SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Mata Ikan – Gejala, penyebab dan mengobati

Bagikan:

AshefaNewsMata ikan adalah suatu penyakit yang kerap kali kita alami. Penyebab dari penyakit yang satu ini dipicu karena adanya adalah penebalan dan pengerasan lapisan kulit. Penebalan kulit ini disebabkan oleh tekanan dan gesekan yang berulang kali pada kaki atau terkena infeksi virus.

Penyebab dan Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan
Ilustrasi penyakit mata ikan (Foto : Getyimages)

Penyakit mata ikan yang disebabkan karena adanya gesekan dan tekanan disebut dengan corn, sedangkan yang disebabkan oleh virus disebut dengan plantar warts atau kutil plantar. Walaupun, penyebabnya berbeda, namun penyakit ini sama-sama dapat ditandai dengan adanya benjolan kasar, keras, dan menebal di kaki.

Sekilas penyakit clavus ini nampak seperti kapalan namun lebih keras, kecil, dan sangat nyeri dan sakit bila tersentuh. Kondisi ini umumnya terjadi pada kaki, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Mata ikan memang bukanlah termasuk penyakit kulit yang berbahaya, hanya saja apabila telah terjangkit penyakit tersebut, para penderitanya akan merasakan nyeri dan sakit yang sangat tidak nyaman. 

Jadi, apabila Anda terkena mata ikan, perlu diperhatikan dengan seksama supaya tidak menyentuh langsung bagian tubuh yang terinfeksi secara langsung. Hal ini dikarenakan penyakit kulit satu ini dapat menular ke bagian tubuh lain melalui sentuhan. 

Penularan tersebut terjadi apabila lapisan kulit terluar rusak seperti halnya mengalami lecet karena bekas garukan atau kulit kering, kemudian disentuh dan terkena pada bagian tubuh lainnya. Cara penularan penyakit ini juga bisa secara tidak langsung dengan melalui barang-barang yang telah disentuh oleh penderita penyakit tersebut. 

Penularan tersebut terjadi karena adanya virus Human Papilloma Virus(HPV) yang bisa bertahan hidup pada suhu kering dan dingin serta pada permukaan benda mati.

Apa Penyebab Penyakit Mata Ikan?

Penyakit kulit ini biasanya terjadi di area kaki, akan tetapi bukan berarti tidak bisa terjadi pada bagian tubuh lain. Dalam beberapa kasus, mata ikan bukanlah suatu masalah kesehatan yang serius.

Namun, masalah kulit ini dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman dan nyeri serta dapat menghambat aktivitas Anda. Berikut ini merupakan beberapa penyebab mata ikan yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut :

Infeksi Human papillomavirus

Salah satu yang menjadi pemicu dari mata ikan ialah adanya infeksi dari Human papillomavirus (HPV). HPV ini dikenal sebagai salah satu virus penyebab penyakit kelamin namun, virus ini juga dapat menginfeksi bagian tubuh lainnya.

Penularan virus dapat terjadi melalui sentuhan antar kulit dengan orang yang sedang terinfeksi suatu penyakit, lalu virus tersebut masuk melalui luka yang terbuka. Anda juga bisa terjangkit oleh HPV saat menggunakan sepatu, kaos kaki, atau bahan pakaian lain yang digunakakn oleh orang yang terinfeksi.

Ketika telah berhasil masuk ke dalam tubuh, virus ini akan mulai berkembang dan merangsang pertumbuhan sel kulit dengan sangat cepat.

Tekanan dan gesekan

Tekanan dan gesekan secara berulang kali pada jaringan kulit terluar (epidermis) ternyata dapat menyebabkan terjadinya mata ikan. Menggunakan sepatu yang salah dengan ukuran yang tidak pas akan memberikan tekanan seacra berlebih dan gesekan pada kaki.

Begitu pun saat Anda menggunakan alas kaki yang terlalu longgar, mengenakan kaus kaki longgar dapat membuat telapak kaki lebih sering terkena gesekan dengan sepatu. Gesekan yang terjadi secara berulang – ulang dan ditambah dengan kondisi kaki yang lembab bisa menjadi penyebab dari penyakit kulit clavus ini. 

Bagaimana Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami?

Obat mata ikan tidak selalu menggunakan obat kimia namun, juga bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Sehingga, Anda tidak perlu bingung dan bertanya – tanya dalam mengobati mata ikan. Berikut ini bahan alami yang dapat mengobati penyakit kulit clavus ini, yaitu sebagai berikut : 

Larutan Cuka Sari Apel

Kandungan yang ada pada cuka sari apel dapat membantu melembutkan dan menyingkirkan mata ikan di kaki. Telah dikenal sejak lama, bahwa salah satu manfaat cuka sari apel yaitu mampu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. 

Disamping, itu juga bersifat sebagai antibakteri dan dapat membunuh bakteri pada area tubuh yang terjangkit penyakit.Cara menggunakan cuka apel ini cukuplah mudah, hanya dengan merendam kaki Anda dalam larutan cuka sari apel selama kurun waktu 25 menit dan gosok dengan batu apung. 

Terakhir, balut area yang terinfeksi penyakit kulilt tersebut menggunakan perban yang telah dibasahi dengan cuka sari apel. Lakukan hal tersebut secara rutin selama satu minggu dan penyakit mata ikan akan hilang.

Perasan Lemon

Perasan Lemon dapat mengobati penyakit kulit clavus ini. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengoleskan air lemon pada mata ikan setiap malam sebelum tidur. Lakukan secara berkala dan rutin selama tiga kali sehari hingga kulit yang mengeras menjadi lunak dan mudah untuk digosok dengan batu apung.

Nanas

Kandungan enzim bromelain yang terkandung dalam nanas dapat melunakkan mata ikan. Nanas juga bisa meringankan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit ini. Penggunaan nanas ini amatlah mudah untuk di praktekkan. 

Pertama, iris tipis buah nanas kemudian letakkan pada kain kasa atau perban. Lalu, Diamkan di atas mata kaki selama semalaman. Barulah besuk pagi dibersihkan hingga bersih dan lakukan hal ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal. 

Kunyit

Rempah kunyit ternyata, bisa untuk menghilangkan penyakit kulit satu ini. Dalam kunyit terkandung khasiat antimikroba dan penyembuh alami. Sehingga, dipercaya mampu mengobati infeksi dan untuk hasil yang optimal penggunaan kunyit dapat diiringi dengan bahan alami lain seperti madu. 

Pengobatan mata ikan dengan kunyit dapat dilakukan dengan membuat pasta kunyit dan madu, kemudian dioles pada area yang terinfeksi penyakit. Pengobatan ini dapat dilakukan dua kali sehari dan mata ikan akan cepat hilang.

Bawang putih

Bahan masakan yang satu ini ternyata bisa mengobati penyakit kulit mata ikan. Bawang putih dapat mengobati infeksi penyakit dengan proses penyembuhan yang cepat pula. 

Hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi, serta dapat merontokkan penyakit kulit mata ikan. 

Pengobatan menggunakan bawang putih dapat dilakukan dengan cara membuat pasta bawang putih. Kemudian dioleskan pada area yang terinfeksi oleh penyakit mata ikan. Lalu, bungkus kaki menggunakan kain atau handuk dan biarkan selama semalaman. Besuk pagi barulah bilas hingga bersih dan lakukan hingga benar-benar sembuh.

Garam Epsom

Garam Epsom dapat mengobati penyakit kulit mata ikan dengan cara masukkan segenggam garam ke dalam baskom yang berisi air hangat dan rendam kaki selama kurun waktu 10 menit. Saat kulit yang mengeras menjadi lunak, gosok menggunakan batu apung untuk merontokkan mata ikan. Lakukan hal ini setiap hari selepas mandi.Itulah dia sekilas rangkuman informasi tentang penyakit mata ikan. Mungkin, sebagian orang akan langsung melakukan tindakan medis seperti operasi. Namun, tidak ada salahnya jika mencoba bahan alami diatas dalam mengobati penyakit kulit tersebut.

(GE – NS)

Scroll to Top