SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Menu Makan Malam Diet Lezat untuk Membantu Anda Mengurangi Berat Badan

Bagikan:

AshefaNews – Apakah sedang ingin menurunkan berat badan, dan tahu bahwa menu makan malam diet adalah kuncinya? Tapi apa sih yang harus Anda lakukan untuk menyiapkan makanan ini?

Jangan khawatir, pada artikel ini kita akan membahas beberapa menu tersebut. Diantaranya seperti menu salmon dan sayuran medley, tumis kalkun dan brokoli, salad Caesar ayam panggang, tumis udang dengan kunyit, falafel panggang sehat, sandwich sayuran panggang, nasi goreng kembang kol, dan juga sup bayam kacang putih.

Mulai dari makanan yang sehat dan memuaskan hingga resep yang rendah kalori dan mudah simpel, beberapa rekomendasi berikut sangat cocok untuk dicoba. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah memasak!

Menu Makan Malam Diet

Anda tidak harus melakukan diet ketat dengan berhenti menikmati makanan lezat dan sehat. Makan malam yang ramah diet ini membuktikan bahwa memakan makanan yang lezat tidak selamanya perlu dihindari saat melakukan diet.

Setiap resep dikemas dengan rasa dan nutrisi, membuatnya sempurna bagi siapa saja yang ingin langsing tanpa mengorbankan rasa. Jadi langsung saja, berikut adalah beberapa menu makan malam diet yang kami rekomendasikan.

1. Salmon & Sayuran Medley

Hidangan pertama kami adalah Salmon & Sayuran Medley. Ini adalah makanan ringan, namun mengenyangkan yang sempurna untuk malam-malam sibuk. Salmon adalah sumber protein yang bagus, dan sayuran menyediakan vitamin dan mineral penting. Ditambah lagi, semuanya dimasak dalam satu wajan, jadi membersihkannya sangat mudah. Anda bisa mencobanya langsung di rumah.

2. Tumis Kalkun & Brokoli

Jika sedang mencari resep makan malam diet yang akan membantu Anda menurunkan berat badan, mungkin pilihan menu yang satu ini cocok untukmu. Tumis kalkun & brokoli adalah hidangan lezat yang rendah kalori namun tinggi rasa. 

Kalkun adalah protein tanpa lemak yang rendah lemak dan kolesterol, sementara brokoli adalah sayuran silangan yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Hidangan ini adalah cara sempurna untuk menikmati cita rasa tumisan sambil tetap menjaga pola makan.

3. Salad Caesar Ayam Panggang

Untuk makanan diet selanjutnya, mengapa tidak membuat Caesar Salad yang lezat dengan Ayam Panggang? Ini merupakan hidangan yang sangat mudah dibuat dengan nutrisi yang sehat pula. Mulailah dengan melumuri dada ayam dengan garam, merica, dan rempah-rempah, lalu panggang hingga matang.

Sementara itu, buatlah salad. Masukkan selada ke dalam mangkuk besar dengan tomat cincang dan kacang-kacangan seperti kenari atau almond. Dan jangan lupa crouton.

Kocok saus Caesar dengan menggabungkan minyak zaitun, bawang putih, saus Worcestershire, pasta ikan teri, jus lemon, dan keju Parmesan. Siramkan di atas salad lalu taburi dengan ayam panggang tadi dan Anda akan mendapatkan makanan lengkap yang pasti akan memuaskan rasa lapar di malam hari.

4. Falafel Panggang Sehat

Mengidamkan cita rasa Mediterania di malam hari? Tidak perlu mencari lagi selain falafel panggang sehat. Hidangan lezat ini menggabungkan bahan-bahan sehat seperti buncis, rempah-rempah, dan bumbu-bumbu. Menu ini adalah pilihan makanan nabati bagus yang mengandung banyak serat, protein, dan rasa.

Untuk membuat falafel panggang sehat, Anda harus mulai dengan menggabungkan buncis dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Setelah semuanya tercampur dan dihaluskan bersama, bentuk menjadi bola-bola kecil dan lapisi dengan tepung roti atau gandum giling. Kemudian panggang dalam oven selama 25-30 menit sampai renyah dan berwarna cokelat keemasan. Sajikan panas dengan salad sehat atau saus pilihan untuk makan malam diet lezat yang tidak akan membuat perut terasa lapar lagi.

5. Nasi Goreng Kembang Kol

Inilah pilihan vegetarian lezat yang tidak akan membuat siapapun merindukan daging, yaitu nasi goreng kembang kol. Hidangan ini dibuat dengan nasi kukus, tumis kol, bawang merah, bawang putih, dan tempe.

Dengan menggunakan wajan atau panci anti lengket, panaskan minyak dan masukkan bawang bombay, bawang putih, dan tempe. Goreng selama sekitar lima menit sampai tempe berwarna cokelat keemasan. Kemudian, tambahkan kubis dan tumis selama beberapa menit sampai kubis melunak.

Tambahkan sedikit garam dan merica untuk menambah rasa, lalu tuangkan nasi kukus dan campur semuanya sampai semuanya tercampur. Terakhir, tambahkan sedikit saus sambal untuk memberikan rasa tambahan. Sajikan makanan ini dengan beberapa buah segar di sampingnya untuk menyeimbangkan rasa.

6. Sandwich Sayuran Panggang

Apabila menginginkan sesuatu yang enak dan mudah dibuat, cobalah Sandwich Sayuran Panggang. Menyiapkan sandwich ini sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. 

Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa sayuran panggang, seperti paprika, zucchini atau bawang bombay, roti gandum atau roti pipih dan keju. Untuk membuat hidangan ini lebih sehat, gunakan keju rendah lemak atau coba tambahkan jamur atau sayuran hijau, seperti roket. Sandwich yang menggiurkan ini akan memuaskan rasa lapar tanpa menggagalkan rencana diet Anda.

7. Bayam & Sup Kacang Putih

Untuk makanan terakhir, cobalah sup bayam dan kacang putih. Sup ini dipenuhi dengan bahan-bahan yang sehat dan lezat. Anda memerlukan bayam, wortel, seledri, bawang putih, kacang putih kalengan, tomat kalengan yang dipotong dadu, oregano segar dan kaldu tulang ayam.

Untuk memulai, panaskan panci besar di atas api sedang-tinggi dan tumis bayam dengan sedikit minyak zaitun sampai berwarna kecoklatan. Tambahkan seledri dan bawang putih ke dalam panci dan masak selama beberapa menit sampai sayuran melunak. Kemudian tambahkan kacang putih, oregano, tomat potong dadu dan kaldu tulang ayam. Didihkan selama 15 menit atau sampai sayuran empuk.

Makanan ini menyediakan banyak vitamin, mineral dan nutrisi penting yang akan membantu menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba.

8. Tumis Udang Dengan Kunyit Quinoa

Untuk makan malam, cobalah membuat tumis udang yang lezat dengan kunyit quinoa! Tidak hanya rendah kalori dan tinggi protein, tapi juga kaya rasa.

Mulailah dengan menumis bawang putih dan jahe dalam minyak. Setelah harum, tambahkan udang dan tumis sampai matang. Kemudian tambahkan paprika merah dan daun jeruk purut untuk menambah warna dan rasa.

Terakhir, masukkan quinoa dan bumbui dengan kunyit, jintan, ketumbar dan lada hitam untuk menambah rasa. Masak selama beberapa menit lagi sampai semuanya matang. Sajikan dengan saus sambal di sampingnya untuk menambah rasa panas. Selamat menikmati!

Kesimpulan

Jadi, demikianlah menu makan malam diet yang akan membantu menurunkan berat badan tanpa kekurangan atau merasa lapar. Semua resepnya sehat, lezat, dan mudah diikuti, sehingga Anda dapat tetap menjalankan diet tanpa kerepotan soal makanan. Pilih saja mana yang menarik dan mulailah memasak segera!

(GE – Khanifa)

Scroll to Top