SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh

Bagikan:

AshefaNews – Mulas adalah sensasi tidak menyenangkan yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan. Nutrisi dan pengobatan yang tepat akan membantu menghilangkan gejala itu untuk waktu yang lama. Obat asam lambung alami pun tak kalah dengan obat medis.

Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh
Obat Asam Lambung Alami yang Ampuh (Foto : Istimewa)

Obat tradisional alami untuk asam lambung malah memiliki efek yang bagus bagi tubuh sekaligus minim efek yang tak diinginkan. Soda, garam, air mineral alkali, biji rami, dan tanaman lain akan membantu menghilangkan rasa tidak nyaman di lambung itu. Simak, apa saja pilihan obat asam lambung alami yang ampuh.

Di rumah, berbagai bahan alami tradisional bisa digunakan untuk mengobati mulas karena asam lambung. Mekanisme kerjanya dikaitkan dengan penurunan keasaman cairan lambung atau pembungkus selaput lendir kerongkongan dan perlindungannya. Obat alami tradisional untuk asam lambung dengan keasaman tinggi meliputi: susu, soda, kamomil. Sementara bahan alami yang akan membuat lapisan pelindung pada selaput lendir, dan menghilangkan efek berbahaya dari asam klorida termasuk biji rami, kulit kayu elm, dan minyak bunga matahari.

Soda Kue

Soda kue adalah salah satu jenis antasida alami. Penggunaan soda kue akan mengurangi keasaman lambung dan dengan cepat menghilangkan rasa mulas. Untuk menyiapkan larutan obat asam lambung ini, Anda perlu melarutkan 0,5 sendok teh soda kue ke dalam segelas air. Larutan itu harus diminum seteguk demi seteguk.

Minum larutan soda kue hanyalah bantuan sementara. Tidak mungkin menyembuhkan penyakit asam lambung dengan cara ini. Selain itu, cara ini tidak sepenuhnya aman, karena netralisasi asam dengan basa dapat merusak mukosa lambung. Minum larutan soda kue dikontraindikasikan untuk wanita hamil, serta bagi mereka yang menderita penyakit kronis pada lambung dan usus.

Biji Rami

Anda dapat dengan cepat menghilangkan sensasi terbakar di kerongkongan dengan bantuan biji rami. Biji rami memiliki efek membungkus dan melindungi selaput lendir kerongkongan. Cara menyiapkannya : tuangkan 2 sendok makan biji rami ke dalam 100 ml air matang, biarkan diseduh selama 3 jam. Ambil 50 ml dan minum 1 kali sehari sebelum tidur atau selama gejala muncul. Larutan biji rami akan melapisi mukosa esofagus untuk melindungi dari asam. 

Kulit Pohon Elm 

Kulit pohon elm pun dapat digunakan untuk melindungi lapisan kerongkongan dari paparan asam klorida. Kulit kayunya mengandung lendir yang bila dicampur dengan cairan akan melapisi dinding kerongkongan dan perut, melindunginya dari iritasi. 

Kamomil

Obat asam lambung alami lain yang efektif untuk mulas adalah bunga chamomile, di mana Anda bisa membuatnya sebagai teh atau ramuan dengan bahan lain.

Susu

Salah satu solusi yang paling terjangkau untuk membantu menghilangkan mulas karena asam lambung adalah susu. Susu adalah antasida alami. Anda bisa minum minuman tanpa aditif atau dengan madu. 200 ml susu hangat akan membantu menetralkan keasaman lambung yang meningkat. Efeknya, rasa panas di perut akan berkurang, sesak napas dan nyeri pun akan hilang.

Minyak Sayur

Minyak nabati dapat digunakan untuk meredakan gejala refluks asam. Beberapa jenis minyak mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang menetralkan asam klorida. Karena itu, keasaman lambung berkurang, dan sensasi terbakar di kerongkongan pun menjadi berkurang. Beberapa minyak sayur yang bisa digunakan: linen; lobak; Zaitun; kedelai; bunga matahari. Dianjurkan untuk minum 1 sendok makan minyak saat merasakan sensasi terbakar.

Jus Kentang

Kentang pun dapat membantu mengurangi sensasi terbakar di kerongkongan. Jus kentang mengurangi keasaman lambung, dan mengurangi intensitas mulas. Untuk menyiapkan obat asam lambung alami ini, Anda dapat mencuci dan mengupas 2 kentang ukuran sedang, parut dengan parutan halus, peras airnya menggunakan kain kasa. Anda perlu minum jus segera, 20 menit sebelum makan. Dosis tunggal adalah 3 sendok makan. Untuk meningkatkan rasanya, bisa diencerkan dengan jus lain (tapi jangan yang asam).

Jahe

Untuk mencegah berkembangnya mulas karena maag, dianjurkan juga menggunakan jahe. Jahe sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum makan. Ini akan membantu mengosongkan perut, yang akan mengurangi kemungkinan refluks asam lambung.Cara menyiapkan obat asam lambung alami ini : kupas dan giling jahe. Kemudian ambil 2 gram dan masukkan dalam 1 gelas air mendidih; biarkan diseduh selama 10 menit. Minum teh jahe 2-3 kali sehari 1 jam sebelum makan.

Apsintus

Di rumah, Anda bisa mengobati dengan apsintus pahit. Larutan apsintus dapat membantu mengurangi mulas. Cara menyiapkannya : ambil sepertiga sendok teh apsintus, tuangkan 100 ml air mendidih, biarkan selama 2 hari di tempat gelap, saring. Ambil ramuan itu dan minum sebelum makan 3 kali sehari, 1 sendok makan.

Mengapa Mulas Asam Lambung Terjadi

Gejala mulas terjadi ketika isi lambung yang asam naik kembali ke kerongkongan. Asam klorida, pepsin, asam empedu memiliki efek iritasi. Beberapa faktor mempengaruhi terjadinya gejala itu seperti :

  • Keasaman lambung. Dengan peningkatan keasaman, tingkat efek merugikan pada kerongkongan lebih tinggi.
  • Status sfingter esofagus bagian bawah. Sfingter esofagus bagian bawah memisahkan esofagus dari lambung. Jika sfingter berfungsi dengan baik, isi lambung tidak masuk ke kerongkongan. Jika fungsinya bermasalah maka terjadi regurgitasi (reverse reflux) cairan lambung.

Mulas karena asam lambung memang tidak secara langsung mengancam kehidupan seseorang, tetapi membawa banyak ketidaknyamanan. Dalam kasus lanjut, refluks isi lambung ke kerongkongan menyebabkan perkembangan esofagitis (radang kerongkongan).

Mengatasi Asam Lambung dengan Non Obat

Obat tradisional tentu bukan satu-satunya cara pengobatan mulas karena asam lambung. Kelebihan obat asam lambung alami adalah kesederhanaan dan aksesibilitas, tetapi tidak mungkin menyembuhkan penyakit dengan itu saja. Penderita harus memastikan untuk menggabungkannya pula dengan perubahan gaya hidup.

Metode non-farmakologis untuk menghilangkan mulas karena asam lambung termasuk perubahan gaya hidup, nutrisi yang tepat, berhenti merokok dan berhenti minum alkohol. Untuk menghilangkan gejala, Anda harus mengikuti rekomendasi:

  • Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pakaian ketat menekan perut, yang dapat menyebabkan regurgitasi isi lambung.
  • Jangan tidur tengkurap. Posisi tersebut juga meningkatkan kemungkinan refluks asam lambung.
  • Jangan membungkuk setelah makan (1-2 jam). Kemiringan tubuh memicu refluks isi dari perut ke kerongkongan.
  • Mengunyah makanan Anda dengan saksama dan makan dalam porsi kecil akan mengurangi kemungkinan Anda terkena mulas.
  • Berhenti merokok. Nikotin meningkatkan sekresi asam klorida, yang meningkatkan kemungkinan timbulnya gejala.
  • Hilangkan dari makanan diet yang meningkatkan keasaman lambung. Itu diantaranya minuman berkarbonasi, cabai, bawang putih, bawang merah, alkohol.
  • Hindari makanan yang membantu mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah. Itu diantaranya adalah makanan berlemak dan digoreng, coklat juga.
  • Minum lebih banyak air. Air membantu menetralkan asam di perut. Dianjurkan untuk minum 200 ml air murni setiap 2 jam.

Pengobatan Medis Asam Lambung

Obat asam lambung medis harus dipilih oleh dokter setelah pemeriksaan dan identifikasi penyebabnya. Yang paling umum digunakan adalah antasida, obat penghambat histamin, dan obat-obatan penghambat pompa proton.

Antasida menetralkan asam klorida, Almagel, Maalox termasuk dalam obat golongan ini. Obat penghambat histamin dan penghambat pompa proton akan mengurangi keasaman lambung. Obat penghambat histamin termasuk Ranitidine, dan Famotidine. Sementara obat inhibitor pompa proton  misalnya Omeprazole, Pantoprazole.

(GE – HKM)

Scroll to Top