SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh

Bagikan:

AshefaNews – Konsumen susu kambing etawa masih kurang dibandingkan konsumen susu sapi. Padahal, komposisi dan struktur gizi pada susu kambing setara dengan Air Susu Ibu (ASI), lho Sobat. Susu kambing etawa ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti fosfor, kalsium, sodium dan flourin.

Jadi, apa saja manfaat susu kambing etawa? Berikut ini penjelasan mengenai manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Susu Kambing Etawa

Susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam susu kambing etawa:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Laktoferin
  • Seng
  • Asam Amino

Dan masih ada beberapa kandungan lagi yang baik untuk kesehatan tubuh, oleh karena itu tidak heran jika susu kambing etawa menjadi minuman protein alternatif bagi sebagian orang yang membutuhkannya. Selain itu, susu kambing etawa memiliki molekul yang lebih kecil dibandingkan susu sapi sehingga membuat kandungan pada susu kambing lebih mudah terserap oleh kulit, oleh karena itu susu kambing etawa juga sering dijadikan produk kecantikan seperti lulur, masker dan sabun yang terbuat dari bahan dasar susu kambing etawa.

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat yang didapat dari susu kambing etawa yang  baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah Osteoporosis 

Susu kambing etawa cocok dikonsumsi oleh lansia. Dikarenakan, kandungan yang ada pada susu kambing etawa bisa mempercepat regenerasi hemoglobin yang kemudian dapat membuatnya menjadi cara aman dan alami untuk mengatasi masalah pengeroposan tulang. Selain itu juga, kandungan seng yang tinggi dan selenium yang ada pada susu kambing etawa  bisa mencegah penyakit neurodegeneratif

2. Mengatasi Anemia

Jika sobat menderita anemia, maka sebaiknya mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin. Hal ini karena, susu kambing etawa dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh dan dapat merangsang pembentukan hemoglobin baru.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Susu kambing etawa memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah dan memiliki karbohidrat yang bersifat prebiotik. Karbohidrat prebiotik ini dapat mendukung perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan dan sangat bermanfaat bagi manusia. 

Perkembangan bakteri baik pada sistem pencernaan yang baik akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan inflamasi yang terjadi pada sistem pencernaan.

4. Menurunkan Kolesterol

Kandungan asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat menjadi kelebihan lain dari susu kambing etawa. Asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar dan disimpan oleh tubuh sebagai lemak baik dan dapat menurunkan kolesterol.

5. Mengobati Tuberkulosis dan Asma

Susu kambing etawa dapat mengatasi penyakit tuberkulosis dan asma. Kandungan flourin dan betakasein dalam susu dapat mengobati penyakit  tuberkulosis. Selain itu juga, susu kambing etawa menjadi obat yang paling efektif dalam membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan. 

6. Mengobati Diabetes

Susu kambing etawa memiliki kandungan A2 – betakasein dan asam amino esensial yang sangat baik bagi penderita diabetes guna pembentukan insulin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum susu kambing etawa tanpa tambahan pemanis.

7. Melawan Inflamasi

Jika seseorang sering mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh inflamasi atau peradangan dan alergi, maka baik untuk mengkonsumsi susu kambing etawa. Hal ini karena, mikrobiota yang ada dalam susu dapat memicu respon imun dalam tubuh lebih baik sehingga dapat melawan peradangan secara alami.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan selenium yang ada pada susu kambing etawa ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan selenium pada susu kambing etawa lebih tinggi daripada susu sapi.

9. Menjaga Sel-Sel Tubuh

Susu kambing etawa memiliki kandungan asam amino triptofan dan kalium yang bekerja dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf. Selain itu, beberapa kandungan yang ada pada susu kambing etawa berperan dalam pembentukan hormon serotonin yang berfungsi mengatur mood atau suasana hati seseorang. 

10. Menyehatkan Jantung

Dengan adanya kandungan magnesium yang tinggi, susu kambing etawa baik untuk kesehatan jantung. Kandungan magnesium yang ada pada susu ini akan menjaga detak jantung menjadi normal dan mencegah kumpulan gumpalan darah yang dapat meningkatkan kolesterol. Selain itu, magnesium akan bekerja sama dengan vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

11. Membuat Kulit Menjadi Sehat

Susu kambing etawa kaya akan kandungan silikon dan mineral yang secara positif dapat mempengaruhi kulit, rambut, kuku dan sistem saraf. Dengan rutin mengkonsumsi susu kambing, tentu akan mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan sekaligus.

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kecantikan

Melembabkan Kulit

Susu kambing etawa mengandung anti pembengkakan yang dapat melembutkan kulit kering dan kulit yang rusak. Adapun, kandungan trigliserid yang berperan sebagai pelembab kulit alami. Selain itu, tingkat pH pada susu kambing etawa dapat mencegah kulit kering dan melindungi kulit dengan nutrisinya.

Mengobati Jerawat

Dengan mengaplikasikan susu kambing etawa pada wajah menjadi masker, dapat mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini karena, susu kambing etawa memiliki kandungan alpha hydroxy acid alami yang merupakan elemen exfoliant alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

Maka dari itu, susu kambing etawa dapat mengobati jerawat. Susu kambing etawa memiliki beberapa kandungan yang bersifat anti-peradangan yang dapat membantu kemerahan jerawat. Dengan begitu, susu kambing etawa mampu mengatasi dengan optimal gejala-gejala jerawat dan dapat menghilangkan flek-flek bekas jerawat secara alami.

Mencerahkan Kulit

Pada umumnya, susu kambing etawa cocok untuk kulit kering, sensitif, eksim, psoriasis. Kandungan yang terdapat pada susu kambing etawa ini mampu menetralisirkan kulit dari kekeringan dan dapat menormalkan kulit yang cenderung berminyak.

Susu kambing etawa juga diyakini mengandung bahan alami yang dapat mengatasi kulit akibat terpapar sinar matahari. Penggunaan susu kambing etawa secara rutin dapat mencegah kulit kasar, kering dan kusam. \

Selain itu, susu kambing etawa mengandung vitamin A yang berperan dalam membantu proses perbaikan sel-sel kulit. Jika sel-sel kulit mati telah terangkat, maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Mencegah Penuaan Dini

Seseorang dapat mengalami penuaan dini seperti munculnya flek hitam hingga keriput di sekitar wajah. Kondisi seperti ini dapat dicegah dengan memanfaatkan susu kambing etawa sebagai masker, karena susu ini dapat membantu dalam merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Membuat Kulit Lebih Kenyal

Dengan mengkonsumsi susu kambing etawa dan menjadikan masker wajah dapat membantu kulit menjadi lebih kenyal dan sehat. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam susu kambing dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh sehingga membuat kulit lebih kenyal dan sehat..

Nah, itu tadi beberapa manfaat dari susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh. 

Namun, jika suatu hari menemukan gejala alergi setelah minum susu kambing etawa, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ya Sobat!

(GE – BUN)

Scroll to Top