obat antibiotik dalam bentuk oral atau diminum, salep atau obat tetes. 

Apabila mata bengkak terjadi akibat virus maka tidak perlu menggunakan antibiotik karena tidak akan mematikan virusnya. Sehingga antibiotik yang bisa digunakan adalah amoxicillin, klindamisin, cefdinir dan cefpodoxime. 

Oleh sebab itu dalam pemberian obat antibiotic ini harus dihabiskan dan disesuaikan dengan penyebab mata bengkak agar dapat mengatasi masalah pada mata dengan cepat dan ampuh membunuh bakteri. 

Obat antihistamin

Obat selanjutnya adalah obat antihistamin yang dapat digunakan untuk mengatasi mata bengkak akibat alergi yang menyebabkan gatal. Obat yang digunakan adalah obat oral atau yang diminum dan obat tetes mata. 

Ketika mata mengalami alergi pada suatu hal misalnya debu atau riasan mata dan menyebabkan mata membengkak ketika pelepasan histamine dipicu. Namun jika mata semakin membengkak dan kondisinya semakin parah maka hentikan penggunaan obat dan segera konsultasikan dengan dokter. 

Kortikosteroid 

Kortikosteroid menjadi salah satu obat dengan bentuk tetes mata yang dapat membantu mengatasi reaksi alergi atau peradangan parah pada area mata. Obat kortikosteroid bisa dijual secara bebas namun sebaiknya tidak digunakan secara bebas karena jika tidak tepat bisa memperparah kondisi mata. 

Salah satu obat yang termasuk ke dalam obat golongan kortikosteroid adalah prednisolone. Selain mengatasi peradangan parah pada mata obat ini juga bisa mengatasi mata bengkak, merah dan terasa panas. 

Biasanya obat kortikosteroid juga banyak digunakan pada orang yang telah melakukan operasi dengan mengubah cara kerja sistem imunitas atau kekebalan tubuh penderita. 

Air mata buatan 

Cara lainnya untuk mengatasi mata bengkak adalah dengan menggunakan air mata buatan. Air mata buatan ini bisa membantu dalam mengatasi mata bengkak dan mengurangi rasa tidak nyaman seperti mata kering dan iritasi pada mata. 

Air mata buatan ini ada yang berbentuk tetes mata dan ada juga yang berbentuk salep mata. Obat tetes mata ini bisa digunakan seperlunya dan tidak berlebihan. Jika menggunakan dua bentuk air mata buatan yakni salep mata dan tetes mata menggunakan tetes mata terlebih dahulu dan diamkan selama 5 menit kemudian gunakan salep mata. 

Krim mata 

Selanjutnya obat yang sering digunakan dalam mengatasi mata bengkak adalah krim mata. Krim mata ini seperti mentimun, chamomile dan arnica. Jenis krim mata tersebut mengandung bahan yang mampu mengencangkan kulit dan mengatasi peradangan pada mata yang biasanya ditandai dengan mata bengkak. 

Kantung teh

Mata bengkak juga ternyata bisa diatasi dengan menggunakan kantung teh hijau. Teh hijau yang sudah digunakan bisa untuk mengatasi mata bengkak yang terjadi sehingga akan lebih aman dan ampuh mengatasinya.

Teh hijau ini mengandung kafein dan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan hingga menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat mengatasi bengkak. 

Kompres dingin

Kemudian yang terakhir bisa juga dengan mengatasi mata bengkak oleh air dingin dengan cara dikompres kan. Mata yang bengkak dikompres dengan air dingin selama 10 menit. 

Hal tersebut dapat membantu dalam mengalirkan cairan berlebihan pada mata yang menyebabkan bengkak. Sehingga cara tersebut sangat mudah untuk diaplikasikan. Dalam melakukan kompres jangan menempelkan air dingin atau es batu pada mata secara langsung. Gunakan waslap atau kain agar terasa nyaman. 

Itulah beberapa pengobatan medis dan obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak baik karena infeksi jamur, bakteri, menangis ataupun penyebab lainnya yang menyebabkan mata bengkak, berair, kemerahan hingga terasa panas dan tidak nyaman. 

Kesimpulan

Mata bengkak merupakan kondisi yang tidak terlalu serius namun akan terasa tidak nyaman dan mengganggu penglihatan. Biasanya mata bengkak juga bisa menimbulkan mata berair, panas dan kemerahan. 

Oleh sebab itu untuk mengatasi mata bengkak harus diatasi sesuai dengan penyebab nya masing-masing. Mata bengkak bisa terjadi karena infeksi jamur, bakteri ataupun menangis berlebihan. 

Obat yang bisa menjadi pilihan dalam mengobati mata bengkak seperti obat anti jamur, anti bakteri, OAINS atau obat anti inflamasi non steroid, krim mata atau onat herbal atau alami seperti teh hijau, es batu hingga mentimun. Hal tersebut sesuai dengan jenis penyebab yang dialami.

(GE – RFA)

Scroll to Top