SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Beragam Manfaat Daun Bidara dan Ciri-Cirinya

Bagikan:

AshefaNews – Daun bidara merupakan tanaman herbal yang memiliki beragam manfaatnya. Daun bidara menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang bisa dijumpai di daerah kering dan tandus. Selain itu pun ciri utama dari daun bidara adalah memiliki ukuran yang relatif kecil. 

Masih banyak lagi ciri-ciri dari daun bidara yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini. selain itu pun daun bidara juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan seperti mengatasi insomnia, diabetes dan berbagai manfaat lainnya. 

Dalam mengatasi gangguan kesehatan memang lebih baik menggunakan pengolahan obat herbal karena memiliki manfaat yang cukup baik dan memiliki tingkat efek samping yang relatif ringan. Simak penjelasannya. 

Ciri-ciri daun bidara 

Daun bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijumpai di wilayah kering dan tandus. Salah satu wilayah yang sering membudidayakan daun bidara seperti Asia Tengah hingga Asia Tenggara salah satunya di Indonesia. 

Daun bidara sangat cocok dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang terjadi karena kandungan dan senyawa di dalam daun bidara ini sangat banyak sehingga bisa menjadi pilihan obat alternatif sehari-hari.

Nama ilmiah dari daun bidara adalah Ziziphus Mauritiana. Selain itu pun daun bidara ini termasuk ke dalam famili rhamnaceae. Pohonnya memiliki tinggi hingga 15 meter dan diameter batang kurang lebih 40 cm. 

Permukaan batang memiliki warna coklat dan berbentuk seperti bengkok hingga menjuntai secara tidak beraturan. Bentuk daun bidara memiliki bentuk seperti telur dengan ukuran 2 cm dan lebar 1.5-5 cm. 

Memiliki warna hijau tua dan mengkilap. Sedangkan pada bagian bawah memiliki bulu lembut berwarna putih dan tulang daun menjari dengan helai daun yang berduri. Tak hanya itu bunga daun bidara pun memiliki bentuk seperti payung dan termasuk jenis bunga tunggal. 

Pada tangkai bunga memiliki ukuran pendek sekitar 3-8 mm. Bunga daun bidara pun memiliki bentuk yang cantic dengan warna putih kekuningan dan memiliki aroma yang harum. Buah nya pun hanya memiliki 1 biji seperti tomat dengan ukuran 6 cm dan lebar 4 cm. 

Manfaat daun bidara 

1. Mengatasi insomnia

Mengalami insomnia atau kekurangan tidur memang banyak terjadi terutama pada remaja. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai penyebab. Namun ketika mengalami insomnia hal tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Kandungan di dalam daun bidara terdapat kandungan saponin. Kandungan saponin memiliki efek untuk menenangkan dan mengatasi insomnia atau kesulitan tidur. Sehingga dengan mengonsumsi daun bidara bisa mengatasi gangguan tidur dan bisa mendapatkan tidur yang cukup hingga memberikan efek lebih tenang. 

2. Mengatasi diabetes

Tak hanya mengatasi insomnia ternyata daun bidara juga memiliki manfaat untuk mengatasi diabetes. Pada kandungan daun bidara pun memiliki senyawa yang mampu melindungi kerusakan pada sistem pengaturan kadar gula. 

Selain itu pun daun bidara pun bisa membantu dalam mengoptimalkan produk insulin dan mengatur sistem perlindungan pada tubuh. Caranya bisa dengan merebus dan meminumnya. 

3. Pereda demam

Ketika mengalami suhu tubuh yang meningkat pun bisa diatasi dengan pengobatan alternatif daun bidara. Sehingga demam tinggi yang dialami pun bisa disembuhkan dengan cepat karena kandungan di dalam daun bidara yang mampu menurunkan demam tinggi. 

4. Penurun kolesterol 

Kadar kolesterol yang tinggi bisa diatasi dengan melakukan pengobatan alternatif dengan daun bidara karena serat daun di dalam bidara bisa larut dalam air sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. 

Dengan merebus daun bidara bisa menurunkan kadar kolesterol hingga dibawah 240 mg/dl. Sehingga kolesterol jahat di dalam tubuh bisa menurun dan dibuang melalui urine dan feses. Pengobatan alternatif ini bisa sangat ampuh dalam mengatasi kolesterol yang tinggi di dalam tubuh seseorang. 

5. Mengatasi gangguan lambung

Selain itu daun bidara pun memiliki kegunaan dalam mengatasi gangguan pada lambung. Gangguan pada lambung seperti GERD atau dikenal dengan nama maag ini sering terjadi karena pola makan yang tidak teratur yang menyebabkan asam lambung meningkat. 

Oleh sebab itu daun bidara bisa diolah dengan dijus atau direbus untuk mengatasi gangguan lambung. Selain itu pun aroma dan kandungan senyawa pada daun bidara bisa meningkatkan nafsu makan sehingga pola makan yang tidak teratur pun bisa diatasi. 

6. Menyembuhkan luka 

Ketika mengalami luka maka bisa diobati dengan daun bidara. Dimana dalam kandungan daun bidara mengandung sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka seperti goresan, lecet ataupun sayatan. 

Senyawa glikosida ini mampu menyembuhkan bekas luka pada kulit dan luka bakar karena mampu mempercepat regenerasi kulit secara maksimal dengan mengoleskan daun ke area luka yang dimiliki. 

7. Obat wasir 

Jika mengalami wasir maka daun bidara pun memiliki kandungan yang cocok dalam mengatasinya. Wasir memang gangguan fungsi tubuh yang sangat mengganggu aktivitas seperti sulit untuk duduk. 

Caranya bisa dengan direbus ataupun dijus. Sehingga wasir bisa menjadi obat antibodi yang alami dan daun bidara ini sebaiknya untuk dikonsumsi dengan sepengetahuan dokter agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya. 

8. Mencegah depresi 

Selain mengalami insomnia gangguan kesehatan mental lainnya yang banyak terjadi adalah sering mengalami depresi. Oleh sebab itu ketika mengalami depresi maka hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan alternatif daun bidara. 

Olahan teh daun bidara ini bisa membantu dalam tubuh sehingga lebih tenang dan mengurangi gejala depresi. Sehingga tubuh akan lebih tenang, nyaman dan terhindar dari berbagai gejala depresi yang terjadi. 

9. Mengobati sariawan 

Daun bidara mengandung kandungan vitamin C yang bisa membantu dalam mengatasi sariawan. Selain itu vitamin C daun bidara juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu mengatasi sariawan. 

Antioksidan bisa membantu dalam membunuh dan melindungi mulut dari bakteri mulut sehingga masalah atau gejala yang terjadi karena sariawan bisa teratasi dengan mengkonsumsi olahan daun bidara. 

10. Mengatasi flu 

Kandungan anti bakteri di dalam daun bidara juga bisa membantu dalam mengatasi flu yang sering terjadi pada saat musim penghujan ini. kandungan tersebut juga bisa melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri dan virus yang bisa menyebabkan flu. 

Kesimpulan 

Daun bidara merupakan salah satu jenis tumbuhan alternatif yang memiliki banyak sekali kegunaannya. Dimulai dari mengatasi insomnia, depresi, kolesterol jahat, diabetes hingga mengatasi flu yang terjadi. 

Daun bidara banyak ditanam di daerah yang gersang atau tandus seperti di wilayah Asia Tengah hingga Asia Tenggara. Pohonnya memiliki tinggi hingga 15 meter dan diameter batang kurang lebih 40 cm. 

Selain itu pun daun bidara memiliki daun yang sangat bermanfaat dan hanya memiliki satu biji dan bunga yang cantik hingga aroma yang wangi. Oleh sebab itu daun bidara ini cocok untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang terjadi. 

(FR – Rifa)

Scroll to Top