SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

Manfaat Berenang Secara Rutin untuk Kesehatan

Bagikan:

AshefaNews – Manfaat Berenang Secara Rutin untuk Kesehatan. Berenang merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dan diminati, terlebih manfaat olahraga renang juga cukup banyak bagi kesehatan tubuh dan mental. Berenang adalah salah satu jenis olahraga kardio yang memiliki daya tarik tersendiri karena dilakukan di dalam air. Saat berada di dalam air, tubuh terasa lebih ringan dan terasa menyenangkan. Kalau di lakukan secara rutin dan dengan benar, kamu bisa merasakan manfaat olahraga renang bagi kesehatan secara maksimal.

Ada beberapa gaya renang yang dapat dipraktekan. Bagi kamu yang sudah mahir dalam hal berenang, mungkin sudah biasa dengan melakukan semua gaya renang yang ada. Namun yang pasti, setiap gaya renang memiliki manfaat bagi tubuh yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya :

  • Gaya dada atau katak bermanfaat menghilangkan stres, menurunkan berat badan, dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Gaya bebas bermanfaat menambah tinggi badan, melatih otot, dan memperkuat pernafasan.
  • Gaya punggung bermanfaat membuat tubuh jadi lentur.
  • Gaya kupu-kupu bermanfaat untuk melangsingkan tubuh dan melatih otot lengan kamu.

Manfaat berenang sangatlah beragam, sehingga banyak diminati oleh semua kalangan umum. Selain meningkatkan metabolisme dalam tubuh, berenang juga bisa memperbaiki masalah yang terkait dengan postur tubuh dan juga melatih ketahanan otot. Tidak hanya sampai disitu manfaat berenang, karena olahraga renang juga bermanfaat sebagai pengalihan dari stres. Untuk manfaat olahraga renang secara keseluruhan akan dibahas berikut ini.

Menjaga kesehatan jantung

Dapat menjaga kesehatan jantung dan juga paru-paru adalah salah satu manfaat dari olahraga renang yang paling populer. Kemampuan tubuh dalam menyerap dan menggunakan oksigen dapat ditingkatkan dengan berenang, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh juga meningkat. Tidak hanya akan berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk menurunkan resiko terhadap penyakit jantung dan stroke, serta menjaga fungsi berbagai organ dalam tubuh.

Mengurangi nyeri sendi

Berenang bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan sendi. Demikian juga bagi para penderita artritis pun bisa melakukan aktivitas olahraga ini. Bagi penderita osteoporosis, berenang secara rutin juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi.

Menambah energi

Untuk kamu yang dalam keseharian sering mengalami lemas atau kekurangan energi dan gampang mengantuk, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan berenang secara rutin. Berenang akan sangat membantu orang yang punya gaya hidup tidak aktif atau sedentari agar bisa memiliki energi yang lebih. Melakukan berenang dalam seminggu tiga kali dengan durasi waktu 3O menit, kamu sudah bisa merasakan perbedaan energi tubuh. Karena efek berenang bisa meningkatkan proses metabolisme.

Mengoptimalkan tinggi badan

Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, banyak sekali manfaat dari berenang yang bisa didapatkan. Mulai dari melatih otot, membantu meningkatkan kesehatan tulang, dan tentunya juga mengoptimalkan tinggi badan. Tapi jangan lupa tetap imbangi dengan memenuhi asupan nutrisi berkualitas juga, seperti minum susu.

Menambah kualitas tidur

Berenang dapat mengurangi rasa stres yang seringkali dapat menyebabkan kurangnya kualitas tidur atau insomnia. Karena dengan melakukan rutin berenang bisa menjadikan tubuh terasa lebih bugar dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Menurunkan berat badan

Berenang selama satu jam bisa membakar kalori sekitar 4OO-7OO kalori, namun tergantung dari intensitas renang yang dilakukan. Maka dari itu, berenang sangat cocok buat kamu yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu, berenang juga bisa mengurangi jaringan lemak di perut sehingga bisa membantu mengecilkan perut.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga renang. Berenang mampu memberikan segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Selama dilakukan dengan benar, maka berenang akan memberikan dampak optimal bagi kesehatan.

(GE – FIR)

Scroll to Top