SCROLL UNTUK MELANJUTKAN BACA

19 Makanan Penurun Diabetes, Kamu Wajib Tahu!

Bagikan:

AshefaNews – Salah satu cara untuk menurunkan diabetes atau kadar gula adalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Tidak sulit untuk memilih makanan yang sesuai dan mudah didapatkan bagi para penderita diabetes.

Apa saja makanan penurun diabetes yang aman dan direkomendasikan oleh dokter. Simak lebih lengkapnya dibawah ini. 

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Diabetes 

Ada beberapa makanan yang wajib dikonsumsi oleh para penderita diabetes, sebagai berikut: 

  • Karbohidrat adalah kandungan di dalam makanan yang mempunyai kandungan gula tinggi. Contohnya, nasi putih dan roti putih. 
  • Daging olahan adalah sosis, kornet, nugget. 
  • Minuman manis, contohnya minuman isotonik dan kemasan minuman lainnya. 
  • Aneka makanan kue dan bolu. 

19 Makanan Penurun Diabetes 

1. Sayuran Hijau 

Sayur penurun diabetes adalah harus mempunyai kandungan protein, vitamin, mineral dan serat tinggi. Pastinya, sayuran yang dipilih harus tetap rendah kalori dan karbohidrat agar aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk beberapa jenis sayuran hijau bisa dikonsumsi adalah : 

  • Kangkung
  • Brokoli
  • Kubis
  • Pakcoy
  • Bayam

2. Salmon 

Ikan salmon tergolong aman di dalam kombinasi diet maupun penderita diabetes, karena mempunyai kandungan omega 3. Selain itu, lemak di dalam ikan salmon bisa membantu untuk mengurangi komplikasi serangan jantung dan stroke. 

Paling tidak untuk Anda yang mengidap diabetes mengkonsumsi ikan salmon minimal 2 kali seminggu. Anda juga bisa memadukan ikan salmon menggunakan beberapa sayuran dengan kandungan rendah karbohidrat.

3. Quinoa 

Quinoa merupakan biji-bijian yang pada umumnya digunakan sebagai pengganti nasi. Banyak orang yang beranggapan, bahwa quinoa merupakan sejenis gandum utuh dengan kandungan protein tinggi. Bagi para penderita diabetes bisa merasakan perubahan yang signifikan, ketika mengkonsumsi quinoa secara rutin. 

4. Brokoli 

Salah satu sayuran penurun diabetes yang sangat direkomendasikan adalah brokoli. Brokoli mempunyai kandungan kaya serat, vitamin C dan potasium. Agar tidak terasa hambar, Anda bisa mengelola brokoli dengan cara dipanggang dan diberikan minyak zaitun.

5. Kacang-Kacangan 

Ada satu orang ahli yang menjelaskan, bahwa kacang-kacang merupakan makanan bisa digunakan menurunkan diabetes. Anda bisa menyajikan makanan kacang-kacangan dengan menu utama. 

Di dalam kancang ini ada beberapa kandungan lemak sehat yang aman dikonsumsi. Beberapa jenis kacang yang bisa digunakan untuk menurunkan diabetes adalah mete, hazelnut, walnut dan tanah. 

6. Daging Tanpa Lemak 

Meski mengidap penyakit diabetes, Anda harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein. Contohnya, yaitu daging tanpa lemak. Selain rendah kalori, untuk daging tanpa lemak ini juga mempunyai manfaat untuk menghambat lonjakan gula darah. Anda juga bisa mengkonsumsi daging ayam, bebek dan semuanya tanpa kulit. Selain itu, daging sapi seperti tenderloin maupun sirloin juga disarankan. 

7. Zucchini 

Zucchini merupakan daun penurun diabetes yang mempunyai kandungan antioksidan, serat dan vitamin B. Untuk kandungan gizi baik di dalam zucchini juga berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh 

8. Alpukat 

Alpukat menjadi pilihan buah alternatif untuk menggantikan karbohidrat. Tanpa disadari, buah alpukat ini mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dengan lemak yang sehat dan alami.Akan tetapi, Anda juga harus tetap memperhatikan jumlah konsumsi buah alpukat karena kalorinya sangat tinggi. 

9. Telur 

Telur adalah makanan yang mempunyai kandungan protein dan baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Di dalam setiap 1 butir telur sudah mempunyai kandungan setengah gram karbohidrat dan 7 gram protein. 

10. Kembang Kol 

Kembang kol bisa dimodifikasi sebagai pengganti nasi. Misalnya, Anda bisa mencincang secara kecil-kecil kembang kol dan ditumis menggunakan sedikit bumbu agar tetap terasa gurih. Untuk kembang kol mempunyai kandungan indeks glikemik yang rendah, sehingga sangat amat untuk kadar gula rendah. 

11. Tahu 

Berdasarkan penelitian, makanan penurun diabetes tahu ini menjadi pilihan alternatif. Selain itu, dengan mengkonsumsi tahu maupun tempe setiap hari bisa memenuhi kebutuhan protein. 

12. Tomat 

Apabila Anda mengkonsumsi tomat 200 gram setiap hari, maka akan diberikan manfaat turunnya tekanan darah dan meningkatkan HDL. Selain itu, tomat juga bagus untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Untuk penyajian tomat bisa dilakukan dengan jus tanpa gula, toping di dalam salad atau digunakan pada beberapa masakan tertentu. 

13. Minyak Zaitun 

Minyak zaitun mempunyai kandungan indeks glikemik yang rendah. Sehingga, sangat cocok dipadukan oleh Anda yang sedang menjalani program diet dan diabetes. Dengan asam lemak tidak jenuh yang tidak tinggi, untuk minyak zaitun ini sudah dipercaya bisa mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Minyak zaitun bisa disajikan dengan salad dressing di sayuran atau dimanfaatkan sebagai minyak untuk menumis masakan. 

14. Mie Shirataki 

Mie shirataki adalah makanan yang sudah terkenal di Asia, karena mempunyai kandungan kalori dan karbohidrat rendah. Ketika dibandingkan dengan mie yang terbuat dari tepung, tentu mempunyai perbedaan amat jauh. 

Bahan utama dari mie shirataki adalah tanaman konjac, dimana untuk kandungan glukomanan adalah 3% dan 97% air. Sehingga, Anda aman digunakan untuk para penderita diabetes yang ingin mengontrol berat badan maupun kadar gula darah di dalam tubuh.

15. Seledri 

Apabila mengkonsumsi 1 cangkir seledri yang sudah dicincang, sama aja mengkonsumsi makanan dengan kandungan 3 gram karbohidrat dan 1,6 gram serat. Seledri adalah sayuran yang cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Anda bisa menggunakan seledri di sayuran lainnya, misalnya sup dan salad. 

16. Kacang Polong 

Kacang polong yang mempunyai warna hijau ini bisa dihidangkan bersamaan dengan salad. Selain itu, kacang polong sendiri mempunyai kandungan karbohidrat dan tinggi protein. Ketika dibandingkan dengan gandum, setiap 1 cangkir kacang polong ini bisa menurunkan darah di dalam tubuh menjadi lebih baik. 

17. Ubi Jalar 

Dibandingkan kentang, ubi jalar mempunyai kandungan kadar indeks glikemik yang sangat rendah. Selain itu, ubi jalar sangat pada gizi seperti vitamin A, C, serat dan kalsium. Dengan rasa manis yang dimiliki oleh ubi jalar ini sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Anda juga bisa mengganti karbohidrat menggunakan ubi jalar atau diolah dengan cara dipanggang maupun di kukus. 

18. Apel 

Apel merupakan buah penurun diabetes yang mempunyai banyak serat. Banyak para penderita diabetes yang membuktikan, bahwa mengkonsumsi apel bisa menurunkan tekanan gula darah di dalam tubuh. 

19. Bawang Putih 

Bawang putih dikenal sebagai bahan masak untuk memberikan rasa pada hidangan sayuran atau jenis makanan lainnya. Selain itu, bawang putih juga mempunyai manfaat untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang program diet juga disarankan mengkonsumsi makanan dengan kandungan bawang putih. 

Kesimpulan

Itulah 19 makanan penurun diabetes alami yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dan semoga bisa menurunkan tekanan gula darah di dalam tubuh dengan cepat. 

(FR – ANG)

Scroll to Top