SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Obat Gusi Bengkak, Bisa Redakan Bengkak Dalam Waktu Singkat!

Bagikan:

AshefaNews – Lagi cari obat gusi bengkak? Gusi bengkak memang bisa menjadi masalah kesehatan karena ketika mengalami gusi bengkak bisa menyebabkan kesulitan untuk makan, minum bahkan berbicara. Ada berbagai penyebab yang bisa menyebabkan gusi bengkak seperti menggosok gigi terlalu keras, efek samping obat tertentu atau mungkin karena kekurangan nutrisi di dalam tubuh. 

Obat Gusi Bengkak, Bisa Redakan Bengkak Dalam Waktu Singkat!

Sehingga dalam mengatasi gusi bengkak harus menggunakan cara yang ampuh agar masalah gusi bengkak bisa cepat teratasi. Mengatasi gusi bengkak pun bisa menggunakan obat yang diberikan oleh dokter dan juga bisa menggunakan obat alami atau herbal. 

Lalu apa saja obat yang bisa membantu dalam mengatasi gusi bengkak? Cara yang bisa menjadi pilihan seperti menggunakan air garam, kompres hangat dan dingin, kunyit, jahe, hydrogen peroxide, ibuprofen, diklofenak, aspirin, antibiotic dan berbagai obat lainnya sesuai anjuran dokter. 

Air garam

Untuk mengatasi gusi bengkak bisa diatasi dengan kumur air garam. Air garam bisa mengatasi peradangan pada gusi dan merangsang penyembuhan luka pada gusi. Garam memiliki sifat menyerap air yang dapat membunuh bakteri jahat di dalam mulut. 

Bakteri akan tumbuh di lingkungan yang lembap dan asam. Sehingga dengan kumur air garam bisa menyerap air dan kondisi mulut pun bisa menjadi kering dan bakteri pun tidak akan berkembang di dalam mulut.

Caranya adalah dengan mencampur 1 sendok teh garam dengan 1 cangkir air hangat kemudian larutkan dan kumur-kumur selama 30 detik dan keluarkan. Lakukan selama 3 kali sehari untuk mengatasi gusi bengkak dengan cepat.  

Kompres dingin

Cara yang kedua bisa dengan melakukan kompres dengan air dingin. Rasa dingin dari kompres tersebut bisa meredakan sakit karena bisa meredakan saraf nyeri di area mulut. Suhu dingin juga bisa membantu dalam merangsang penyempitan pembuluh darah wajah sehingga memperlambat aliran darah ke gusi yang menyebabkan bengkak. 

Caranya adalah dengan mengompres es batu atau kompresan dingin ke area pipi atau rasa sakit yang dialami beberapa kali sehingga gusi bengkak akan sedikit demi sedikit menyusut dan mereda. 

Kunyit

Bahan alami memang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti gusi bengkak. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengontrol plak di dalam mulut sehingga bisa mengatasi radang yang terjadi pada gusi yang menyebabkan bengkak. 

Kini sudah banyak olahan dalam bentuk gel yang bisa digunakan untuk membantu dalam mengurangi pembengkakan dan plak dengan cara digosokan ketika menyikat gigi. Cara tersebut memang sangat mudah untuk dilakukan. 

Atau olahan lainnya juga bisa dilakukan dengan mandiri seperti dengan memarut setengah ruas kunyit dan baking soda serta minyak kelapa kemudian diaduk dan digulung menggunakan kasa lalu ditempel pada gusi yang bengkak selama beberapa menit. 

Jahe

Tak hanya kunyit ternyata jahe juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gusi bengkak. Karena jahe memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antijamur dan antioksidan dalam mengatasi gusi bengkak. 

Jahe ditumbuk dan di gosokkan pada bagian gusi yang bengkak selama 10-12 menit kemudian bilas dengan air biasa selama 2 hingga 3 kali sehari agar hasil yang maksimal. Sehingga bahan alami yang mudah didapat pun ampuh mengatasi gusi bengkak. 

Hydrogen peroxide

Cara lainnya adalah menggunakan larutan hidrogen peroksida. Caranya hampir mirip dengan kumur air garam namun pada larutan hidrogen peroksida dibuat dengan 3 sendok makan hidrogen peroksida 3 persen dan 3 sendok makan air kemudian dikumur dan dimuntahkan. 

Cara tersebut dilakukan selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga bengkak pada gusi membaik dan hilang. Hydrogen peroksida memiliki sifat antiseptic yang bisa membunuh bakteri dan mengurangi plak dan karang gigi. 

Ibuprofen

Ibuprofen menjadi salah satu obat yang biasa digunakan untuk menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Salah satunya ketika mengalami gusi bengkak. Ibuprofen bisa membantu dalam menghentikan prostaglandin yang menyebabkan peradangan. 

Sehingga ketika menggunakan obat ibuprofen bisa menghentikan rasa sakit ketika gusi bengkak. Obat ini memang tidak memiliki ketentuan khusus dalam penggunaannya namun lebih baik tidak digunakan berlebihan dan perlu dihindari bagi penderita asma. 

Selain itu pun ibuprofen tersedia dalam bentuk sirup, kapsul, tablet hingga injeksi atau suntik. Jika mengalami efek samping serius maka segera hentikan penggunaan dan segera untuk melakukan konsultasi dengan dokter. 

Diklofenak

Tak hanya ibuprofen ternyata ada obat lain juga yang bisa membantu mengatasi gusi bengkak seperti diklofenak yang merupakan obat sakit gigi. Obat ini lebih ampuh dibandingkan obat sakit gigi lainnya. 

Diklofenak pun memiliki efek iritasi lambung yang cukup minim sehingga jika memiliki gangguan pada lambung lebih baik menggunakan obat ini setelah makan. Jenis dari diklofenak ini ada potasium (kalium) dan juga natrium (sodium). 

Jika mengalami sakit tergolong akut maka bisa menggunakan jenis diklofenak potasium atau kalium agar lebih aman dan ampuh mengatasi gusi bengkak. 

Aspirin

Aspirin juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gusi bengkak. Aspirin merupakan obat non-steroid yang bisa mengatasi nyeri, demam dan memiliki sifat anti radang. Sehingga cocok digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dan sakit. 

Namun jika gusi bengkak mengalami pendarahan tidak boleh mengkonsumsi aspirin karena akan menyebabkan darah sulit berhenti dan bagi penderita flu dan cacar air bisa menyebabkan sindrom Reye atau kerusakan pada otak dan hati. 

Antibiotic 

Gusi yang bengkak disebabkan karena adanya peradangan akibat bakteri sehingga kondisi gusi yang bengkak tanpa disertai dengan gigi berlubang bisa diatasi dengan antibiotik karena mampu membunuh bakteri anaerob. 

Sebaliknya jika mengalami gusi bengkak dengan gigi berlubang maka gunakan antibiotic yang bisa membunuh bakteri aerob karena bakteri ini bisa hidup dengan oksigen. Sehingga pemilihan obat yang tepat perlu dilakukan agar tidak menimbulkan risiko efek samping yang tinggi. 

Asam mefenamat

Asam mefenamat pun bisa digunakan karena memiliki efek antiradang. Selain itu pun asam mefenamat bisa mengobati nyeri haid dan nyeri kepala. Penggunaannya bisa dalam tiga kali sehari. Namun lebih baik jika menggunakan dosis yang sesuai dengan dosis yang diberikan dokter agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak menimbulkan efek yang serius. 

Kesimpulan 

Gusi bengkak merupakan kondisi yang membuat tidak nyaman karena bisa menyebabkan kesulitan makan, minum hingga berbicara. Oleh sebab itu hal tersebut bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak dengan mengobatinya. Ada obat herbal atau alami dan ada juga obat yang diberikan oleh dokter. Obat dokter biasanya memiliki efek samping yang lebih tinggi dibandingkan obat herbal. 

Sehingga cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan menggunakan air garam, kompres hangat dan dingin, kunyit, jahe, hydrogen peroxide, ibuprofen, diklofenak, aspirin, antibiotic dan berbagai obat lainnya sesuai anjuran dokter.

(GE – RFA)

Scroll to Top