SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Obat Ambeien Terbaik Alami dan Apotek, Efektif dan Ampuh!

Bagikan:

AshefaNews – Obat ambeien sering digunakan untuk meringankan gejala ambeien. Tetapi, jika gejala ambeien yang dialami masih ringan itu masih bisa sembuh tanpa harus diobati. Namun, jika gejala ambeien yang sudah berat akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apa Itu Ambeien?

Ambeien merupakan kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah vena yang terjadi pada rektum dibagian bawah atau biasa disebut dengan ambeien internal dan ambeien yang mengelilingi bagian anus disebut juga dengan ambeien eksternal. Pada dasarnya kita dapat membedakan ambeien menjadi 2 macam, yakni:

  • Ambeien internal: Umumnya jenis ambeien ini hanya muncul pada area bawah rektum, tak terlihat benjolannya, tak merasa nyeri, terkadang keluar darah saat BAB keras, atau di prolaps muncul benjolan.
  • Ambeien eksternal: Sementara ambeien jenis eksternal ini dapat kita lihat benjolannya di sekitar anus, biasanya terasa gatal dan nyeri (seolah terganjal sesuatu), mengalami pembengkakan bahkan bisa berdarah.

Penyakit ambeien ini umumnya tidak berbahaya dan menular. Akan tetapi bisa mengganggu keseharian dengan merasa nyeri dan menyebabkan keluarnya darah pada saat BAB. Namun, jika adanya perubahan pola makan dan gaya hidup yang sehat gangguan ini akan membaik dengan dibantu juga dengan menggunakan obat ambeien.

Penyebab Ambeien

Penyebab ambeien adalah dengan melakukan aktivitas yang menimbulkan adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah dibagian bawah rektum dan anus, dan menyebabkan aliran darah menuju anus terhambat, sehingga menyebabkan penggumpalan di pembuluh darah dan terjadilah benjolan. Aktivitas berikut yang dapat menyebabkan penyakit ambeien :

  1. Mengejan keras saat buang air besar
  2. Terlalu lama duduk
  3. Mengangkat beban yang terlalu berat
  4. Kurang konsumsi serat

Obat Ambeien Alami 

Obat Ambeien

Ambeien biasanya  bisa menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari sampai dengan beberapa minggu, Akan tetapi tetap diperlukan adanya pengobatan yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegahnya kambuh.

Berikut obat ambeien alami yang bisa kalian gunakan di rumah :

1. Lidah Buaya 

Meski belum ada bukti klinis yang cukup tentang efektivitas  lidah buaya terhadap ambeien tetapi penggunaan obat ambeien ini terbukti aman, Tanaman lidah buaya ini mampu  mengurangi peradangan pada ambeien dan mengurangi rasa nyeri pada ambeien. 

Caranya anda oleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan kemudian oleskan di bagian anus yang mengalami pembengkakan akibat ambeien. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai keadaan ambeien mulai membaik.  

2. Minyak Mineral dan Essential Oil

Ada beberapa macam pilihan minyak yang bisa digunakan sebagai obat ambeien yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien juga berfungsi sebagai pelembab yang  dapat mengurangi keluhan gatal dan perih akibat iritasi kulit pada anus. 

Berikut contoh minyak yang bisa anda gunakan yaitu minyak kelapa, minyak yang memiliki kandungan vitamin E,petroleum jelly serta minyak esensial yang mengandung chamomile,ekstrak kacang almond dan juga minyak ikan.

3. Berendam Air Hangat

Dengan berendam di air hangat juga merupakan obat ambeien  yang akan membantu meredakan nyeri yang anda rasakan akibat ambeien, cara  yang harus dilakukan juga tidak sulit anda cukup duduk di bak mandi yang berisikan air hangat kemudian rendam selama 20 menit, setelah itu keringkan anus dengan lembut menggunakan handuk bersih dan lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Kompres Es Batu

Obat ambeien mudah hanya dengan kompres dengan es batu juga dapat membantu untuk meredakan nyeri dan pembengkakan pada ambeien. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membungkus es dengan kain bersih. Kemudian, sekitar 15 menitan kompreslah bagian anus yang Anda rasa sakit.

Daftar Obat Ambeien di Apotik 

Berbagai rekomendasi  obat ambeien di apotik ini juga dapat membantu untuk meringankan gejala ambeien.

1. Naproxen: Obat ini merupakan salah satu jenis obat pereda nyeri dari golongan NSAID (non-steroidal anti-inflammatory drugs) obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat gejala ambeien. Obat ini biasa digunakan ketika mulai merasakan nyeri di anus.

2. Ibuprofen: Ibuprofen juga berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan obat ambeien ini bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

3. Hidrokortison Rektal: Obat ini biasanya berbentuk cream atau berbentuk salep. Penggunaan obat ini digunakan untuk orang dewasa dengan dioleskan sebanyak 3-4 kali sehari. Perlu diingat obat ini hanya di oleskan ke anus bukan dimasukkan.

4. Lidocaine: Obat ini yang paling banyak tersedia di apotek,Namun tetap harus digunakan sesuai anjuran yang telah ditetapkan

Rekomendasi Obat Ambeien Ampuh 

Ada beberapa rekomendasi  jenis obat ambeien ampuh yang dapat membantu meringankan gejala nyeri pada ambeien yang bisa anda beli di apotek. Kira-kira apa saja obat wasir paling ampuh? Yuk, kita simak pembahasan lengkapnya!

  1. Hidrosmin
  2. Diosmin
  3. Flavonoid
  4. Yunnan Baiyao
  5. Policresulen
  6. Petroleum Jelly
  7. Krim Hidrokortison
  8. Bismuth Subgallate

Mitos dan Fakta Seputar Ambeien

Sudah banyak penjelasan seputar penyakit ambeien secara lengkap. Namun di kehidupan nyata, masyarakat masih sering keliru dalam menanggapi masalah kesehatan yang satu ini. Lalu, apa saja mitos dan fakta ambeien?

Penyebab ambeien adalah makanan pedas

Banyak orang yang mempercayai bahwa ambeien disebabkan karena mengkonsumsi makanan pedas, Tapi ternyata hal itu adalah sebuah MITOS, Faktanya ambeien terjadi karena adanya pelebaran dan penonjolan pembuluh vena disekitar rektum bawah ataupun anus.namun bisa juga disebabkan oleh kebiasaan duduk yang terlalu lama, obesitas, kehamilan, penyakit Crohn, dan lain sebagainya.

Makanan tidak ada kaitannya dengan ambeien

Kondisi ini tidak berkaitan dengan konsumsi sebuah makanan, dan hal tersebut tidaklah benar. Faktanya,asupan serat itu sangatlah penting sebagai pencegah ambeien karena jika kekurangan serat justru dapat mengakibatkan feses mengeras dan bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu anda diwajibkan dengan selalu tercukupi kebutuhan makan buah-buahan dan juga sayuran.

Ambeien hanya dialami oleh lansia

Jika anda berpikir bahwa penyakit ambeien bisa dialami oleh usia lansia saja maka anda salah. Memang betul lansia memiliki resiko besar untuk terkena ambeien tetapi hal itu bisa disebabkan karena adanya faktor usia,karena semakin tua maka jaringan penyangga antara rektum dan anus akan semakin melemah.

Tetapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa diderita oleh kalangan usia muda. Nyatanya banyak usia muda yang mengalami kondisi ambeien apalagi jika orang tersebut sering mengejan saat BAB,sering mengangkat beban berat dan memiliki diare kronis dan juga bisa disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat.

Ambeien hanya dapat disembuhkan dengan operasi

Diatas sudah dijelaskan obat ambeien yang anda bisa gunakan untuk mengurangi rasa nyeri pada ambeien, Jadi jika kalian beranggapan bahwa ambeien hanya bisa sembuh dengan cara operasi itu MITOS. 

Ambeien yang telah diketahui dapat diatasi dengan menjaga pola makan dan hidup yang sehat. Beberapa obat maupun salep yang diberikan  hanya dapat mengurangi gejala yang muncul pada ambeien.

(GE – NS)

Scroll to Top